background
background
Thursday, 6 February 2025 Artikel

8 Gaya Label Kemasan Minimalis yang Trending

Konsumen di era digital saat ini sangat peduli dengan tampilan ketika membeli, inilah yang membuat label kemasan sebuah produk akan sangat mempengaruhi keinginan seseorang untuk membeli produk tersebut.

Berbagai gaya kemasan muncul di pasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kemasan atau packaging ini dibuat sedemikian rupa agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli.

Salah satu gaya atau desain yang banyak digunakan adalah gaya minimalis. Tren minimalis pada stiker kemasan membuat produk memiliki kesan sederhana tapi memperlihatkan identitas produk maupun brand dengan baik sehingga dapat menarik minat konsumen.

Gaya Label Kemasan Minimalis untuk Berbagai Produk

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen saat ini tidak hanya fokus pada fungsi atau manfaat dari sebuah barang. Namun, juga sangat memperhatikan pengemasannya. Semakin bagus pengemasannya, maka menunjukkan harga dan kualitas dari produk tersebut.

Hal ini mendorong banyak pelaku usaha berusaha untuk membuat packaging yang bagus untuk produknya. Salah satunya dengan mengusung desain minimalis. Gaya minimalis untuk stiker kemasan menjadi tren yang tidak pernah mati dan desainnya juga beraneka ragam.

Minimalis memang berkesan sederhana, bentuknya tidak bervariasi, tapi jika didesain dengan baik dapat memberikan kesan elegan serta bermanfaat pada label kemasan produk. Inilah yang membuat gaya satu ini tidak pernah mati, selalu digunakan para desainer kemasan.

Meskipun sederhana, tapi secara tampilan gaya ini menunjukkan identitas produk maupun brand dengan sangat baik. Informasi yang tertuang di atas label tersebut jelas dan detail mengenai isi barang di dalamnya.

Dengan demikian, konsumen dapat informasi lengkap mengenai produk yang akan dibelinya. Inilah yang membuat, desainer tidak pernah bosan menggunakan gaya minimalis untuk packaging. Apapun jenis barang dikemas bisa menggunakan gaya tersebut.

Berkebalikan dengan desain modern yang terkadang melibatkan segala sesuai dengan berlebihan, misalnya hiasan, warna cerah, tabrak warna, maupun beragam ornament.

Label kemasan minimalis lebih cenderung menggunakan warna kalem dan alami, tidak mencolok, tapi tetap bisa disenangi oleh konsumen. Tren kesederhanaan pada kemasan produk, memberikan kesan rapi dan jujur. 

Namun, di lain sisi juga memberikan citra mewah serta elegan. Cocok untuk jenis produk yang dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan. Akan tetapi, memang penggunaannya harus disesuaikan lagi dengan jenis barangnya dan konsep yang diinginkan oleh perusahaan.

Keunggulan Gaya Label Kemasan Minimalis

Era penggunaan warna-warna terang untuk stiker kemasan bukannya meredup, tapi memang penggunaannya mulai berkurang. Sebab kebanyakan perusahaan ingin memberikan kesan bersih, nyaman, dan aman pada produknya, lalu ada kesan profesional pada brandnya.

Dengan demikian, citra perusahaan di mata konsumen akan semakin bagus. Namun, tentu saja warna-warna cerah masih sangat disukai, terutama untuk jenis produk-produk tertentu.

Penggunaan gaya minimalis sebenarnya sangat sederhana dan mengutamakan ruang kosong (white space) pada kemasan. Keunggulan dari desain satu ini untuk packaging adalah:

 

1. Font Simpel

 

Label kemasan bergaya minimalis umumnya menggunakan jenis huruf modern yang mudah dibaca oleh konsumen. Tidak menambahkan banyak ornament karena mengutamakan kemudahan penyampaian informasi melalui teks.

Pemilihan jenis font dan ukuran sangat hati-hati serta berfokus pada konsumen. Jadi, meskipun terlihat mudah, tapi sebenarnya tidak semudah itu. Sebab meskipun dibuat sederhana, tapi tetap harus bisa menggaet konsumen.

Dengan demikian, tetap akan ada penambahan ornament atau garis maupun gambar untuk menjadi pusat perhatian konsumen. Tidak full semua diisi dengan teks saja.

 

2. Warna Netral

 

Desain minimalis mengutamakan penggunaan warna-warna monokrom atau palet pastel yang terlihat lembut. Gunanya untuk menciptakan tampilan tenang dan elegan. 

Oleh sebab itu, gaya ini kebanyakan dipakai untuk produk non-makanan. Sebagai contoh label untuk produk elektronik, fesyen, dan lain sebagainya. Namun, tergantung dari konsep produknya juga.

Warna monokrom seperti hitam, putih, abu-abu, menjadi pilihan utama. Selain itu, warna-warna pastel yang lembut menjadi alternatif pilihan. Kebanyakan desain minimalis tidak mencampurkan banyak warna, cukup 2-3 saja dalam satu desain.

 

3. Elemen Sederhana

 

Label kemasan minimalis mengutamakan tampilan sederhana. Jadi, penggunaan elemen di dalamnya sangat dibatasi. Karena jika terlalu banyak elemen akan mengubah fokus dari konsumen.

Konsumen akan melihat ornamennya terlebih dahulu baru informasinya, bahkan terkadang informasinya terabaikan. Jika demikian, bagaimana memperkaya desain?

Desainer tetap dapat memperkaya desain stiker produk dengan beberapa elemen, tapi jumlahnya hanya beberapa dan tidak sampai menjadi fokus utama konsumen ketika melihat label tersebut.

Calon pembeli tentu saja akan melihat elemen tersebut, tapi tetap bisa fokus pada informasi yang ingin Anda sampaikan melalui stiker produk.

8 Gaya Label Kemasan Minimalis yang Mengikuti Tren

Pada dasarnya kemasan yang ramai dengan warna-warni dan elemen tambahan akan menarik minat konsumen. Karena kesannya memang estetik sehingga membuat penasaran.

Akan tetapi, untuk beberapa produk justru konsumen menginginkan kemasan dengan kesan menenangkan, nostalgia, mewah, serta elegan. Jadi, kembali lagi penggunaan gaya minimalis tergantung dari tujuan atau target pasar produk. Jika Anda tertarik dengan gaya minimalis, beberapa konsep ini bisa dicoba:

 

1. Desain Bergaya Retro dan Vintage

 

Label kemasan dengan gaya retro atau vintage memang tidak dapat disebut minimalis, karena memang punya konsep sendiri. Namun, dari pemilihan warna, cara penempatan elemen, dan kesannya memang mirip.

Apabila ingin memberi kesan minimalis jadul, maka gaya ini dapat Anda coba. Kesan jadul tapi kreatif merupakan hal yang ingin desainer tampilkan. Meskipun pewarnaannya tidak banyak warna dan cenderung gelap, tapi tetap ekspresif.

Gaya ini sangat cocok digunakan untuk produk-produk jadul yang sekarang jarang ditemui. Dapat memberikan kesan nostalgia tahun ’60-an, sebab identik dengan pila grafis, geometris, dan warna-warna yang tidak cerah ataupun gelap.

 

2. Menggunakan Font Tebal

 

Penggunaan tipografi sebagai pusat pada label kemasan juga sangat mempengaruhi tampilan. Meskipun tidak menggunakan banyak warna dan elemen, jika menggunakan jenis font tebal tetap bisa membuat kemasan dilirik konsumen.

Penggunaan font tebal di atas dasar berwarna pastel akan sangat memikat. Mulanya, konsumen akan tertarik pada warna, kemudian memperhatikan tulisan yang ada di packaging tersebut.

Informasi nama produk, brand, komposisi, dan lain sebagainnya akan dengan mudah diketahui oleh konsumen. Jadi, bisa langsung membeli atau membuat rencana pembelian di masa depan ketika membutuhkannya.

Font tebal seperti berlin sans, arial black, Bodoni, claderon, dan lainnya bisa digunakan. Akan tetapi, hindari penggunaan comic sans. Tidak perlu desain logo rumit, cukup bermain di jumlah font tebal dan penggunaan kata-kata menarik yang kontras dengan warna dasar kemasan.

 

3. Mengutamakan Penggunaan Kata

 

Label kemasan dengan warna-warna monokrom atau pastel dan tidak menggunakan banyak elemen sama sekali tidak mematikan kreativitas. Karena desainer tetap bisa berkreasi dengan penggunaan warna, font, ukuran font, serta kata-kata.

Variasi kata-kata yang dicetak pada label juga bisa membuat konsumen tertarik. Pilih kata-kata berkualitas daripada paragraf panjang dengan slogan yang diulang pada kemasan.

Dengan memastikan kualitas pemilihan kata dalam kalimat pendek dapat meningkatkan nilai informasi dari label yang digunakan pada kemasan. Sekaligus menjadi daya tarik bagi konsumen sehingga memunculkan keinginan membeli.

 

4. Menambahkan Kode QR

 

Gaya stiker kemasan minimalis bukan berarti harus jadul, tapi bisa tetap diberikan kesan modernnya. Salah satunya dengan menambahkan elemen kode QR pada stiker tersebut.

Anda tidak perlu menuliskan banyak kalimat berisi informasi dan menggantinya dengan kode QR. Ketika konsumen menginginkan informasi mengenai produk, tinggal pindai kode QR menggunakan smartphone, lalu mendapatkan informasi diinginkan.

Di era digital saat ini, menambahkan kode QR pada kemasan termasuk memanfaatkan teknologi secara efektif. Bisa mendekatkan hubungan dengan konsumen sehingga menciptakan komunitas loyal.

 

5. Konsep Ramah Lingkungan

 

Label kemasan minimalis dengan konsep ramah lingkungan juga sangat disukai. Terlebih dengan banyaknya imbauan untuk menjaga kelestarian lingkungan, jika ada produk berkemasan ramah lingkungan tentu saja akan lebih dipilih konsumen.

Konsep ramah lingkungan bisa diterapkan dengan memilih material pembuat label yang terbuat dari bahan daur ulang atau material mudah didaur ulang. Material seperti ini menunjukkan komitmen pada masa depan berkelanjutan.

Mengambil konsep ramah lingkungan juga akan meningkatkan citra baik brand Anda sehingga lebih positif di mata masyarakat luas. Sebab dianggap peduli terhadap lingkungan.

 

6. Fokus Utama Pada Logo

 

Label kemasan bergaya minimalis sangat mungkin dikembangkan ke berbagai macam desain sederhana tapi tetap menarik. Salah satunya dengan membuat fokus pada logo.

Umumnya sebuah produk atau brand sudah punya logo sendiri dan warna dasar yang biasa digunakan. Desain minimalis bisa memanfaatkan logo tersebut sebagai bagian utama.

Misalnya dengan meletakkan pada bagian tengah atau atas. Kemudian di bagian lainnya ditambahkan informasi terkait produk. Meskipun fokusnya pada logo, informasi di seputaran logo tersebut tetap terbaca dengan jelas.

 

7. Menggunakan Warna Alami

 

Penggunaan warna alam memang sangat dekat dengan konsep minimalis. Karena warna dasar dari alam cenderung kalem, alami, dan menenangkan. Cocok untuk konsep sederhana yang ingin ditunjukkan.

Gunakan warna alam seperti cokelat, hijau pekat, dan lain sebagainya sebagai warna dasar. Kemudian ditimpa dengan logo atau nama produk sebagai fokus utama. Baru tambahkan elemen gambar, komposisi, serta informasi lainnya.

 

8. Desain Bergambar

 

Label kemasan dengan gambar juga dapat memberikan kesan minimalis. Terutama jika Anda memilih warna monokrom, alami, atau pastel sebagai warna dasar.

Tentu saja, pilihan gambarnya juga harus menunjukkan kesederhanaan, misalnya pemandangan pegunungan, hamparan rumput, bebungaan, pohon, dan lain sebagainya.

Konsep desain bergambar ini cukup populer dan membuat produk mudah dikenali. Tentu saja, tetap harus melengkapi dengan tipografi tulisan yang mudah terbaca. Jika memilih gaya seperti ini harus menyesuaikan produknya serta siapa target pasar ingin dijadikan sasaran.

Desain Label Kemasan Trending Selain Gaya Minimalis

Desain label dengan gaya minimalis memang menjadi tren, tapi bukan berarti konsep lainnya tidak bisa digunakan. Sebab pembuatan label tidak hanya bisa menggunakan satu gaya saja, tetap harus disesuaikan produk dan target pasar Anda. Jika ingin menggunakan gaya yang berbeda tapi tetap sesuai tren, bisa coba gunakan beberapa konsep berikut:

 

1. Desain Maksimalis

 

Label kemasan bergaya maksimalis bertolak belakang dengan konsep minimalis. Sebab desainnya melibatkan segala sesuatu dengan berlebihan. Desainnya memiliki banyak hiasan, menggunakan warna-warna cerah, dan pola saling bertentangan.

Konsep maksimalis ini memanjakan mata orang yang melihatnya, karena mencolok jika ditempelkan label pada kemasan. Produk Anda akan memiliki kesan berani serta estetik.

 

2. Blocking Warna

 

Konsep bloking warna akan membuat tampilan estetik. Dengan penggunaan garis-garis lurus dan berfokus ke lengkungan yang menjadikan kemasan lebih alami. Tampilannya memberikan kesan buatan tangan padahal dibuat dengan komputer.

Anda dapat memilih warna terang maupun gelap, kemudian menggabungkannya sehingga membentuk tampilan yang sangat estetik sehingga menarik perhatian konsumen.

 

3. Sentuhan Elegan Berkesan Premium

 

Konsep desain label kemasan lainnya yang bisa digunakan adalah konsep elegan dengan kesan premium. Konsep ini sangat cocok untuk produk yang ingin tampil eksklusif. Stiker label dengan gaya seperti ini memberikan tampilan produk berkualitas tinggi. Agar bisa menampilkan desain elegan berkesan premium, Anda bisa menambahkan elemen berikut:

  • Finishing mewah menggunakan laminasi glossy, matte, atau efek foil emas dan perak.
  • Detail tekstur menggunakan embossing atau debossing yang memberikan dimensi pada sticker.
  • Warna metalik menggunakan aksen warna emas, perak, atau rose gold untuk menonjolkan kesan mewah.

Vendor Label Kemasan Terpercaya dengan Desain Minimalis Variatif

Pemilihan konsep desain untuk stiker label merupakan hal penting bagi produk. Hal ini memang menjadi tanggung jawab pelaku usaha dan akan sangat mempengaruhi kesuksesan penjualan produk tersebut di pasaran.

Kebanyakan pelaku usaha tidak bisa membuat desain stiker kemasan sendiri dan membutuhkan bantuan dari vendor terpercaya. Anda dapat mempercayakan pengerjaan desain label minimalis maupun variasi lainnya pada PT Kahar Duta Sarana (KDS).

KDS telah berdiri sejak tahun 1979 dan sampai saat ini masih aktif. Dengan modal pengalaman puluhan tahun di bidang label dan auto ID, KDS mampu mewujudkan berbagai konsep desain label kemasan dari konsumen.

Dengan pilihan berbagai material paper maupun non-paper, seperti semi coated, high gloss/cromo, synthetic, yupo, film (PE, PP, PET), dan berbagai material lainnya. Jadi, dapat pilih sesuai budget dan kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi 021-8711-266 atau whatsapp: +62 811-1766-900. Kunjungi website www.kdslabel.co.id atau datang langsung ke alamat Jalan Raya Poncol No 10 Susukan Ciracas, Jakarta 13750.

Kesimpulan

Tren gaya label kemasan produk memang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Selalu ada konsep baru muncul yang membuat tampilan kemasan produk jadi makin estetik dan memikat.

Dari banyaknya konsep yang ada, gaya minimalis masih menjadi tren di kalangan pelaku usaha, terutama apabila ingin memberikan kesan sederhana dan elegan pada produknya.

Meskipun sederhana, tapi konsep minimalis ini tidak akan membuat mati gaya. Sebab ada banyak sekali pilihan desain yang bisa dikembangkan dari warna dasar monokrom, alami, maupun paste.

Cukup pastikan Anda menggunakan tim desainer kreatif, berpengalaman, dan profesional untuk menghasilkan desain terbaik. Agar mendapatkan hasil maksimal, percayakan pengerjaan label kemasan pada vendor terpercaya PT Kahar Duta Sarana (KDS).

KDS memiliki beragam fokus bisnis ini, di antaranya industrial solutions, retail solutions, enterprise solutions, dan property development sehingga memiliki pengalaman mumpuni untuk membantu berbagai permasalahan bisnis, terutama dalam pencetakan kemasan.

Bisa cek informasi produk dan cara pemesanan dengan menghubungi telepon: 021-8711-266 atau whatsapp: +62 811-1766-900. Kunjungi website www.kdslabel.co.id atau datang langsung ke alamat Jalan Raya Poncol No 10 Susukan Ciracas, Jakarta 13750.

Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

 

1. Apa saja 8 gaya label kemasan minimalis yang trending dan banyak digunakan saat ini?

Gaya minimalis memang sedang menjadi tren untuk label produk beberapa tahun terakhir. Ada banyak desain yang bisa dicoba, di antaranya 8 konsep berikut:

  • Desain bergaya retro dan vintage.
  • Menggunakan font tebal.
  • Mengutamakan penggunaan kata.
  • Menambahkan kode QR.
  • Konsep ramah lingkungan.
  • Fokus utama pada logo.
  • Menggunakan warna alami.
  • Desain bergambar.

    2. Apa saja keunggulan menggunakan desain label kemasan minimalis untuk packaging?

Ada beberapa keunggulan menggunakan konsep minimalis untuk stiker produk, terutama memberikan tampilan sederhana dan elegan. Selain itu, hanya memerlukan font simpel, pemilihan warna netral, dan penambahan elemen sederhana. 

 

3. Di mana bisa menemukan vendor percetakan stiker label bergaya minimalis yang berkualitas?

Jika Anda membutuhkan vendor percetakan untuk mencetak stiker kemasan yang berkualitas dengan ragam desain minimalis, bisa langsung menghubungi tim marketing PT Kahar Duta Sarana (KDS).

Bisa hubungi 021-8711-266 atau whatsapp: +62 811-1766-900. Kunjungi website www.kdslabel.co.id atau datang langsung ke alamat Jalan Raya Poncol No 10 Susukan Ciracas, Jakarta 13750.

 

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.