background
background
Monday, 1 August 2022 Artikel

Cara Kerja Scanner Barcode

SCANNER BARCODE dirancang untuk membaca kode batang/matriks yang dicetak. Perangkat ini terdiri dari sumber cahaya, lensa, dan sensor cahaya yang menerjemahkan impuls optik menjadi impuls listrik.

Barcode, juga dikenal sebagai kode produk universal/ universal product codes (UPC), adalah representasi data yang dapat dibaca mesin yang terdiri dari batang area gelap dan terang yang mewakili sekumpulan data, seringkali berupa rangkaian angka. Kode-kode ini dicetak oleh printer barcode pada label atau permukaan lain yang terlihat.

Source: Taltech.com

 

Bagaimana Barcode dapat terbaca

Pembacaan barcode melibatkan metode untuk mendeteksi kode dan mengubahnya menjadi representasi digital. Metode yang paling umum menggunakan cahaya yang diarahkan ke satu bagian kode pada satu waktu dan dideteksi oleh sensor cahaya yang membaca cahaya yang dipantulkan. (Tonton video tentang cara kerjanya)

Area gelap tidak akan memantulkan cahaya sebanyak area berwarna terang. Perbedaannya dideteksi dengan sensor dan dikirim ke komputer. Kode ditentukan oleh ketebalan dan jarak area gelap dan terang. Pemindai kode batang yang sangat mendasar menggunakan satu lampu LED dan sensor cahaya. Dalam hal ini, pengguna perlu menggeser scanner langsung di atas kode.

Jenis Barcode scanner

Pemindai kode batang terdiri dari pemindai, dekoder (baik built-in atau eksternal), dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan pembaca ke komputer. Pemindai menangkap dan menerjemahkan kode batang menjadi angka dan/atau huruf. Data tersebut kemudian dikirim ke komputer dan dianalisis oleh aplikasi perangkat lunak.

 

Ada beberapa jenis pemindai kode batang, beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

  • Stationary barcode scanner diletakkan di atas meja atau berdiri di mana kode dilewatkan di depan muka pemindai.
  • Hand held atau gun type scanner dapat berupa pemindai non-kontak atau pemindai jarak dekat, yang umumnya menggunakan seberkas cahaya terfokus untuk membaca kode batang. Juga dikenal sebagai pemindai charge-couple device (CCD), jenis pemindai ini paling umum digunakan secara eceran karena memerlukan beberapa pembacaan setiap kali untuk mengurangi kesalahan.
  • Image Scanner adalah jenis pemindai kode batang yang lebih canggih. Juga dikenal sebagai camera reader, perangkat ini menggunakan kamera video kecil untuk menangkap gambar kode batang. Teknik pemrosesan gambar digital yang canggih kemudian digunakan untuk memecahkan kode kode batang. Keuntungan dari pemindai gambar termasuk jarak pemindaian yang lebih jauh (3 hingga 9 inci) dan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan laser scanner.
  • Laser scanner dapat dilakukan dengan tangan atau stasioner. Perangkat ini menggunakan sistem cermin dan lensa untuk membaca kode batang dari jarak 24 inci hingga 30 kaki. Untuk mengurangi kemungkinan kesalahan, pemindai laser dapat melakukan hingga 55 pemindaian per detik.
show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.