background
background
Wednesday, 12 February 2025 Artikel

7 Inovasi Digital Printing untuk Kemasan Produk

Teknologi digital printing telah membawa kemajuan dalam pembuatan kemasan produk. Pencetakannya dapat dilakukan dalam resolusi tinggi dengan hasil lebih kreatif dan personalisasi.

Di masa sekarang, packaging lebih dari sekedar wadah untuk membungkus produk. Inovasi dalam bidang ini menjadikan kemasan lebih bernilai dan berdampak positif.

Lantas, apa saja inovasi percetakan digital yang menjadikan packaging lebih kreatif bagi bisnis? Mari menyimak beberapa inovasinya dalam artikel berikut.

Inovasi Digital Printing untuk Kemasan Produk

Percetakan digital sudah semakin berkembang dan menawarkan beragam inovasi menarik dalam pembuatan kemasan produk. Ini dia beberapa inovasi yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

1. Print 3D

Pernahkah Anda membayangkan packaging dicetak secara 3D? Mengharapkan penerapan 3D dalam bidang ini sudah bukan mimpi. Melalui perkembangan teknologi, bungkus produk bisa dicetak secara 3 dimensi yang terkesan unik.

Inovasi print 3D dapat menghasilkan objek tiga dimensi melalui penambahan bahan dengan bertahap. Banyak industri boleh memanfaatkan print 3D, misalnya saja otomotif, kesehatan, makanan sampai minuman.

Inovasi digital printing ini mempunyai kemampuan menciptakan hasil kompleks dan rumit. Tentu saja hasil semacam ini sulit didapatkan jika mengandalkan percetakan tradisional. Ini dia beberapa manfaat penerapan print 3D.

  • Komponen Kompleks dan Presisi Tinggi

Sudah banyak bisnis yang mencoba membuat kemasan mengandalkan print 3D. Hasilnya mempunyai presisi tinggi dengan komponen kompleks. Tentu saja tampilannya terkesan lebih menarik.

Melalui teknologi digital printing ini, pembuatan desainnya bisa dilakukan secara lebih variatif. Kemasannya juga dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan bisnis secara individual.

  • Fleksibilitas Desain

Bentuk desain yang dapat dicetak secara tradisional tentu sangat terbatas. Berbeda dengan print 3D, desainnya jauh lebih fleksibel. Misalnya Anda dapat membuat desain berbentuk topeng 3 dimensi.

  • Hemat Dana

Lantas, untuk mendapatkan manfaat dari print 3D apakah perlu menginvestasikan banyak dana? Hal tersebut tidak perlu dilakukan sebab justru proses produksinya bisa dioptimalkan sehingga menghemat pendanaan.

Melalui print 3D, operasional pembuatan kemasannya bahkan lebih efisien. Jadi ada banyak manfaat dari print 3D khususnya terkait penghematan dana.

  • Menambah Daya Tarik

Selain hemat dana, hasil kemasannya nanti akan tampak lebih menarik jadi meningkatkan daya saing produknya di pasar internasional. Anda akan merasa lebih percaya diri untuk menjual produknya hingga ke pasar luar negeri.

  • Contoh Pepsi

Ingin mencoba teknologi digital printing namun tidak mempunyai referensi desainnya? Anda bisa mengamati desain packaging Pepsi yang menampilkan replika topeng Black Panther.

Sebagai merek global, Pepsi memproduksi packaging khusus untuk kampanye promosi film Black Panther. Memanfaatkan percetakan digital, Pepsi dapat membuat 250 topeng Black Panther dengan desain terkesan rumit dalam waktu cepat.

Inovasi ini bukan hanya memberikan manfaat fleksibilitas desain bagi Pepsi. Namun juga menawarkan harga cetak lebih murah. Bukan hanya hasil cetaknya sesuai dengan desain namun juga dipastikan pengirimannya aman.

Apabila ingin tahu seperti apa bentuk Pepsi Black Panther, Anda bisa menemukan gambarnya di internet. Tampak kemasannya inovatif dan berkualitas tinggi.

  • Beragam Macam Material

Digital printing 3D print mampu membuat packaging unik dengan beragam material. Sebut saja kayu, kaca hingga serat karbon. Jadi tampilannya lebih bervariasi sesuai kebutuhan spesifik bisnis.

Anda tidak perlu membatasi materialnya pada plastik atau kertas. Ada pilihan bahan lainnya yang juga cukup menarik. Sesuaikan saja dengan produk Anda memerlukan packaging seperti apa.

2. Biodegradable Packaging

Inovasi digital printing lainnya berupa biodegradable packaging. Tahukah Anda jika penggunaan plastik sudah sangat mengancam kelestarian lingkungan? Oleh karenanya, material biodegradable lebih disarankan untuk menggantikan plastik.

Sekarang ini lebih banyak masyarakat lebih mengharapkan solusi pengemasan berkelanjutan yang menurunkan produksi limbah. Sehingga kerusakan lingkungan akibat limbah plastik bisa lebih ditekan.

Material biodegradable lebih ramah lingkungan karena bisa terurai secara alami. Mencetak packaging biodegradable juga dapat dilakukan dengan bantuan teknologi percetakan digital. Ini dia keuntungan penggunaannya sebagai bungkus produk.

A. Tidak Menimbulkan Racun

Mencetak biodegradable packaging mengandalkan digital printing tidak akan menimbulkan racun bagi lingkungan. Nanti, bahan ini bisa terurai secara alami pada lingkungan menjadi air, karbon dioksida maupun bahan organik.

Jika menggunakan plastik dan styrofoam memerlukan waktu lama untuk bisa terurai. Bahkan, memerlukan waktu beberapa ratus tahun. Sebelum bisa terurai, keberadaannya bisa menjadi bahaya bagi satwa liar.

B. Bebas Alergen

Biodegradable packaging dibuat tanpa tambahan bahan kimia berbahaya. Jadi penggunaannya lebih aman untuk kesehatan manusia, tidak akan menimbulkan alergi.

C. Ada Banyak Pilihan Material

Khawatir tidak ada banyak pilihan material jika mengutamakan konsep biodegradable? Jangan khawatir, sebab pilihan materialnya ada banyak. Jadi tetap nyaman meskipun tidak menggunakan plastik.

a. Karton dan Kertas

Salah satu pilihan material biodegradable dari digital printing adalah karton dan kertas. Karton dan kertas bisa terurai secara hayati di alam. Anda dapat membentuknya menjadi kotak, tas maupun amplop.

b. Tepung Maizena

Ada juga kemasan yang terbuat dari tepung maizena dan material alami lain. Daripada plastik, material ini lebih cepat terurai secara alami. Bahkan, konsumen boleh menjadikannya sebagai kompos.

c. Plastik Larut Air

Packaging dari plastik larut air juga termasuk biodegradable. Berbeda dari plastik biasa, plastik ini akan terurai begitu terkena air. Boleh digunakan untuk tas satu kali pakai.

d. Bambu

Bambu tentu bisa terurai secara mudah di alam. Boleh mengaplikasikannya untuk beragam jenis produk. Melalui digital printing, bisa membentuknya menjadi tas maupun pembungkus.

e. Jamur

Packaging ini dibuat menggunakan sampah pertanian dan miselium jamur. Anda bisa menggunakannya untuk membungkus produk yang mudah pecah, misalnya saja peralatan elektronik.

f. Bungkus Gelembung Bergelombang

Inovasi digital printing bungkus ini bukan dibuat menggunakan plastik. Melainkan menggunakan karton dan kertas daur ulang. Jadi jauh lebih ramah lingkungan daripada menggunakan material plastik.

D. Menurunkan Biaya Produksi

Pembuatan biodegradable packaging bisa menurunkan biaya produksi. Karena menurunkan kebutuhan energi dan sumber daya dalam produksinya. Jadi konsep biodegradable tidak kalah menguntungkan daripada bungkus plastik.

3. Recyclable Packaging

Inovasi digital printing yang tidak kalah menarik adalah recyclable packaging. Kemasan yang dapat didaur ulang saat ini cukup populer dalam bisnis. Ini dia beberapa keuntungan menggunakannya sebagai bungkus produk.

A. Digunakan Kembali

Salah satu keuntungan recyclable packaging adalah bisa digunakan kembali. Packaging bekas bisa dibuat ulang melalui pengolahan khusus. Lantas bisa membentuknya menjadi kemasan baru.

Penggunaan kembali akan bermanfaat menghemat aset, menurunkan biaya produksi dan mewujudkan ekonomi hijau. Jadi, tidak perlu ragu untuk mencoba inovasi ini.

B. Aman

Recyclable packaging dibuat menggunakan material yang aman tanpa ada kandungan bahan kimia beracun. Jadi, boleh digunakan untuk bungkus produk apa saja, termasuk makanan dan obat-obatan.

Konsumen juga tidak perlu merasa khawatir mengenai bahaya kesehatan jika menggunakan produk yang dikemas dengan recyclable packaging. Sudah dipastikan semuanya aman tanpa risiko keracunan.

C. Perlindungan Produk

Hanya karena dapat didaur ulang, apakah inovasi digital printing lantas tidak bisa melindungi produk dengan maksimal? Jangan khawatir, kemasannya tetap bisa memberikan perlindungan unggul.

Packagingnya sudah diproses menggunakan teknologi canggih. Jadi hasilnya dapat menahan guncangan selama produknya dikirimkan. Sudah pasti isi produknya akan aman sampai di tangan konsumen.

Daya tahan maupun kekuatannya akan cukup dalam menghadapi beragam tantangan selama distribusi produknya. Jadi walaupun mengirimkannya hingga ke luar negeri tidak perlu takut terjadi kerusakan.

D. Citra Merek Ramah Lingkungan

Digital printing membantu perusahaan membangun citra merek ramah lingkungan. Banyak konsumen lebih tertarik dengan produk ramah lingkungan. Jadi menggunakan recyclable packaging adalah pilihan tepat untuk membangun citra merek ramah lingkungan.

Nantinya produk akan mempunyai daya saing lebih tinggi di pasaran. Selain itu akan memenangkan lebih banyak kepercayaan konsumen. Sudah tentu angka penjualan menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

E. Ekonomis dan Terjangkau

Mengingat kemasannya dapat didaur ulang dan dipakai lagi, dana yang diperlukan lebih sedikit. Perusahaan bukan hanya menghemat uang pembuatan kemasannya namun juga menghemat biaya pembuangan limbah.

Lebih dari sekedar menghemat anggaran bisnis. Namun juga bermanfaat untuk keberlangsungan lingkungan. Perusahaan dapat mendukung gerakan hijau dalam industri pengemasan.

F. Mengurangi Sampah

Inovasi digital printing dapat membantu mengurangi sampah atau limbah. Karena tidak menggunakan bahan baku secara berlebihan. Ukurannya juga dapat disesuaikan dengan produk jadi tidak menyisakan banyak bahan yang terbuang.

Bukan sekedar mengurangi limbah pada awal pembuatan kemasannya. Namun juga mengurangi limbah bahan sesudah digunakan oleh konsumen. Jadi bekas kemasannya dapat dikumpulkan untuk didaur ulang, tidak banyak yang dibuang sebagai residu.

G. Sumber Daya Beragam

Ada banyak jenis sumber daya yang bisa diolah menjadi recyclable packaging. Secara umum, sumber daya ini berupa logam, paperboard, kaca dan resin. Berikut penjelasannya yang lebih detail.

a. Polietilena

Polietilena adalah rekomendasi menarik jika ingin membuat packaging ramah lingkungan. Polietilena dapat didaur ulang dan mendukung keberlanjutan dalam bisnis

b. Kertas

Inovasi digital printing berupa kertas juga termasuk recyclable packaging. Biasanya berupa kantong kertas, karton dan pita kertas. Kertas sangat bisa didaur ulang lantas digunakan lagi sebagai bungkus produk.

Perusahaan juga dapat mengolah kertas menjadi kotak kardus. Kotak kardus nantinya bisa dipakai lagi oleh konsumen sebagai tempat penyimpanan. Jadi, lebih dari sekedar membungkus produk, kotak kardus bermanfaat sebagai tempat penyimpanan.

c. Kaca

Kaca dibuat menggunakan beragam bahan alami, sebut saja pasir, batu kapur hingga soda abu. Packaging dari kaca berupa botol dan toples bisa didaur ulang. Jadi, nantinya dapat digunakan kembali oleh perusahaan untuk membuat kemasan baru.

d. Alumunium

Alumunium termasuk bahan inovasi digital printing yang fleksibel dan dapat diubah menjadi kaleng. Alumunium dapat didaur ulang secara mudah. Kualitasnya juga tidak akan menurun walaupun sudah didaur ulang.

e. Kayu

Kayu adalah bahan alami yang bisa didaur ulang. Biasanya kayu diolah menjadi peti dan palet untuk kemudian dipakai mengangkut barang. Kayu punya kekuatan dan daya tahan yang cukup untuk mengangkut barang.

Biasanya peti dan palet kayu bisa bertahan selama beberapa tahun. Setelah tidak digunakan, benda tersebut lantas didaur ulang. Biasanya diolah menjadi furniture.

4. Edible Packaging

Mengingat semakin populernya zero-waste living, inovasi digital printing berupa edible packaging cukup mendapat perhatian. Bukan hanya ramah lingkungan dan berkelanjutan, kehadirannya memberikan pengalaman tersendiri ketika dimakan oleh konsumen.

Kemunculannya sendiri bermula dari keresahan akan sampah packaging yang tidak ramah lingkungan. Jadi banyak peneliti mengupayakan solusi alternatif untuk masa depan bumi yang lebih baik.

Mungkin Anda sendiri juga sudah sering menemui kemasan produk yang dapat dimakan. Tentu kemasannya aman untuk kesehatan karena terbuat dari bahan alami. Ini dia beberapa manfaat penggunaannya untuk membungkus produk.

A. Beragam Pilihan Bentuk

Edible packaging digital printing dapat dibuat dengan beragam bentuk. Bisa berupa sedotan, sendok hingga peralatan makan lain. Tidak harus berupa wadah untuk membungkus produk.

B. Mengurangi Limbah Plastik

Jika menggunakan edible food wrap, perusahaan Anda dapat mengurangi limbah plastik. Sebenarnya bukan hal dilarang jika ingin menggunakan kemasan berbahan plastik. Namun, untuk mencegah pencemaran lingkungan disarankan menggunakan edible food wrap.

Edible food wrap dibuat menggunakan bahan alami, misalnya saja rumput laut. Menjadikannya mudah diurai oleh alam dan tidak menumpuk menjadi limbah di lokasi pembuangan sampah.

C. Meningkatkan Nutrisi Produk

Inovasi digital printing berupa edible food wrap dapat membantu meningkatkan nutrisi produk. Ketika dipakai untuk mengemas makanan, maka konsumen bisa mengonsumsi bungkusnya juga.

Mengingat bahan pembuatan edible food wrap adalah bahan alami, jadi punya nilai gizi untuk dikonsumsi. Sama sekali tidak akan membahayakan kesehatan.

Ini adalah solusi terbaik jika ingin membuat produk makanan bergizi. Bukan hanya menawarkan kandungan vitamin dan mineral pada produk. Namun juga menawarkan kandungan gizi dari kemasannya.

D. Menjaga Biota Laut

Berbagai jenis sampah packaging yang tidak bisa terurai dan hanyut ke laut dalam membahayakan kehidupan biota laut. Misalnya menjadi racun bagi biota laut jika dimakan.

Apabila menggunakan edible food wrap digital printing, tidak akan menjadi limbah di laut. Jadi sama sekali tidak akan membahayakan kehidupan biota laut.

5. Custom Packaging

Melalui custom packaging, Anda dapat menarik minat konsumen dan memperkuat identitas brand. Produk akan tampak lebih mencolok daripada milik kompetitor. Ini dia keuntungan menggunakan kemasan custom.

A. Meningkatkan Daya Tarik Produk

Teknologi digital printing menyediakan layanan cetak custom packaging yang dapat membantu menarik perhatian konsumen. Desainnya yang unik akan menghadirkan kesan positif bagi konsumen.

Jadi, ketika produk Anda dipajang pada rak bersamaan dengan produk milik kompetitor, konsumen akan lebih tertarik untuk memilih produk Anda. Tentu kesan positif pada packaging sangat penting dalam bisnis.

B. Memperkuat Identitas Brand

Desain custom dapat membantu menonjolkan elemen khas milik brand Anda. Misalnya saja logo, warna hingga tagline. Jadi mendukung pengenalan brand atau brand recognition.

Melalui brand recognition, loyalitas pelanggan bisa ditingkatkan. Tanpa cara ini, mungkin saja pelanggan Anda beralih ke produk kompetitor tanpa disadari.

C. Mendukung Perceived Value

Ketika suatu produk dikemas menggunakan packaging unik dari digital printing, dapat dianggap mempunyai nilai lebih. Dibandingkan produk lain dengan kemasan biasa saja.

Tentu hal ini dapat menjadi pembeda antara produk Anda dengan kompetitor. Mengingat persaingan pasar sangat ketat, membuat packaging secara custom cukup dibutuhkan.

D. Memudahkan Komunikasi

Melalui desain khusus, Anda dapat berkomunikasi secara lebih efektif dengan konsumen. Misalnya ingin menyampaikan informasi penting berupa bahan, panduan penggunaan atau pesan yang mencerminkan nilai merek.

E. Ide Desain Bervariasi

Tersedia desain yang sangat bervariasi dari digital printing jika ingin membuat kemasan. Boleh memesan desainnya pada jasa tersebut maupun membuatnya sendiri. Ini dia beberapa ide desainnya sebagai referensi.

a. Minimalis

Sekarang ini tren minimalis terbilang populer. Terapkan warna netral, elemen desain sederhana dan font sederhana. Hasilnya desain tampak elegan dan profesional.

b. Ilustrasi Unik

Referensi desain lainnya adalah menggunakan ilustrasi unik yang mencerminkan produk maupun brand. Jangan mengambil ilustrasi dari internet yang ada hak ciptanya.

c. Konsep Ramah Lingkungan

Boleh juga menerapkan konsep ramah lingkungan. Caranya dengan memilih material ramah lingkungan, misalnya saja kertas daur ulang. Konsep ramah lingkungan juga cukup efektif menarik minat konsumen.

d. Warna dan Pola Menarik

Pilih warna yang cocok dengan identitas brand. Tambahkan juga pola atau tekstur supaya tampilan kemasannya tidak terkesan polos. Tambahkan efek visual untuk mendukung estetika.

6. Active Packaging

Active packaging adalah kemasan yang punya desain tertentu di mana mampu menjaga produk dari pengaruh lingkungan. Inovasi teknologi digital printing ini bisa menurunkan kadar oksigen, mengubah RH bahkan menurunkan kadar etilen.

Ada banyak tipe active packaging yang tersedia di pasaran, dapat menyesuaikan kebutuhan. Apakah membutuhkan penyerap oksigen, pelepas karbon dioksida, penyerap kelembaban atau lainnya. Ini dia penjelasannya secara lebih lengkap.

A. Oxygen Scavenging/Absorber

Ketika ada oksigen di dalam kemasan akan sangat mempengaruhi umur makanan. Oxygen scavenging atau penyerap oksigen adalah solusi untuk memperpanjang umur produk.

Oxygen scavenging bisa dibuat menggunakan berbagai bahan. Ada pilihan serbuk besi dan oksidasi dari asam askorbat. Bisa juga berupa oksidasi enzimatis glukosa.

B. Moisture Absorber

Moisture absorber akan menjaga kelembaban produk yang mempunyai kadar air tinggi. Misalnya saja produk berupa daging. Kondisi lembab menjadikan mikroba tumbuh lebih cepat.

Oleh karenanya diperlukan moisture absorber. Mungkin Anda sudah sering melihat inovasi digital printing ini dalam bentuk silica gel. Tanpa moisture absorber, produk akan menjadi terlalu lembab dan mudah rusak.

C. Carbon Dioxide Emitter

Apabila menjual unggas dan daging Anda memerlukan karbon dioksida. Karbon dioksida akan mencegah tumbuhnya mikroba. Jadi, carbon dioxide emitter akan menambah kadar karbon dioksida pada packaging.

D. Ethylene Scavengers

Ethylene scavengers dapat dimasukkan ke dalam bahan packaging. Keberadaannya akan menyerap etilen dan kelembaban sehingga masa simpan produknya menjadi lebih lama. Ethylene scavengers bisa digunakan untuk buah-buahan tropis. 

E. Odor Scavengers

Odor scavengers adalah inovasi teknologi yang membantu menutupi bau tidak sedap. Biasanya ketika makanan terurai lantas muncul bau tidak sedap. Odor scavengers berfungsi menutupi bau tersebut.

Odor scavengers umumnya berbahan karbon atau arang aktif. Bahan ini dapat menyerap dan menyingkirkan beragam bau. Jadi pemilik bisnis tidak perlu khawatir produknya akan memunculkan bau kurang sedap.

7. Internet of Packaging

Perpaduan teknologi digital printing dan packaging tradisional bisa membangun pengalaman konsumen supaya lebih terhubung dengan brand. Inovasi smart packaging menerapkan teknologi canggih berupa RFID, kode QR hingga chip NFC.

Adanya RFID, kode QR atau chip NFC membuat kemasan mempunyai nilai lebih di mata konsumen. Teknologi canggih tersebut menjadi perantara data digital bagi konsumen. Ini dia beberapa manfaat kemasannya untuk konsumen.

A. Customer Engagement

Smart packaging mampu menyediakan konten tambahan yang menghibur dan meningkatkan customer engagement. Membangun keterlibatan merek dan konsumen akan mendorong angka penjualan produk dan loyalitas merek.

B. Data Penggunaan Produk

Ketika menyambungkan inovasi digital printing ini ke cloud, merek akan menerima banyak data. Misalnya kapan kemasannya dibuka pertama kali, kapan dibuka lantas ditutup lagi, seberapa sering menggunakan kemasannya dan lain lain.

C. Kontrol Kualitas

Packaging bisa dirancang untuk membantu memantau kondisi suatu produk. Kemasan dapat menunjukkan apakah produk tersebut masih bagus atau rusak. Hasilnya adalah akses yang lebih mudah ke produk berkualitas asli dari produsen.

D. Pengalaman Pengguna yang Lancar

Smart packaging menjadikan produk lebih mudah digunakan. Dapat memberikan instruksi secara lebih jelas dengan menautkan ke video. Atau memungkinkan pengguna mengakses obrolan daring dan mengajukan pertanyaan untuk pengalaman yang lebih personal.

E. Tetap Relevan dengan Pelanggan Anda

Mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan dapat membantu Anda merencanakan produk agar lebih sesuai dengan mereka. Selain itu, berinvestasi dalam hal ini memproyeksikan perusahaan sebagai perusahaan yang maju secara teknologi.

Kesimpulan

Di masa sekarang, packaging lebih dari sekedar wadah untuk membungkus produk. Inovasi teknologi digital printing menjadikan kemasan lebih bernilai dan berdampak positif.

Ada begitu banyak inovasi percetakan digital yang menjadikan packaging lebih kreatif bagi bisnis. Ada print 3D yang menjadikan bungkus produk bisa dicetak secara 3 dimensi sehingga terkesan unik.

Manfaat penerapan print 3D adalah komponen kompleks dan presisi tinggi, fleksibilitas desain, hemat dana, menambah daya tarik, contoh Pepsi, dan beragam macam material.

Selain print 3D, ada juga biodegradable packaging yang lebih ramah lingkungan karena bisa terurai secara alami. Keuntungan penggunaannya sebagai bungkus produk adalah tidak menimbulkan racun, bebas alergen, ada banyak pilihan material dan menurunkan biaya produksi.

Berikutnya ada recyclable packaging yang dapat didaur ulang. Keuntungan menggunakannya adalah bisa digunakan kembali, aman, perlindungan produk, citra merek ramah lingkungan, ekonomis, mengurangi sampah dan sumber daya beragam.

Ada juga edible packaging yang dapat dimakan. Manfaat penggunaannya adalah ada beragam pilihan bentuk, mengurangi limbah plastik, meningkatkan nutrisi produk dan menjaga biota laut.

Inovasi digital printing custom packaging juga tidak kalah menarik. Keuntungan menggunakannya adalah meningkatkan daya tarik produk, memperkuat identitas brand, mendukung perceived value, memudahkan komunikasi dan ide desain bervariasi.

Masih ada active packaging yang mampu menjaga produk dari pengaruh lingkungan. Ada banyak tipenya, mulai dari oxygen scavenging/absorber, moisture absorber, carbon dioxide emitter, ethylene scavengers, hingga odor scavengers.

Opsi terakhir adalah internet of packaging yang menerapkan teknologi canggih berupa RFID, kode QR hingga chip NFC. Manfaatnya adalah customer engagement, data penggunaan produk, kontrol kualitas, pengalaman pengguna lancar dan tetap relevan dengan pelanggan.

Ingin menggunakan teknologi paling baru dalam percetakan digital namun tidak mau repot membuat packaging sendiri? Tenang, Anda dapat memesan cetak label kemasan hanya di perusahaan percetakan dan printing label PT Kahar Duta Sarana.

Membuat packaging tidak cukup dengan menciptakan wadah untuk membungkus produk. Inovasi teknologi digital printing dapat membantu menjadikan kemasan lebih bernilai dan berdampak positif.

Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

1. Apa saja 7 inovasi digital printing untuk kemasan produk?

Ada print 3D, biodegradable packaging, recyclable packaging, edible packaging, custom packaging, active packaging dan internet of packaging.

2. Mengapa inovasi penting dalam kemasan produk?

Packaging yang kreatif akan meningkatkan nilai ekonomi suatu produk, sebab menjadikannya tampak menarik sehingga memicu pembelian.

3. Teknologi apa yang sering digunakan dalam desain kemasan modern?

Packaging mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkan QR code, RFID dan lainnya. Lebih dari pelindung produk, kehadirannya menjadi alat yang meningkatkan pengalaman konsumen.

4. Apa yang dimaksud dengan smart packaging?

Smart packaging adalah kemasan yang menghadirkan informasi mengenai keadaan makanan atau lingkungan.

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.