background
background
Thursday, 16 January 2025 Artikel

7 Standar Desain Stiker untuk Kemasan Industri Ekspor

Menciptakan desain stiker berkualitas untuk kemasan dalam industri ekspor terbilang tidak mudah. Faktanya standar kualitas produk diutamakan pembeli maupun importir. Tapi harus sesuai standar atau regulasi dari negara tujuan.

Hal ini wajar karena kemasan sebenarnya memiliki peran terhadap kesehatan atau keamanan produk. Tidak sedikit eksportir pemula rugi karena barangnya rusak. Penting memastikan kualitasnya karena sekaligus dipakai berpromosi.

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan kemasan dengan baik, perlu mengetahui standarnya lebih lanjut. Terutama supaya bisa memastikan semua aspek mampu terpenuhi. Lalu bisa dipakai memuat, melindungi maupun mempromosikan produk.

Sebelum mulai membuatnya, Anda disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu. Khususnya berkaitan dengan informasi atau kebutuhan negara tujuan. Nantinya menjadi kebutuhan fundamental dalam menciptakan desain kemasan.

Standar Desain Stiker yang Tepat untuk Kemasan Industri Ekspor

Usaha mengembangkan kemasan untuk kebutuhan ekspor ternyata bukan pekerjaan mudah. Terutama melihat ketatnya persaingan bisnis global termasuk bagi ekspor. Berikut standar yang perlu diikuti untuk membuat desain stiker terbaik:

 

1. Pertimbangkan Bahan Kemasan Tepat

 

Kemasan yang akan dipasangi desain stiker perlu dipilih dengan tepat. Tentu terdapat beberapa jenis kemasan yang akan digunakan untuk pemasaran produk. Ketiganya berupa kemasan primer, sekunder hingga tersier.

Khusus kemasan primer sendiri akan bersentuhan langsung bersama produknya. Ternyata menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan dari awal. Tentu dilengkapi regulasi tersendiri sehingga aman sekaligus sehat bagi produk.

Apalagi pembeli atau importir sering memberikan permintaan spesifik terhadap kemasan primer. Kardus karton, toples plastik, botol, sachet atau kemasan plastic termasuk contohnya. Pastinya dapat menempelkan stiker dari produk Anda.

Sementara itu, untuk kemasan sekunder dimanfaatkan mendistribusikan barang. Artinya menyatukan banyak satuan kemasan yang akan didistribusikan. Untuk manfaat utamanya yaitu memastikan kemasan pada bagian dalamnya terlindungi.

Selain itu saat menyimpan, memindahkan atau mendistribusikan tanpa masalah. Umumnya jenis sekunder bahan materialnya peti, kayu hingga karung. Untuk bahan desain stiker harus mampu melekat pada permukaannya.

Selanjutnya pada kemasan tersier tentu berhubungan dengan pengiriman ekspor bersama kontainer. Kemasan tersebut bisa menyatukan banyak kemasan sekunder. Nantinya masuk ke dalam palet kontainer dan memindahkan ke berbagai negara.

Manfaat pengemasan tersebut yakni agar bisa memindahkan banyak barang untuk ekspor. Selain itu dipindahkan dengan forklift truck karena cukup berat. Pada dasarnya untuk stiker yang dipakai disesuaikan dengan jenis produk.

Kategori bahan kemasan terbaik yaitu mudah di daur ulang atau mudah dibuang. Efisiensi biaya penting tapi kualitasnya harus bagus. Ketersediaan bahan kemasan juga dipertimbangkan sehingga aman tanpa keluar banyak biaya.

 

2. Pahami Produk Ekspor

 

Untuk pembuatan desain stiker, Anda disarankan supaya memahami lebih dulu soal produk ekspor. Nantinya produk dibagikan menjadi fisik, kimia atau mekanik. Pengenalannya dengan tepat membuat kemasannya lebih akurat.

Untuk produk fisik merupakan bentuk yang bisa Anda lihat maupun sentuh secara langsung. Contohnya berupa kendaraan, makanan, minuman, furniture dan sebagainya. Produk fisik bisa berupa produk jadi maupun bahan materialnya.

Lalu untuk produk kimia adalah cukup berbeda dari segi bentuk maupun penanganan. Apalagi industri kimia menjadi produsen berbagai zat tersebut. Lalu secara luas dipakai dalam kesehatan, manufaktur atau pertanian.

Manfaatnya yakni meningkatkan kehidupan manusia serta memiliki kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi. Tentu seringkali terdapat bahan kimia berbahaya. Artinya membutuhkan sticker khusus untuk memberikan informasi soal produk.

Nantinya desain stiker juga dapat dipakai untuk berbagai produk mekanik. Pada dasarnya sering diberikan informasi khusus secara detail agar dapat dikenali. Produk mesin ukurannya bisa kecil atau sangat besar.

Pertimbangan menggunakan standar tinggi penting karena sifatnya harus ditangani dengan benar. Contohnya jika produk bersifat reaktif secara kimia. Tingkat reaktifnya perlu dipahami sehingga tidak membahayakan sekitar.

Tidak ketinggalan mempertimbangkan tentang produknya jenis basah atau kering. Risiko kontaminan juga diperhatikan agar tidak menjadi barang yang berbahaya. Pemahaman produk memastikan kemasannya dibuat dengan sempurna.

 

3. Sesuaikan Desain dan Branding

 

Saat membuat desain stiker untuk industri ekspor, tidak hanya melakukan pertimbangan soal kualitasnya. Melainkan desain atau branding harus Anda cocokan dengan baik. Penyesuaian terhadap kebutuhan Label kemasan produk adalah fokusnya.

Contohnya menggunakan stiker kraft karena lebih ramah lingkungan dan murah. Kemudian ada tipe hologram di mana cocok pada desain futuristik atau kontemporer. Berikut beberapa jenis sticker yang sering dimanfaatkan:

  • Sticker HVS.
  • Sticker bontax.
  • Sticker hologram.
  • Sticker kraft.
  • Sticker vinyl.
  • Sticker transparan.

Selain jenisnya, Anda dapat menambahkan berbagai efek visual khusus di dalamnya. Misalnya ingin menonjolkan kemasan pada rak toko atau supermarket. Nantinya dapat menambahkan stiker transparan agar lebih bersih.

Kalau ingin lebih istimewa bisa memakai hologram karena dipenuhi efek visual cantik. Tidak ketinggalan disertai dengan pelindung laminasi pada permukaan. Tujuannya supaya tampilan keren dan cantik yang diberikan bertahan lama.

Untuk urusan desain stiker, penting mempertimbangkan juga berapa banyak informasi yang ditambahkan. Biasanya berupa nomor produk, logo, ukuran atau deskripsi singkat. Tentu harus bisa dibaca dan menonjol informasinya.

Selain itu, disarankan menggunakan tipografi seimbang pada setiap tulisan. Pastikan tidak memberikan terlalu banyak ruang tapi dilengkapi visual sejajar. Konsumen menjadi lebih banyak untuk mengenali potongan informasi.

Ruang tambahan dapat diberikan dengan white space pada beberapa bagian. Sebelum memutuskan desain resmi, harus dekor dan ilustrasikan visualnya. Kemudian melakukan editing dan evaluasi untuk menyempurnakan desain sticker.

 

4. Kenali Kebutuhan Negara Tujuan Ekspor

 

Berusaha mengenali kebutuhan pada negara tujuan menjadi panduan membuat desain stiker berstandar ekspor. Apalagi awal tujuan pembuatannya yakni agar menembus pasar ekspor. Artinya harus mengikuti syarat dan ketentuan ekspor.

Beberapa hal yang diperhatikan yaitu mengenai kualitasnya harus sebanding antara penggunaan domestik dan internasional. Hal ini dapat membantu Anda memastikan kualitasnya bertahan konsisten untuk lokal maupun global.

Selain itu, harus memastikan desainnya sesuai standar atau regulasi yang berlaku. Setiap negara tujuan ekspor menghadirkan regulasi khusus dan berbeda. Artinya harus mempelajari setiap aturan pada negara tujuan ekspor produk.

Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu memastikan desainnya sesuai dengan budaya atau karakteristik konsumen. Ternyata dapat membantu mencapai pasar dengan mudah. Terutama karena keterikatan pelanggan dengan produk Anda.

Misalnya membuat desain stiker dengan tambahan kata atau kalimat sesuai negara tujuan. Boleh juga menambahkan gambar atau logo sesuai dengan negara tujuan. Pendekatan semacam ini mampu menarik perhatian pelanggan baru.

Tidak ketinggalan perlu memastikan apakah negara tujuannya tertarik memakai produk ramah lingkungan. Menurut data kebanyakan negara global mengutamakan bahan lebih ramah lingkungan. Kemasan dan sticker yang dipakai harus tepat.

Inilah alasannya dapat memilih sticker dari bahan kertas karena mudah terurai. Belum lagi bisa mendaur ulangnya kembali sebagai bahan kertas. Pastinya akan diakui oleh warga internasional sebagai produk bagus.

 

5. Penuhi Regulasi Keamanan, Kesehatan dan Lingkungan

 

Memenuhi regulasi setiap negara untuk membuat kemasan hingga desain stiker nyatanya tidak mudah. Terutama karena perlu mematuhi keamanan, kesehatan dan lingkungan. Ketiganya harus terpenuhi sehingga bisa lolos standar ekspor.

Regulasi inilah yang sebenarnya menjadi persyaratan utama pada produk ekspor global. Perhatiannya terhadap pengguna maupun lingkungan sekitarnya begitu tinggi. Tidak heran untuk masuk ke pasaran ekspor syaratnya melimpah.

Anda perlu merencanakan dengan baik desain yang akan dipakai. Khususnya dari jenis atau bahan yang dipakai sehingga disukai oleh aturan maupun pelanggan. Tentu tidak kesulitan menemukan pelanggan jika memenuhi regulasinya.

Apabila belum berpengalaman, mungkin kesulitan karena setiap negara memiliki regulasi berbeda-beda. Utamakanlah untuk konsultasi sejak awal kepada ahlinya desain sticker. Tujuannya untuk mengetahui setiap regulasi berdasarkan hukum.

Konsultasi juga berguna untuk memastikan Anda mendapatkan bahan material yang diinginkan. Konsultasi dengan ahli akan memberi saran dan solusi yang benar. Apalagi diberikan berdasarkan pengalaman dan jam terbangnya.

Artinya tidak akan kesulitan menemukan desain stiker spesifik untuk kebutuhan produk. Sebenarnya regulasi dipakai untuk memperketat produk masuk ke ekspor. Jika sudah masuk, artinya mendapatkan pengakuan secara hukum.

Sebelumnya disarankan untuk memperhitungkan budget yang akan dikeluarkan. Anda mungkin menghadapi kebutuhan desain, konsultasi dan sebagainya. Walau perlu keluar lebih banyak dana, tapi tidak akan mengecewakan hasilnya.

Terlebih akan membuka wawasan dan pengetahuan Anda mengenai regulasi yang berlaku. Tentu keamanan, kesehatan atau lingkungan yang diwajibkan dapat dimaksimalkan. Kemudian saat ekspor kembali bisa memenuhinya dengan baik.

 

6. Melakukan Uji Coba Kemasan Ekspor

 

Dalam pembuatan desain stiker, tidak boleh melupakan pengujian terhadap kemasan ekspor. Langkah pengujian yang dilakukan sebenarnya bukan hanya sekali. Penting secara berkala melakukannya terus menerus demi perusahaan.

Manfaatnya yakni memastikan jika ketahanan produk di dalamnya maksimal. Khususnya dalam menghadapi berbagai kondisi logistik yang perlu ditemui. Tentu tantangan ekspor ke global lebih besar karena memiliki empat musim.

Untuk pengujian yang ideal perlu dilakukan selama dua tahun. Dalam masa tersebut dapat menunjukkan hasil yang lebih akurat dan detail. Bahkan Anda lebih mengenali dan terbiasa dengan kondisi pengiriman produk.

Tapi sekarang beruntung karena terdapat teknologi yang bisa membantu. Manfaatnya memastikan proses pengujiannya menjadi lebih cepat. Selain itu mendukung prediksi kinerja kemasan pada suhu atau kelembaban berbeda.

Dalam proses pengujian kemasan dan desain stiker, perlu memastikan sektor fleksibilitas dan kekuatannya terjamin. Artinya dapat menyesuaikan dengan bentuk atau kemasan produk sehingga mampu menempelkannya di manapun.

Contohnya penggunaan sticker vinyl di mana terkenal bagus untuk semua permukaan. Selain itu fleksibel dan tidak mudah terpengaruh panas. Ada juga tipe stiker HVS dimana keunggulannya pada permukaan datar.

Selama proses pengujian, Anda mungkin akan menggunakan berbagai jenis sticker. Nantinya dapat menemukan yang paling cocok dengan kemasan atau proses pengiriman. Hasilnya dipastikan lebih awet dan tetap kelihatan keren.

 

7. Evaluasi Fasilitas dan Proses Pengiriman Logistik

 

Dalam pembuatan desain stiker berstandar ekspor, penting untuk melakukan evaluasi fasilitas pengemasan. Bagi pelaku UMKM yang menggunakan cara manual disarankan menggantinya dengan metode yang lebih modern dan mutakhir.

Tujuannya untuk memastikan agar jenis atau bahannya memudahkan dalam penanganan. Tidak ketinggalan mampu mempercepat proses pengemasan kedepannya. Penting untuk upgrade sehingga memastikan kinerjanya meningkat.

Sementara itu, bagi pelaku usaha yang memanfaatkan mesin, artinya perlu bertahan dengan konsisten. Kalau perlu menambahkan akurasi ketat untuk kemasannya. Wajib harus jauh lebih baik dari tipe metode manual.

Ada baiknya juga untuk mengecek jika fasilitas pengemasan sudah sesuai syarat ekspor. Misalnya memenuhi Good Manufacturing Practices (GMP) atau Good Handling Practices (GHP). Kemudian membantu peningkatan standar tertinggi.

Untuk pembuatan desain stiker, pastikan juga melakukan evaluasi terhadap proses pengiriman ekspor pada logistik. Faktanya banyak cara dilakukan untuk logistik. Artinya perlu memastikan menggunakan bahan lebih tahan lama.

Kalau perlu memastikan kemasan tersier mampu menyatukan dengan produk ekspor. Evaluasi dibutuhkan agar kemasan primer dan sekunder lebih optimal. Dimensi tersier perlu sesuai mode maupun fasilitas pemindahan barang.

Tidak sedikit negara memanfaatkan persyaratan marking supaya kemasan bisa dipindahkan lebih aman serta tepat. Tantangannya yakni kemasan sisi konsumen dan sisi logistik. Keduanya harus diseimbangkan sehingga sama-sama maksimal.

Kesimpulan

Penggunaan desain stiker berstandar ekspor yakni memuat barang, melindungi barang hingga mempromosikan barang. Artinya membutuhkan kualitas sepadan agar bisa bersaing. Terutama dengan berbagai produk berlevel internasional.

Salah satu faktor terpenting yaitu mempertimbangkan menggunakan bahan terbaik. Perannya terlihat dengan dampak meningkatkan daya tarik ke produknya. Harapan kesan positif dari pelanggan terhadap produk terwujud sempurna.

Pertimbangan terhadap berbagai faktor terpenting akan membuat desain menjadi lebih sempurna. Semakin banyak standar dipakai, tentu bisa bersaing lebih ketat. Walaupun saingannya perusahaan besar, pasti tidak akan kalah.

Jika ingin membuat desain stiker, tidak bisa sembarangan karena perlu memastikan kualitasnya. Anda disarankan menggunakan jasa PT. Kahar Duta Sarana (KDS). Terutama karena kompeten, profesional dan hasilnya spesial.

Tepat dalam memuluskan tantangan ekspor luar negeri yang nyatanya ketat. Khususnya ekspor di mana membutuhkan ketentuan atau standar tersendiri. Anda bisa langsung menghubungi 021-8711-266 untuk menemukan solusi dan pemesanan.

KDS hadir dari 1979 dan saat ini dipimpin Seno Prabowo K. Tentu konsisten sebagai perusahaan swasta dengan 400 karyawan berkualitas. 

Belum lagi masih memfokuskan diri untuk melayani kebutuhan bisnis seperti Enterprise Solutions, Property Development, Retail Solutions, dan Industrial Solutions.

KDS tersertifikasi ISO 9100 sehingga keresmian dan kepercayaannya luar biasa. Perusahaan diuntungkan karena budaya positif akan terbentuk. Bahkan akan terbiasa mengikuti ketentuan internasional seperti di Eropa atau Amerika.

Artinya dengan PT. Kahar Duta Sarana, dapat memenangkan pasar Indonesia maupun internasional. Anda didukung ahlinya industri Label dan Auto ID di Indonesia. Jadi, desain stiker yang dihasilkan pasti berstandar ekspor.

Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

 

1. 7 Standar Desain Stiker untuk Kemasan Industri Ekspor, Apa saja?

  • Pertimbangkan Bahan Kemasan Tepat.
  • Pahami Produk Ekspor.
  • Sesuaikan Desain dan Branding.
  • Kenali Kebutuhan Negara Tujuan Ekspor.
  • Penuhi Regulasi Keamanan, Kesehatan dan Lingkungan.
  • Melakukan Uji Coba Kemasan Ekspor.
  • Evaluasi Fasilitas dan Proses Pengemasan.


2. Bagaimana stiker dari PT. Kahar Duta Sarana bisa membantu Anda?

Penggunaan desain stiker dari KDS cocok untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan bisnis Anda. Bahkan menjadi solusi terbaik karena pelayanannya yang hemat biaya. Walaupun mencetak sampai ribuan, tapi biayanya terjangkau.

Hal ini dapat mendukung perusahaan untuk meningkatkan produksinya dengan cepat. Tapi tidak perlu mengurangi atau meminimalisir kualitas di dalamnya. Artinya kegiatan promosi, event atau iklan dapat lebih cepat dimaksimalkan.

 

3. Berapa resolusi yang disarankan untuk file output di PT. Kahar Duta Sarana?

Hasil cetak KDS memiliki kualitas tinggi karena menggunakan resolusi yang disarankan. Dalam percetakan selalu menggunakan resolusi 300 dpi untuk ukuran aktualnya. Tujuannya memastikan agar gambarnya beresolusi tinggi.

Detail gambar maupun warna yang disajikan akan membuat Anda merasa terpana. Kami tidak menyarankan resolusi rendah karena hasilnya kurang memuaskan. Resolusi terbaik memastikannya tanpa pecah atau buram saat mencetak.

 

4. Apa saja metode pembayaran yang disediakan di PT. Kahar Duta Sarana?

Pelanggan KDS menemukan kemudahan luar biasa saat menikmati layanan kami. Apalagi telah menghadirkan beragam metode pembayaran yang cepat dan aman. Tentu menyesuaikan kebutuhan masyarakat masa kini sehingga lebih relevan.

Contohnya dengan tersedianya pembayaran melalui QRIS atau e-wallet. Saat ini masih disediakan juga pembayaran virtual account, kartu kredit atau transfer bank. Jadi, bisa menikmati desain stiker dengan pembayaran lebih bebas.

 

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.