background
background
Monday, 3 February 2025 Artikel

Rahasia Desain Stiker Label yang Bikin Produk Laris Manis

Apa sebenarnya rahasia desain stiker label yang bikin produk laris manis dan mampu menarik minat calon konsumen? Sticker label adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk branding sebuah produk barang maupun jasa. 

Tujuannya sangat beragam seperti menarik perhatian setiap orang yang melihat agar menggunakan atau membeli produk ditawarkan. Mengingat persaingan saat ini sangat ketat sehingga dibutuhkan trik tersendiri untuk membuat label stiker semenarik mungkin.

Kenali Pangsa Pasar Produk Sebelum Menentukan Desain Stiker Label

Apa saja hal-hal perlu diperhatikan ketika akan membuat desain label stiker agar sukses menarik perhatian konsumen? Salah satu rahasia penting yang kerap kali diabaikan yaitu pentingnya mengenali pasar produk ditawarkan.

Kenali siapa target pasar yang akan dituju untuk mengetahui secara spesifik target pelanggan potensial untuk produk Anda. Dari informasi tersebut akan memudahkan untuk menentukan gaya yang akan digunakan, preferensi warna dan pemilihan desainnya.

Karena target pasar produk anak-anak dan remaja jelas berbeda dengan lansia sehingga harus benar-benar disesuaikan. Anak-anak cenderung tertarik dengan warna-warna mencolok dengan desain lebih meriah untuk mengundang rasa penasaran.

Berbeda dengan kemasan produk untuk orang dewasa apalagi lansia misalnya dari segi ukuran font harus lebih besar dan lainnya. Maka Anda harus berhati-hati dalam hal ini agar tidak salah menentukan desain stiker label sesuai target pasar.

Untuk mendapatkan informasi tentang target pasar tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus melakukan penelitian dan perencanaan. Hal ini bertujuan agar benar-benar mengenali pasar industri sehingga bisa bersaing di pasar dan produk Anda menjadi pilihan konsumen.

Jika hal mendasar seperti ini diabaikan maka akan sangat beresiko terhadap branding dan produk tidak diminati konsumen. Jangka panjang dampak yang ditimbulkan yaitu kerugian terus menerus dan penutupan produk usaha Anda.

Pentingnya Desain Stiker Label Mengutamakan Kualitas agar Mudah Diingat Konsumen

Kemasan adalah salah satu poin penting yang menjadi daya tarik dan didalamnya harus ada stiker label. Desain tersebut akan menjadi perhatian utama ketika calon konsumen melihat sebuah produk di antara ratusan produk lainnya.

Keputusan pembelian sebuah produk dilakukan seseorang dalam hitungan detik sehingga pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan itu. Buatlah label kemasan yang mengutamakan kualitas agar konsumen yakin bahwa produk didalamnya juga memiliki kualitas baik.

Kualitas stiker label dari segi bahan yang digunakan dan kualitas desain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Meski saat ini terjadi trend pembelian secara online, ketertarikan terhadap label kemasan juga tidak berubah.

Justru semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap label kemasan yang digunakan karena membeli produk berdasarkan gambar. Jadi utamakan kualitas stiker yang Anda gunakan dengan begitu semakin meningkatkan ketertarikan konsumen.

Pemilihan Warna Menjadi Penentuan Mendasar Dalam Desain Stiker Label

Bagaimana cara memilih warna sehingga membuat desain stiker label menjadi lebih menarik perhatian calon konsumen?

Penentuan warna tidak boleh sembarangan karena warna menjadi hal dasar untuk bisa menarik perhatian seseorang. Bukan berarti harus memilih warna terang dan mencolok namun harus memperhatikan komposisi warna yang pas.

Ada beberapa tips menarik dalam pemilihan warna sebagai branding produk dan membedakannya dengan pesaing. Jangan sampai salah memilih warna membuat produk Anda menjadi tenggelam dari banyaknya para pesaing saat ini.

Tips pertama penentuan warna untuk label bisa disesuaikan dengan logo atau sesuaikan dengan ciri khas perusahaan Anda. Misalnya logo pada minimarket biasanya menggunakan warna merah, kuning, biru, hijau dan lainnya.

Jika Anda bergerak pada produk minuman maka bisa memakai warna biru dipadukan dengan warna lain sesuai identitas brand. Pastikan setiap warna yang digunakan memiliki makna sesuai dengan branding produknya.

Dalam membuat stiker label direkomendasikan untuk menggunakan warna spot yang solid dan tunggal sehingga hasilnya lebih cerah. Bisa juga menggunakan warna proses yang merupakan warna-warna campuran untuk menghasilkan warna unik dan berbeda.

Dari warna proses ini bisa mendapatkan warna yang khusus dibuat untuk brand Anda sendiri sehingga mudah dikenali. Dengan melihat perpaduan warna tersebut orang-orang bisa dengan mudah mengenali brand Anda dari jarak jauh sekalipun.

Perhatikan Detail Setiap Jenis Huruf dan Font Digunakan Pada Desain Label

Tahukah Anda kalau jenis huruf pada stiker juga akan mempengaruhi minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Langkah termudah yang harus dilakukan adalah memilih jenis huruf agar bisa menarik minat dan meningkatkan penjualan.

Pemilihan jenis huruf bukan sekedar bagus saja namun pastikan juga bisa mudah dibaca agar konsumen tidak kesulitan. Salah satu jenis font yang sangat direkomendasikan membuat berbagai jenis stiker termasuk untuk label yaitu Font Serif.

Jenis font untuk stiker label ini mewakili kualitas, sejarah dan kelas sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk branding sebuah produk, beberapa contoh antara lain:

  • Cooper Becker Black Outline P Reguler: Memiliki kesan berani, ceria dan informal untuk berbagai jenis produk khususnya untuk anak muda.
  • Goudy: Jenis font ini memiliki jarak antar hurufnya cukup jauh sehingga lebih mudah dibaca apalagi termasuk jenis font tebal. Sangat cocok digunakan untuk stiker label luar ruangan agar informasi yang disampaikan bisa lebih mudah dan cepat dibaca.
  • Undergrad Exscribed Bold: Termasuk jenis font serbaguna yang cocok digunakan untuk berbagai jenis label kemasan baik produk makanan maupun minuman.
  • Okie Doko: Jenis font ini memiliki sentuhan sederhana namun modern untuk menawarkan kesan unik dan menarik. Menawarkan daya tarik tersendiri yang terinspirasi dari serif slab Barat kuno namun sudah mendapatkan sentuhan modern.
  • Epigan: Termasuk kedalam jenis font terbaik membuat Anda pasti berminat menggunakan Epigan sebagai font stiker.
  • Voneto: Rekomendasi satu lagi yaitu Voneto yang terinspirasi dari huruf-huruf Romawi mampu menghadirkan kesan kuno dengan ilustrasi modern dan unik.

Pilih Bahan Stiker Label Disesuaikan dengan Produk yang DItawarkan

Rahasia penting lainnya ketika membuat desain stiker yaitu memilih bahan yang sesuai dengan produk Anda. Jangan sampai pemilihan bahan tidak sesuai mengingat masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

1. Bahan Cromo atau Bontax

Bahan cromo atau Bontax satu ini sering sekali digunakan untuk membuat stiker label berbahan dasar kertas dengan lapisan glossy. Karena ada lapisan glossy maka dari segi bahan akan lebih mengkilap, tahan UV, anti gores dan pastinya tahan dari cipratan air.

Kualitas bahan kromo atau bontax tidak perlu diragukan lagi dan dari segi harga juga jauh lebih terjangkau.

2. Bahan HVS

Bahan HVS ini juga memiliki ketahanan cukup bagus untuk stiker label baik dari UV maupun cipratan air. Salah satu kelebihan menarik yaitu bahan HVS ini bisa ditulis dengan menggunakan bolpoin maupun pensil.

3. Bahan Vynil Putih

Mungkin Anda tidak asing dengan bahan vynil yang mirip plastik dengan warna dominan putih sehingga tidak mudah sobek. Selain itu keunggulan lain yaitu tahan terhadap UV, tahan dari rendaman air, anti gores dan harga terjangkau.

Anda bisa dengan mudah menemukan penggunaan bahan vinyl untuk stiker label pada kemasan sabun, sampo, produk-produk skincare dan lainnya.

4. Bahan Vynil Transparan

Selain bahan vinyl putih ternyata masih ada vinyl transparan yang juga tidak kalah kuat sehingga tidak mudah sobek. Ketahanan terhadap air juga tidak perlu diragukan membuat stiker yang dibuat bisa aman meski terkena air. Biasanya semua bahan akan ditambahkan laminasi agar hasil akhirnya lebih bagus dan tetap mengutamakan kualitas stiker untuk label.

Sampaikan Informasi Logo dan Produk untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen

Rahasia agar stiker label bisa membuat produk Anda laris manis adalah pemberian informasi pada label tersebut. Bukan sekedar sebagai penghias kemasan saja namun stiker harus memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Ketika Anda membuat desain stiker jangan asal memasukkan informasi saja namun dari segi jumlah dan kualitas informasi harus diperhatikan. Informasi berlebihan justru menurunkan minat pembeli karena terlalu malas membaca, over pada label dan tidak menarik.

Ada beberapa contoh informasi yang sangat dibutuhkan pada kemasan sebuah produk agar konsumen mengetahui gambarannya meski sekilas.

Informasi tersebut bisa meliputi kode produksi, tanggal expired, bahan atau komposisi digunakan, petunjuk cara menggunakan, kode produksi dan banyak informasi lainnya.

Memiliki peran sentral maka setidaknya informasi disampaikan pada stiker tersebut harus jujur, akurat dan mudah dipahami oleh konsumen.

Contohnya informasi mengenai produk dan juga logo yang secara langsung dimanfaatkan untuk memberi tahu nama perusahaan. Juga dimanfaatkan untuk memberi tahu produk apa yang dijual sehingga konsumen bisa mendapatkan informasi dasar tersebut.

Secara sederhana seperti nama produk pada kemasan sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk Anda. Meski dari segi warna kemasan dibuat mirip namun dengan nama tersebut akan jauh lebih memudahkan konsumen menemukan produknya.

Sampaikan informasi nilai nutrisi karena saat ini kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat sehingga memperhatikan kandungan pada sebuah produk.

Pastikan Anda memberikan informasi nutrisi pada stiker label secara jujur, mudah dibaca dan menarik agar pembeli tidak kesulitan membacanya.

Jangan lupa menyampaikan informasi keunikan dari produk yang dijual dengan begitu konsumen akan semakin penasaran dan ingin mencoba membeli.

Cara Memanfaatkan Sticker Label untuk Produk Menarik Perhatian Konsumen

Ternyata masih banyak pemilik bisnis yang belum mengetahui cara memanfaatkan stiker label secara maksimal. Stiker tersebut tidak hanya dimanfaatkan pada kemasan saja namun bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan antara lain:

1. Label pengiriman

Membuat stiker untuk label alamat menjadi pilihan terbaik ketika mengirimkan sampel produk maupun dokumen penting.

Pembuatan stiker akan membuat penerima bisa mendapatkan informasi secara akurat dan lebih menarik dibanding tulisan biasa. Pemanfaatan label pengiriman membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat karena sudah tersedia tinggal ditempel saja.

2. Hadiah

Memberikan hadiah kepada konsumen maupun klien akan lebih menarik jika Anda menempatkan stiker pada hadiah tersebut. Berikan informasi pribadi pada hadiah tersebut sehingga klien atau konsumen akan lebih merasa dihargai. Contohnya hadiah berupa mug, botol minum, asbak, hiasan dinding, jam dinding dan banyak contoh lainnya yang bisa diberi stiker.

3. Window Decals

Memanfaatkan stiker label bisa membuat bisnis Anda menjadi meningkat visibilitasnya apalagi di tengah persaingan yang cukup ketat. Hal ini berdampak langsung pada minat konsumen terhadap produk baik layanan jasa maupun barang.

Jangka panjang manfaat positif bisa dirasakan dengan meningkatnya jumlah penjualan yang berdampak pada kenaikan omzet bisnis Anda.

4. Material Promosi

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkannya sebagai material promosi produk Anda. Contohnya merk casing handphone, botol minum, tempat makan dan lainnya membuat masyarakat identik dengan merk Anda. Tentukan material promosi yang disesuaikan produk Anda sehingga bisa membidik target pasar dengan tepat.

Percayakan Produksi Stiker Label di PT. Kahar Duta Sarana Terjamin Kualitasnya

Rahasia penting yang sangat menarik diketahui jika ingin membuat stiker berkualitas untuk menarik perhatian konsumen yaitu memilih produsen terpercaya.

Kami menyediakan banyak layanan pembuatan label untuk berbagai jenis produk seperti produk makanan, minuman, elektronik, personal care, retail e-commerce, tekstil, garmen dan masih banyak lainnya.

Dipercaya lebih dari 45 tahun dengan memberikan penawaran layanan lebih dari 98 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdiri sejak tahun 1979 membuat kami memiliki lebih banyak pengalaman yang akan membantu Anda mewujudkan mimpi sukses berbisnis.

Mengutamakan kualitas produk dan layanan membuat PT. Kahar Duta Sarana sebagai perusahaan percetakan stiker label di Indonesia dipercaya hingga jutaan klien.

Kahar Duta Sarana siap membantu Anda membuat desain semenarik mungkin dengan menyediakan bahan berkualitas terbaik dan berbagai pilihan ukuran. Mengingat peran penting dari label tersebut akan sangat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Kami juga menyediakan layanan konsultasi khususnya untuk desain agar Anda bisa mendapatkan desain yang benar-benar pas. Tidak hanya pas dari segi model saja namun pemilihan bahan dan dari segi harga juga sesuai budget Anda.

Hubungi kami sekarang juga dengan mengunjungi kantor kami di Wisma KDS berada di Jalan Hj. Tutty Alawiyah Nomor 6B – Mampang Prapatan Jakarta.

Bisa juga hubungi layanan call center yang selalu siap memberikan pelayanan informasi di nomor +62 21 7900036 sesuai jam kerja atau kirim email di kds@kahar.co.id.

Kami akan dengan senang hati membantu Anda memiliki produk-produk berkualitas dengan tambahan stiker label terbaik. Sehingga produk Anda akan dilirik konsumen dalam waktu singkat dan berdampak langsung pada kenaikan hasil penjualan.

Kesimpulan

Stiker label memiliki peran penting dalam proses promosi dan branding sebuah produk agar lebih menarik konsumen. Tingginya tingkat persaingan membuat pemilik bisnis harus memiliki ciri khas tersendiri pada produknya agar mudah dikenali dan dibeli.

Dalam proses pembuatan stiker tentu tidak boleh asal-asalan karena dianggap sebagai wajah dari bisnis itu sendiri. Dari segi kualitas bahan dan desainnya juga harus diperhatikan agar memiliki kesan mahal sesuai kualitas produknya.

Sebelum menentukan sebuah desain sticker label yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan pangsa pasar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar desain yang dibuat bisa menarik konsumen sesuai dengan target pasar tersebut.

Poin penting kedua yaitu memperhatikan kualitas desain harus dibuat secara profesional agar hasilnya benar-benar berkualitas terbaik. Membuat desain sederhana namun mudah diingat, unik dan menarik justru akan menjadi perhatian konsumen baik offline atau online.

Pemilihan warna dan font juga tidak boleh sembarangan agar konsumen bisa membaca informasi pada label dengan lebih mudah. Tidak hanya membuat desain bagus saja namun harus informatif agar semua informasi bisa disampaikan dengan baik.

Pastikan juga Anda memilih percetakan terpercaya agar hasil cetakan bisa berkualitas dan penggunaan warnanya juga sesuai desain. Ikuti semua rahasia tersebut agar Anda bisa membuat stiker label yang benar-benar berkualitas untuk branding.

Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

1. Apa Rahasia desain stiker label yang bikin produk laris manis?

Rahasia penting dalam pembuatan stiker untuk mendukung branding adalah desain yang dibuat. Buatlah desain semenarik mungkin dengan mengutamakan unsur keindahan, keunikan, informatif dan mudah diingat.

2. Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat stiker berkualitas terbaik?

Ada beberapa pilihan bahan yang masing-masing memiliki keunggulan berbeda untuk pembuatan stiker. Seperti bahan cromo atau bontax, bahan HVS, bahan vynil putih dan bahan vynil transparan.

3. Apa saja informasi yang bisa disampaikan pada label stiker?

Memberikan informasi pada label kemasan bisa membantu konsumen mengenali produk Anda. Beberapa informasi penting yang bisa disampaikan seperti logo brand, nama produk, komposisi, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa dan banyak lainnya.

 

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.