background
background
Friday, 29 April 2022 Artikel

Kualitas dan Mutu Bar Code

Kualitas dan Mutu Bar Code

 

Organisasi Internasional

Penetapan dan perancangan standardisasi barcode atau kode batang adalah organisasi International Organization for Standardization (ISO) dan kelompok manufaktur seperti GS1 atau HIBCC. Lembaga pemerintah seperti FDA dan DOD; dan distributor besar memerlukan barcode yang sesuai dengan standar industri.

Logo ISO

Sumber: https://www.iso.org/files/live/sites/isoorg/files/name_and_logo/iso%20logo%20alternative%20trademarks%20-%20do%20not%20use.gif

Sistem verifikasi merupakan satu-satunya cara untuk menyatakan kesesuain terhadap standar ini sekaligus menunjukkan kualitas barcode. Verifikator kode batang mengukur kualitas kode terhadap serangkaian uji dan standar. Verifikasi standar diperlukan oleh beberapa industri yang mengacu ke standar ISO.

Kualitas Kode Batang – Cara Mengukurnya

Verifikator akan mengukur dan mengkaji optimasi kinerja kode batang di kondisi lingkungan yang berbeda mengacu standar barcode internasional. Informasi diagnostik akan menunjukkan indikator yang kurang optimum sehingga memerlukan tindakan korektif pada barcode.

Proses verifikasi akan mengecek karakteristik optik barcode dibandingkan dengan standar internasional dan industri. Kualitas barcode akan dinilai lulus atau gagal berdasarkan parameter pengujian. Verifikator mengukur karakteristik barcode dengan mengacu pada standar barcode seperti ANSI X3.182, ISO/IEC 15415, ISO/IEC 15416.

Barcode on Product

Sumber: https://www.iso.org/files/live/sites/isoorg/files/archive/Ref1196/pr_1196_x180.jpg

Hasil kajian membantu operator mengetahui kekurangan yang ada pada kode batang dan memberikan saran kepada operator dalam tindakan korektif untuk proses pencetakan label barcode. Verifikasi kode batang diperlukan untuk banyak industri dan akan memastikan 100% kemampuan pemindaian selama kode batang sesuai dengan standar industri.

Standar Kode Batang – Perubahan Terbaru

Sangat penting untuk menggunakan verifier terbaru yang sesuai dengan standar kualitas barcode saat ini. Pemverifikasi kedaluwarsa dapat memberikan nilai kelulusan untuk kode yang seharusnya gagal dalam versi standar saat ini.

Scanning Barcode

Sumber: https://www.iso.org/files/live/sites/isoorg/files/news/News_archive/2020/10/Ref2561/Ref2561.jpg/thumbnails/900

Misalnya, perubahan terbaru pada simbologi terbatas GS1 DataBar memperkenalkan standar dan persyaratan baru untuk kode batang. Kegagalan untuk mematuhi perubahan ini dapat menyebabkan pencetakan ulang yang mahal dan pengiriman kembali. Jadi, Anda pasti ingin membeli verifier baru yang up-to-date dengan semua industri terbaru dan standar barcode internasional, dan memberikan hasil yang akurat dan penghematan biaya.

 

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.