background
background
Tuesday, 4 February 2025 Artikel

Pentingnya Stiker Label dalam Branding Produk Anda

Apakah pentingnya stiker label dalam branding produk Anda? Pertanyaan seperti ini sebenarnya sudah tidak asing, namun ternyata banyak pelaku usaha masih belum sadar peran penting label pada kemasan.

Label adalah salah satu komponen penting dalam kemasan yang memberikan banyak informasi bagi konsumen. Meskipun terlihat sederhana, faktanya informasi yang tersedia pada label tersebut ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menjawab tentang pentingnya branding produk menggunakan stiker, maka simak artikel berikut ini.

Peran Penting Stiker Label untuk Meningkatkan Promosi dan Branding Produk

Branding menggunakan label menjadi salah satu cara paling efektif dan efisien untuk membantu meningkatkan minat konsumen. Selain itu ada banyak peran penting dari label yang secara langsung berpengaruh pada tingkat penjualan dan kepercayaan konsumen.

1. Menarik Perhatian dan Minat Konsumen

Penggunaan stiker label pada sebuah produk sebagai sarana branding sangat terbukti mampu menarik perhatian dan minat konsumen. Dari stiker tersebut apalagi jika didesain semenarik mungkin sehingga menonjolkan kelebihan sebuah produk.

Maka akan menjadi pusat perhatian konsumen dari banyaknya produk dari para pesaing yang sejenis. Anda bisa menonjolkan desain lebih modern dan sesuaikan dengan pangsa pasar agar lebih mudah dalam menarik perhatian.

Coba perhatikan bagaimana seorang konsumen memilih produk ketika sedang berbelanja baik secara offline dan online. Mereka akan jarang tertarik dengan produk-produk yang tidak dikemas secara baik tanpa adanya informasi penting pada kemasannya.

Kepercayaan masyarakat akan menurun karena dianggap produsen kurang memberikan informasi sehingga ragu untuk membeli. Jika konsumen sudah tidak tertarik untuk membeli sebuah produk maka pastinya mereka tidak akan mau menggunakannya.

Maka dari itu menarik perhatian merupakan langkah awal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam proses branding. Gunakan stiker label yang mampu membuat konsumen melirik hingga akhirnya melakukan proses transaksi pembelian.

Untuk jangka panjang para konsumen merasa puas sehingga terus menerus akan menggunakan produk Anda. Selain itu, secara langsung label juga digunakan sebagai media promosi yang cukup murah namun jangkauannya luas. 

Dari ketertarikan konsumen secara langsung Anda melakukan promosi hanya dari kemasan yang ditampilkan pada produk. Branding dengan cara seperti ini membuat biaya promosi menjadi berkurang berkat kualitas label kemasan yang sangat baik dan menarik.

2. Mempercantik Kemasan

Peran penting dari stiker label yaitu mampu membuat label produk pada kemasan Anda menjadi lebih cantik dan berbeda. Kemasan produk baik dalam bentuk botol, plastik, cup, kotak kertas dan lainnya tanpa adanya label pasti menjadi sangat monoton.

Kemasan polos membuat konsumen tidak mengetahui gambaran tentang produk tersebut jika tidak mencobanya langsung. Maka dengan adanya kemasan tampilan yang awalnya polos dan monoton menjadi lebih hidup dan cantik.

Menggunakan stiker label secara khusus menjadi solusi paling mudah dan paling murah untuk Anda coba. Dibandingkan dengan memesan kemasan secara khusus tentu Anda harus mengeluarkan budget lebih besar karena lebih mahal.

Namun dengan adanya stiker maka bisa membeli kemasan polos yang biasa dijual di pasaran baik online maupun offline. Kemudian menambahkan stiker dengan berbagai informasi menarik seperti logo dan nama produk menjadi berbeda.

Agar tampilan produk menjadi sangat cantik pastikan Anda menggunakan stiker berkualitas untuk dijadikan label. Kualitas dari segi bahan digunakan dan juga kualitas dari segi desain yang dibuat karena mempengaruhi penilaian konsumen.

Semakin bagus desain labelnya baik dari pemilihan font, pemilihan warna, ukuran dan lainnya. Maka hasil akhir dari stiker tersebut bisa sangat maksimal dan membuat produk Anda semakin terlihat elegan.

Tidak heran jika banyak perusahaan besar akan memesan secara khusus stiker label untuk berbagai jenis produk mereka. Tujuannya agar hasil didapatkan juga maksimal sehingga kepercayaan konsumen menggunakan produk tersebut meningkat.

Jika Anda merasa kesulitan bagaimana cara membuat label yang berkualitas bagus dan semenarik mungkin. Maka bisa mencari rekomendasi terbaik dari berbagai produk di pasaran dengan begitu akan lebih mudah bersaing di tengah banyaknya produk sejenis.

3. Identitas Merek

Branding adalah salah satu kegiatan memperkenalkan merek ke konsumen untuk meningkatkan kepercayaan dan berpengaruh pada daya beli.

Branding bisa dilakukan dengan banyak cara seperti melakukan promosi melalui iklan namun cara ini cukup menguras biaya. Cara termudah branding adalah dengan membuat stiker label yang bisa digunakan sebagai identitas merek.

Dari label kemasan tersebut Anda bisa mengekspresikan nilai yang ada pada merk sehingga menjadi unik dan menarik. Jika kemasan dibuat sebaik mungkin dengan mengutamakan kualitas maka secara langsung membangun merek yang kuat.

Bahkan kesan pertama menjadi sangat baik dimata konsumen sebagai identitas merek yang berbeda dengan para pesaing. Dari identitas merek tersebut membuat konsumen akan lebih mudah menemukan merk produk yang Anda tawarkan.

Selain itu pada stiker label juga bisa menonjolkan keunggulan yang dimiliki sehingga konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi tersebut.

Dibandingkan harus mencari informasi keunggulan dari media lain maka dengan label pada kemasan semua lebih mudah dan cepat. Setelah mengetahui keunggulan tersebut membuat konsumen bisa cepat mengambil keputusan untuk membeli.

Pentingnya identitas merek dari label membuat produk Anda tidak akan tertukar dengan para pesaing meski produknya hampir sama. Mengingat kuatnya identitas merek yang sudah dibangun sehingga konsumen tidak akan berpindah ke merk lain.

4. Pembeda dengan Pesaing

Saat ini persaingan berbagai produk di pasar memang sudah tidak bisa terbendung lagi baik secara online maupun offline. Persaingan tersebut membuat ada banyak pesaing yang mengeluarkan produk-produk serupa dengan keunggulan masing-masing.

Bahkan untuk bisa masuk ke pasar tidaklah mudah karena konsumen saat ini benar-benar menentukan pilihan secara cerdas. Jika hanya menyediakan produk yang tidak jauh berbeda tanpa keunikan dan keunggulan maka akan kesulitan.

Salah satu cara untuk bisa menghadirkan produk berbeda dengan pesaing adalah dengan menggunakan stiker label pada kemasan. Penggunaan stiker ini akan sangat membantu Anda branding merk dengan menampilkan keunikan tersendiri.

Semakin tinggi tingkat keunikan stiker tersebut maka akan lebih mudah membuat produknya menjadi menonjol di etalase toko. Begitupun pada pemasaran online juga akan mudah dilirik calon konsumen karena ketertarikan pada stiker tersebut.

Lantas bagaimana cara agar bisa membuat stiker label yang berbeda, unik dan menarik perhatian calon konsumen? Untuk membantu Anda gunakan beberapa cara sederhana, seperti mengutamakan identitas produknya. Tentukan apa yang akan menjadi identitas produknya sehingga akan menjadi kunci pembeda paling utama dengan pesaing.

Jangan lupa untuk menonjolkan keunikan pada stiker yang Anda buat agar konsumen memiliki alasan kenapa harus membeli produknya. Begitu jugadengan keunggulan yang sangat berbeda dengan merk lain untuk dijadikan sebagai pilihan terbaik.

Dalam membuat desain stiker buatlah desain semenarik mungkin agar konsumen menjadi penasaran apa isi produknya. Pastikan desain tersebut berkualitas terbaik sehingga kepercayaan konsumen meningkat dan semakin yakin memakai merk Anda.

5. Media Informasi

Apakah stiker label bisa dijadikan media informasi produk dan bagaimana cara kerjanya? Perlu diketahui label kemasan bisa menjadi media informasi yang memberikan informasi penting kepada konsumen, antara lain:

  • Nama Produk: Pada dasarnya pada setiap desain stiker untuk label terdapat informasi paling penting yaitu nama produknya. 

Biasanya nama akan dibuat sangat menonjol dengan ukuran font besar agar konsumen bisa dengan mudah membaca nama produknya.

  • Cara Penggunaan: Terdapat informasi tentang panduan cara penggunaan misalnya pada mie instan maka akan diberikan panduan cara memasak dengan benar.
  • Bahan Baku atau Komposisi: Pada produk makanan atau minuman Anda bisa menemukan informasi tentang bahan baku atau komposisi di dalamnya. 

Dari informasi tersebut maka konsumen bisa mengambil keputusan penggunaan produknya berdasarkan komposisi isi.

  • Bahan Tambahan: Tidak hanya bahan baku saja namun pada stiker label juga diberikan informasi tentang bahan tambahan didalamnya. 

Hal ini bertujuan agar konsumen dengan riwayat alergi bisa mengetahui dan lebih berhati-hati dalam membeli.

  • Tanggal Produksi dan Tanggal Kadaluarsa: Dicantumkan juga informasi tentang tanggal produksi dan juga tangga kadaluarsa dari produk tersebut.

Informasi ini sangat penting agar konsumen tidak mendapatkan produk yang sudah expired dan menjaga kualitas produknya.

  • Barcode: Pada label Anda juga akan menemukan barcode yang memudahkan untuk pengelolaan produk pada sebuah toko. Dengan barcode tersebut maka akan lebih mudah mengatur stok, input pada sistem dan proses penjualan.
  • Kontak yang Bisa Dihubungi: Terdapat informasi kontak seperti alamat produksi, nomor telepon, nomor WA yang bisa dihubungi konsumen.

Nomor telepon tersebut akan memudahkan konsumen jika membutuhkan produk dalam jumlah besar bisa langsung melakukan pemesanan.

6. Informasi Kepatuhan dan Legalitas

Branding merek sangat penting memperlihatkan informasi terkait kepatuhan dan legalitas yang dicantumkan pada stiker label. Informasi ini memberikan kepastian calon konsumen bahwa produk yang ditawarkan sudah pasti aman dan legal.

Apa saja informasi legalitas dan kepatuhan yang harus dimiliki oleh sebuah merek pada label kemasan? Informasi legalitas harus menunjukkan tentang standar dan izin sesuai peraturan pemerintah contohnya seperti:

  • NIE (Nomor Izin Edar)
  • Nomor Izin Produksi
  • Nomor Registrasi
  • Sertifikat Produksi Pangan
  • SPP-IRT
  • BPOM
  • Halal

Untuk bisa mendapatkan semua izin tersebut tentu sebuah produk sudah melewati berbagai uji kelayakan dan standar yang berlaku. Sehingga bisa bebas digunakan atau dikonsumsi masyarakat tanpa perlu takut adanya resiko merugikan.

Dengan melihat berbagai informasi tersebut pada label kemasan membuat konsumen tidak perlu menggali informasi lebih jauh. Keputusan terkait pembelian produk bisa dilakukan dengan lebih cepat tanpa merasa takut atau ragu lagi.

Jika merek Anda tidak memperlihatkan informasi tentang legalitas dan kepatuhan hukum maka kemungkinan konsumen akan mencari merk lain. Maka penting untuk mencantumkan informasi legalitas pada stiker label selengkap mungkin sesuai aturan pemerintah.

Hal ini sebagai pembuktian kepada konsumen kalau Anda sebagai pelaku usaha memperhatikan kualitas sesuai standar. Sehingga produk yang dipasarkan bisa bersaing sehat di pasaran dan mendapatkan kepercayaan tinggi dari konsumen.

7. Meningkatkan Brand Awareness

Peran penting stiker label yang sangat menarik lainnya yaitu kemampuan dalam meningkatkan brand awareness. Meningkatnya brand awareness maka konsumen akan lebih mudah mengenali produk karena informasi yang ada pada stiker.

Maka stiker tersebut harus benar-benar memberikan informasi yang memberikan identitas merek dan jangan sering diubah. Ikonik dari stiker unik akan sangat membantu konsumen menemukan produknya meski banyaknya pesaing sejenis.

Jika brand awareness meningkat maka hal ini menjadi kunci kesuksesan pemasaran yang dilakukan pada sebuah merek. Semakin tinggi kesuksesan pemasaran maka meningkatkan permintaan pasar dan penjualan bisa mencapai target.

Jangka panjang konsumen akan selalu menggunakan merk Anda karena loyalitas pelanggan sudah terbentuk dengan sendirinya. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis Anda meski saat ini persaingan sangat tinggi.

8. Call to Action

Pada stiker label Anda bisa menambahkan kata-kata atau kalimat untuk memancing seseorang menggunakan merek tersebut. Kata-kata Call to Action atau CTA akan menarik banyak orang menjadi konsumen dari rasa penasaran dari CTA tersebut.

Ada banyak pilihan kata-kata atau kalimat CTA yang bisa Anda gunakan untuk diletakkan pada stiker seperti Buy 1 Get 1 Free. Contoh lagi penawaran menarik seperti varian baru dapatkan diskon 50% dan masih banyak contoh lainnya.

Anda bisa memesan stiker label secara khusus untuk menambahkan kata-kata CTA tersebut untuk menarik banyak pembeli. Jangan lupa stiker tersebut ditempel pada kemasan dengan letak strategis agar lebih mudah dibaca oleh siapa saja.

Pastikan Anda membuat stiker berkualitas dengan memesan secara khusus di perusahaan percetakan dan printing terpercaya PT. Kahar Duta Sarana. PT. KDS memproduksi stiker menggunakan teknologi modern sehingga hasil warna dan kualitas bahan selalu terjamin.

KDS menawarkan harga terbaik untuk berbagai jenis stiker kemasan baik pemesanan grosir maupun eceran. Hubungi sales & factory KDS di jl. Raya Poncol Susukan No 10 RT 001 RW 007 Ciracas Pasar Rebo Jakarta Timur.

Bisa juga menghubungi kami di nomor telepon +62 21 8711 266 untuk informasi lengkap terkait pemesanan stiker label. Bisa juga melalui email e-sales@kahar.co.id atau kirim pesan melalui fax +62 21 8711 647 akan dilayani saat jam kerja.

Tim marketing kami akan dengan senang hati memberikan solusi kebutuhan Anda untuk kemudahan membuat stiker pada kemasan. Sehingga proses branding menjadi lebih mudah, cepat dan pastinya tidak mengeluarkan banyak biaya.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan stiker label memiliki peranan penting pada branding produk baik di pasaran online maupun offline. Ada banyak fungsi penting yang diberikan stiker pada kemasan sehingga kualitas harus diperhatikan, antara lain:

  1. Menarik perhatian dan minat konsumen dengan desain stiker yang unik dibandingkan kemasan tanpa stiker akan terkesan kosong.
  2. Mempercantik kemasan menjadi lebih menarik dan unik sehingga konsumen menjadi penasaran untuk mengenal lebih jauh produknya.
  3. Identitas merek sebagai ciri khas dari sebuah produk yang menonjolkan keunggulan dan dari identitas tersebut konsumen akan mudah menemukan produknya di tengah persaingan pasar.
  4. Pembeda dengan pesaing meskipun produknya sama tetap mudah dikenali oleh konsumen dan tidak akan salah memilih merk.
  5. Media informasi seperti nama, cara penggunaan, bahan digunakan, bahan tambahan, tanggal pembuatan, tanggal kadaluarsa, kontak yang bisa dihubungi, barcode dan lainnya.
  6. Informasi kepatuhan dan legalitas terkait berbagai jenis izin sesuai standar yang ditentukan pemerintah tentang produk yang layak edar.
  7. Meningkatkan brand awareness untuk membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan kunci kesuksesan pemasaran yang dilakukan.
  8. Call to Action mengajak konsumen untuk melakukan pembelian dengan kata-kata ajakan seperti diskon 50% khusus varian baru dan banyak lainnya.
  9. Pastikan Anda memesan stiker label di perusahaan percetakan terpercaya PT. Kahar Duta Sarana untuk mendapatkan stiker berkualitas terbaik.

    Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

1. Apa pentingnya stiker label dalam branding produk Anda?

Stiker label berperan penting sebagai identitas sebuah produk agar lebih mudah dikenali oleh konsumen. Dari ciri khas label tersebut konsumen mudah menemukan produk Anda diantara banyaknya produk dari pesaing.

2. Bagaimana stiker label menjadi media informasi bagi konsumen?

Pada label akan diberikan informasi penting terkait produk contohnya nama produk dengan ciri khas warna brand. Informasi cara penggunaan, barcode, nilai gizi, komposisi dan lainnya yang sangat bermanfaat untuk konsumen.

3. Apa yang dimaksud informasi kepatuhan dan legalitas pada stiker label?

Pemerintah memiliki aturan ketat terhadap sebuah produk dan ada standar khusus yang harus dipatuhi. Maka pada label tersebut harus ada informasi seperti izin BPOM, Halal, NIE, sertifikat produksi pangan dan lainnya.

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.