Digital printing adalah solusi terbaik yang diperlukan oleh pemilik bisnis ketika ingin membuat label kemasan atau media promosi produk. Tentu kualitas dari percetakan digital akan sangat mempengaruhi efektivitas penjualan atau promosi.
Melalui layanan ini, Anda dapat memesan label kemasan, banner, kartu nama, brosur dan lainnya. Semuanya sangat mendukung kebutuhan bisnis secara mudah dan praktis.
Lantas, seperti apa standar kualitas yang perlu diperhatikan ketika hendak menggunakan layanan percetakan ini? Mari menyimak 6 standar kualitasnya dalam artikel berikut.
Percetakan digital adalah layanan yang banyak tersedia di tanah air. Mungkin Anda juga kerap melihatnya di sekitar tempat tinggal. Ini dia beberapa standar kualitas yang berkaitan dengan percetakan tersebut.
Standar kualitas yang utama dalam dunia digital printing adalah desain. Membuat desain tentu bukan perkara sederhana. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasilnya memuaskan.
Sebenarnya tidak ada aturan baku yang menunjukkan bahwa membuat desain harus menggunakan mode CMYK. Ada pilihan mode CMYK dan RGB di mana boleh memilihnya sesuai selera.
Namun, untuk saran terbaik sebaiknya memilih mode CMYK. Di berbagai software desain grafis seperti Photoshop bisa diubah dengan mudah modenya apakah ingin CMYK atau RGB.
Lantas, apa manfaat mode CMYK untuk desain? Manfaatnya adalah memberikan representasi secara akurat mengenai bagaimana warna desainnya ketika dicetak.
Apabila ingin desain dicetak di jasa digital printing, khususnya dengan ukuran besar, vektor adalah pilihan terbaik. Ada banyak software desain grafis yang mendukung format vektor, misalnya saja Adobe Illustrator.
Mengapa harus memilih desain dengan format vektor? Karena format vektor lebih dari sekedar ukuran file kecil. Namun memastikan hasil cetak desainnya tajam.
Apabila format desainnya bukan vektor, Anda akan mendapat risiko hasil cetaknya buram. Sudah pasti hasilnya akan tampak mengecewakan. Jadi, hindari risiko ini dengan memilih desain format vektor dari jasa digital printing.
Desain harus mempunyai resolusi 300DPI, jangan sampai resolusinya di bawah itu. DPI menunjukkan titik per inci. Semakin banyak titik yang membentuk gambar, resolusi semakin tinggi.
Ketika titik yang dicetak dalam satu incinya semakin tinggi, tentu kualitas hasil cetaknya juga semakin tinggi. Jadi jangan mengabaikan pentingnya pemilihan DPI dalam desain.
Lantas, bagaimana jika resolusinya terlalu rendah? Nantinya hasil cetak desainnya akan tampak buram dan pixelated. Tentu tidak ada orang yang menginginkan label kemasan atau brosur promosi produk mempunyai tampilan buram, bukan?
Mungkin tidak banyak yang memperhatikan bagaimana desain warna hitam ketika dicetak oleh jasa digital printing. Banyak orang berpikir warna hitam hanya ada satu pilihan dan tampilan hasil cetaknya selalu sama.
Padahal, mencampurkan warna hitam dengan komposisi CMYK menjadikan warnanya tampak lebih solid. Ini sangat bermanfaat khususnya ketika mesin cetak yang dipakai sudah berumur.
Jika mesin cetaknya masih baru, warna hitam biasa sudah tampak bagus. Namun, jika mesinnya sudah berumur Anda perlu membuat warna hitam dengan campuran komposisi CMYK.
Setiap elemen desain utama harus diposisikan jauh dari tepi bahan cetak. Supaya ketika diproses nanti elemen desainnya tidak terpotong. Seperti yang Anda tahu, setelah dicetak pasti dilakukan pemotongan supaya rapi.
Supaya tidak ada elemen desain terpotong, harus diberi margin. Pastikan juga margin ini cukup lebar. Sehingga bisa memastikan tidak ada elemen desain terpotong selama proses pemotongan di jasa digital printing.
Sebenarnya desain bisa dikerjakan oleh percetakan jika Anda membutuhkannya. Namun boleh juga jika ingin membuat desainnya sendiri. Apabila memilih cara ini, maka file format yang dikirimkan ke percetakan harus berupa PDF.
File final format PDF adalah standar terbaik jika ingin mendapatkan hasil cetak berkualitas. Jangan lupa resolusinya adalah 300 DPI, jangan sampai menurunkan resolusinya ketika mengubah format file menjadi PDF.
Lantas, mengapa tidak boleh mengirimkan file dalam format JPG? Karena tepi gambarnya nanti bisa terpotong dan warna pada hasil cetaknya mungkin berubah.
Kualitas hasil cetak sangat dipengaruhi oleh mesin yang digunakan oleh jasa digital printing. Mesin akan mempengaruhi ketajaman warna, akurasi, gradasi dan hal lainnya. Ini dia beberapa jenis mesin yang biasa digunakan.
Inkjet printer termasuk mesin yang mudah ditemukan, termasuk di rumah atau kantor. Inkjet printer dapat digunakan untuk cetak beragam jenis desain. Biasanya usaha fotocopy juga menggunakan inkjet printer.
Inkjet printer juga bisa memproses cetak desain pada berbagai jenis media. Bukan hanya dapat mencetak pada kertas, bisa juga pada mug. Konsumen bisa mencetak undangan pernikahan, foto dan lainnya.
Dibandingkan inkjet printer, plotter machine dapat mencetak media yang lebih besar. Ada banyak merek plotter machine tersedia di pasaran. Biasanya ada ukuran 1.5 meter, 3.2 meter bahkan 5 meter.
Plotter machine bisa memproses cetak berbagai jenis media promosi digital printing. Selain itu, plotter machine juga bisa menggunakan beragam jenis tinta. Ada tinta dye atau pigment, eco solvent, solvent hingga UV.
Offset digital printing bisa menawarkan hasil cetak berukuran A4 sampai A0. Boleh juga menggunakannya untuk mencetak peta, buku atau lainnya. Offset digital printing dapat bekerja secara cepat menghasilkan cetakan dari suatu desain.
Mesin ini bisa mencetak pada beragam media khususnya yang mempunyai ukuran tebal. Sebut saja kayu, keramik, kaca dan lainnya. Melalui teknologi tinta UV, hasil cetaknya akan tampak menarik dan bisa bertahan lama.
3D printing termasuk jenis mesin yang baru di tanah air. Sekitar tahun 2013 mesin 3D printing mulai memasuki Indonesia. Jadi jangan heran jika belum semua jasa percetakan menggunakan mesin ini.
Mesin tersebut mengandalkan bahan photopolymer sehingga dapat membuat objek tiga dimensi. Anda bisa mencetak berbagai bentuk benda menggunakan mesin ini.
Teknik cetak mengandalkan sablon terbilang populer di Indonesia. Dana yang dipakai untuk aktivitas digital printing ini cukup sedikit namun hasil cetaknya berkualitas tinggi.
Melalui mesin tersebut, Anda dapat mencetak pada beragam media. Misalnya saja kain, katun hingga polyester. Sementara tinta yang biasanya dipakai adalah neo pigment kornit.
Standar kualitas digital printing lainnya adalah pada hasil cetaknya. Tidak harus melihatnya secara langsung, Anda juga bisa memperhatikan katalog yang disediakan oleh jasa percetakan.
Kualitasnya dapat diperhatikan dari ketajaman gambar, keakuratan gambar, kejelasan teks sampai ketahanan jika terkena cairan. Ini dia beberapa aspek yang menentukan kualitas hasil cetak.
Hasil cetakan file desain harus presisi, tidak boleh miring. Bentuk potongannya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja membutuhkan label kemasan berbentuk bintang, maka bentuk potongannya juga harus benar-benar berupa bintang.
Jangan sampai menginginkan potongan berbentuk bintang namun hasilnya justru segitiga. Jadi perlu memperhatikan hal ini supaya memperoleh hasil terbaik sesuai ekspektasi.
Biasanya jasa percetakan akan melakukan quality control. Memastikan hasil cetak presisi pada semua sisi. Jadi bisa memastikan kepuasan konsumen yang memesan layanan.
Hasil yang dicetak tentu harus sesuai dengan desain pada file. Misalnya desainnya berupa label kemasan transparan dengan tulisan berwarna hitam tanpa ada elemen gambar.
Maka, ketika dicetak tidak boleh ada tinta berlebihan. Jangan sampai ada tetesan tinta warna biru, merah atau warna lain yang tidak dikehendaki. Tentu tetesan tinta tersebut akan merusak tampilan hasil cetaknya.
Ketika ada tinta menetes pada tempat yang tidak seharusnya, bisa menunjukkan kemungkinan adanya kerusakan mesin digital printing. Tinta berlebihan menunjukkan adanya kesalahan cetak.
Jasa profesional pasti akan melakukan pengecekan menyeluruh apakah ada tinta berlebihan atau tidak. Namun konsumen juga perlu melakukan pengecekan secara detail.
Kepekatan warna juga menjadi standar penilaian kualitas hasil cetak. Perlu memperhatikan ketebalan tinta yang dipakai untuk mendapatkan hasil cetakan berkualitas tinggi. Jangan sampai tintanya kurang pekat atau terlalu pekat.
Apakah ingin mencetak label kemasan, banner, kartu nama, brosur atau lainnya, gambar pada cetakannya harus tampak tajam. Gambarnya harus terlihat jelas dengan garis tajam. Jangan sampai gambarnya tampak buram atau blur.
Akan tetapi ketajaman gambar pada hasil digital printing juga dipengaruhi oleh desainnya. Jika Anda memberikan file gambar buram, tentu hasil cetaknya nanti juga buram.
Selain gambarnya tajam, gambarnya juga harus akurat. Misalnya ingin mencetak gambar ayam, tentu jangan sampai hasilnya terlihat seperti bebek. Jika bentuk aslinya kurus, tentu jangan sampai juga hasilnya tampak gendut atau lebih lebar.
Keakuratan gambar juga menjadi penentu kualitas kinerja jasa percetakan. Jika gambarnya tidak akurat tentu perlu diragukan cara kerja dari jasa terkait.
Biasanya desain memuat gambar dan teks. Tentu bukan hanya gambarnya yang harus tampak jelas, namun juga teksnya. Anda perlu memastikan digital printing dapat mencetak teksnya secara jelas.
Kejelasan teks adalah standar kualitas yang tidak boleh diabaikan. Coba bayangkan jika ada huruf “J” yang sebagiannya tampak pudar lantas terbaca “I”, bukankah akan sangat mempengaruhi makna tulisan?
Apabila memesan layanan berupa media tahan air seperti plastik atau vinyl tentu tintanya juga harus tahan air. Jangan sampai tintanya langsung larut begitu terkena air. Sudah pasti tampilannya nanti menjadi rusak.
Misalnya memesan label kemasan berbahan plastik di tempat digital printing. Maka, hasil cetakan label kemasan harus tahan air. Sehingga gambar maupun teks yang ada tidak akan mudah larut oleh air.
Setiap konsumen tentu berhak mendapatkan pelayanan terbaik dari jasa percetakan. Berikut ini beberapa aspek yang bisa menunjukkan suatu jasa mempunyai pelayanan prima.
Jasa digital printing yang berpengalaman pasti dapat memberikan pelayanan prima bagi konsumen. Jadi, jangan mencari jasa percetakan abal-abal atau yang baru berdiri beberapa bulan sebelumnya.
Akan lebih baik memilih jasa dengan pengalaman beberapa tahun. Pengalaman panjang membentuk team jasa terkait menjadi lebih terstruktur dalam mencetak kebutuhan konsumen.
Pengalaman panjang juga akan menghindarkan team dari kesalahan kerja. Semakin panjang pengalaman tentu semakin terampil dalam bekerja sehingga tidak mudah melakukan kesalahan.
Jasa digital printing berkualitas sudah pasti akan melakukan peningkatan pelayanan secara terus menerus. Sejak awal berdiri harus terbuka dengan penilaian, saran dan masukan dari konsumen. Lantas menggunakannya sebagai bahan perbaikan kualitas pelayanan.
Biasanya jasa percetakan berkualitas juga menyediakan kolom khusus pada website bagi konsumen untuk menuliskan penilaian, saran atau masukan. Sehingga bisa dilakukan peningkatan pelayanan secara terus menerus tanpa henti.
Tentu lebih baik jika tersedia beragam pilihan produk digital printing. Bukan berarti jika jasa percetakan hanya menyediakan 1 produk lantas dianggap tidak berkualitas.
Semakin banyak produk yang disediakan, artinya jasa percetakan sudah banyak berkembang dalam bidang ini. Jadi sudah pasti mampu melayani konsumen dengan lebih baik.
Umumnya ketika jasa percetakan baru dirintis, akan dimulai dengan menghadirkan produk terbatas. Setelah berjalannya waktu mulai ditambahkan produk lagi. Sehingga varian produknya semakin beragam.
Beragamnya varian produk juga menunjukkan kemauan untuk mengikuti perkembangan zaman. Termasuk mengikuti permintaan konsumen yang terus bertambah.
Setiap konsumen pasti menginginkan pesanan segera diproses oleh pihak digital printing. Tidak mungkin ada yang menginginkan pesanannya ditunda. Oleh karenanya, percetakan yang berkualitas pasti berusaha mengerjakan pesanan dengan cepat.
Mengerjakan pesanan sesuai tenggat waktu yang disepakati dengan konsumen adalah komitmen penting. Tanpa adanya komitmen ini, risikonya konsumen kecewa dan tidak mau berlangganan.
Ada banyak hal akan mempengaruhi kecepatan pengerjaan pesanan. Mulai dari jumlah pesanannya hingga bagaimana rumitnya proses cetak. Jika pesanan Anda cukup banyak, tentu pengerjaannya nanti akan lebih lama dan ini adalah hal wajar.
Lantas bagaimana cara mengetahui digital printing tepat waktu atau tidak? Anda dapat mengamati testimoni konsumen sebelumnya. Melalui riset ini dapat mengetahui apakah jasa terkait mengerjakan pesanan sesuai tenggat waktu atau tidak.
Jasa percetakan berkualitas pasti menyediakan customer service yang selalu siap melayani konsumen kapan saja. Jadi, pastikan nomor telepon jasa pilihan Anda selalu aktif.
Mungkin terkait customer service ini terkesan sebagai aspek sepele. Padahal, jika sedang dalam kondisi mendesak, hal ini sangat membantu. Selalu aktifnya nomor telepon juga menunjukkan komitmen untuk memenuhi kebutuhan konsumen setiap saat.
Jasa percetakan terbaik pasti mempunyai reputasi yang baik dalam industri ini. Jika jasanya sudah berdiri cukup lama, biasanya mempunyai banyak ulasan positif dari konsumen sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan betapa handalnya digital printing.
Reputasi juga menunjukkan kemampuan memberikan hasil cetak yang memuaskan bagi konsumen. Jadi jangan mengabaikan reputasi sebagai aspek penentu kualitas pelayanan.
Jasa percetakan berkualitas umumnya menghadirkan harga terjangkau untuk konsumennya. Sehingga konsumen mendapatkan hasil cetak terbaik dengan biaya sedikit.
Garansi adalah jaminan yang diperoleh konsumen ketika menggunakan suatu jasa. Tentu ini menjadi standar kualitas yang penting dalam industri percetakan. Ini dia beberapa manfaat yang bisa diperoleh konsumen jika ada garansi.
Adanya garansi akan melindungi Anda ketika ada kecacatan tersembunyi pada hasil cetak. Melalui garansi, bisa meminta jasa percetakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu penanganan masalahnya akan disesuaikan dengan persyaratan dan ketentuan pihak cetak.
Melalui adanya garansi digital printing, konsumen akan lebih mudah mendapatkan haknya. Garansi menjadi komitmen untuk menghadirkan kompensasi yang dibutuhkan.
Ketika ada garansi, konsumen bisa merasakan ketenangan. Sebab mengetahui produk terjamin apabila ternyata ada kecacatan atau kerusakan. Garansi juga dapat menjadi acuan bagi konsumen ketika ingin berlangganan.
Di dunia ini pasti ada penipuan berkedok jasa tertentu, misalnya percetakan. Konsumen bisa terhindar dari penipuan ketika memilih jasa percetakan yang menawarkan garansi. Garansi menunjukkan komitmen untuk menghadirkan produk asli dan terbaik.
Jadi, garansi lebih dari sekedar layanan tambahan dari suatu perusahaan. Garansi adalah bukti tidak akan mengecewakan atau membohongi konsumen.
Ketika ada garansi, Anda bisa lebih menghemat uang. Sebab, apabila ternyata produknya ada kecacatan bisa meminta pertanggungjawaban digital printing. Masalah dapat diatasi tanpa harus mengeluarkan banyak uang.
Bayangkan jika mencetak 500 lembar label kemasan lalu ternyata ada 100 lembar yang ternyata desainnya terpotong. Anda bisa meminta pihak percetakan bertanggungjawab tanpa mengeluarkan banyak uang.
Garansi menjadi jaminan kualitas produk yang disediakan oleh digital printing. Melalui garansi, secara tidak langsung diupayakan untuk menghadirkan produk berkualitas terbaik. Sehingga memperoleh feedback positif juga dari konsumen.
Jasa percetakan dapat melakukan evaluasi jika ternyata hasil cetak kurang memuaskan. Melalui evaluasi rutin, dipastikan konsumen selalu mendapatkan produk dengan kualitas tinggi.
Jasa percetakan berkualitas sudah tentu menghadirkan layanan online bagi konsumen. Sehingga konsumen bisa memesan cetak produk cukup melalui smartphone. Ini dia beberapa manfaat layanan online bagi konsumen.
Salah satu manfaat layanan online ialah menghemat waktu. Konsumen bisa mempersingkat waktu dari antrian panjang. Cukup memesan melalui smartphone, tidak perlu antre di lokasi.
Manfaat berikutnya ialah bisa melakukan pemesanan kapan saja. Melalui layanan online, konsumen dapat memesan layanan cetak kapan saja sesuai kebutuhan.
Terutama jika jasa percetakan buka selama 24 jam. Maka, kapan saja konsumen membutuhkan layanannya cukup menghubungi melalui smartphone.
Seandainya jasa terkait tidak buka selama 24 jam, konsumen tetap bisa mengirim pesan. Nantinya, customer service dapat membuka pesannya setelah jam kerja.
Bukan hanya hemat waktu, layanan online juga menghemat biaya, khususnya biaya transportasi. Konsumen tidak perlu repot mengisi bensin kendaraan untuk pergi ke kantor jasa percetakan.
Pemesanan cukup dilakukan menggunakan smartphone. Bahkan dapat juga berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memesan layanannya. Tidak perlu bolak balik pergi ke lokasi digital printing.
Misalnya saja sebuah jasa percetakan berlokasi di Jakarta. Melalui layanan online, konsumen dari luar Jakarta juga bisa melakukan pemesanan. Misalnya konsumen dari Yogyakarta, Surabaya, Solo atau lainnya.
Konsumen tidak perlu mengkhawatirkan jauhnya jarak. Nantinya jika hasil cetaknya sudah keluar, bisa dikirimkan melalui ekspedisi. Jadi tidak perlu repot datang langsung ke kantor percetakannya.
Adanya layanan online juga dapat mempermudah konsultasi. Misalnya saja ingin berdiskusi mengenai desain label kemasan yang cocok dengan brand. Atau ingin berdiskusi mengenai bahan label kemasan yang tidak mudah larut oleh air.
Jadi, konsumen bisa mendapatkan rekomendasi secara mudah dan praktis. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan melakukan pemesanan layanan cetak. Semuanya dapat dilakukan cukup menggunakan smartphone.
Layanan online dari digital printing tentu menjadikan order atau proses pemesanan layanan cetak jauh lebih sederhana. Hanya perlu order melalui smartphone, pesanan akan diproses sesuai kebutuhan.
Bandingkan dengan cara order manual. Harus datang dahulu ke lokasi percetakan. Bisa jadi lokasinya jauh sehingga membutuhkan waktu lama untuk sampai di lokasi. Masih ada risiko terjebak macet selama berkendara di jalan raya.
Jangan khawatir jika perlu layanan cetak secara mendadak. Bahkan jika pengerjaannya harus dilakukan dalam waktu cepat. Cukup memesan melalui smartphone, pesanan akan langsung diproses.
Nantinya hasil cetak boleh diambil di tempat percetakan. Boleh juga menggunakan ekspedisi untuk pengirimannya. Jadi Anda sama sekali tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan layanan cetak.
Umumnya jasa percetakan menampilkan harga secara transparan pada website atau sosial media. Jadi, apabila Anda ingin menggunakan layanan online, bisa mengetahui harganya secara transparan.
Dapat menyiapkan budget yang sesuai sebelum memesan jasanya. Tidak perlu takut akan ada biaya tersembunyi. Tentu hal ini terasa lebih aman daripada memilih digital printing tanpa layanan online.
Karena pemesanan layanannya dilakukan secara online, maka pembayarannya juga dapat dilakukan secara online. Tenang saja sebab pembayarannya terbilang mudah dan aman. Biasanya tersedia metode pembayaran menggunakan transfer bank.
Metode cashless sendiri sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk transaksi. Jadi, Anda juga bisa melakukannya ketika menggunakan jasa cetak sehingga lebih praktis.
Digital printing adalah solusi terbaik yang diperlukan oleh pemilik bisnis ketika ingin membuat label kemasan atau media promosi produk. Ada beberapa standar kualitas yang berkaitan dengan jasa percetakan.
Standar kualitas pertama adalah desain. Membuat perlu memperhatikan mode CMYK, vektor, resolusi 300DPI, memperhatikan desain warna hitam dengan komposisi CMYK, margin dan file final format PDF.
Standar berikutnya adalah mesin. Terdapat beberapa jenis mesin yang biasa digunakan. Mulai dari Inkjet printer, plotter machine, offset digital printing, flatbed digital printing, 3D printing hingga sablon digital.
Standar ketiga adalah hasil cetak. Beberapa aspek yang menentukan kualitas hasil cetak adalah presisi, tidak ada tinta yang berlebihan, kepekatan warna tepat, ketajaman gambar, keakuratan gambar, kejelasan teks dan ketahanan jika terkena cairan.
Pelayanan prima juga termasuk standar kualitas jasa percetakan. Aspek yang terkait pelayanan prima adalah berpengalaman, peningkatan terus menerus, produk beragam, durasi pengerjaan tidak lama, customer service selalu aktif dan reputasi.
Garansi adalah standar kualitas yang memberi manfaat untuk konsumen. Mulai dari melindungi konsumen, memberikan ketenangan, terhindar dari penipuan, hemat biaya dan jaminan kualitas produk.
Standar terakhir adalah adanya layanan online bagi konsumen. Beberapa manfaat layanan online adalah hemat waktu, dapat melakukan pemesanan kapan saja, hemat biaya, tidak terbatas lokasi, mempermudah konsultasi, order lebih sederhana dan proses lebih cepat.
Tidak perlu repot mencari percetakan digital. Cukup mengandalkan PT Kahar Duta Sarana. Kami adalah perusahaan percetakan dan printing label yang sudah memenuhi standar kualitas.
Percetakan adalah jasa yang membantu mencetak label kemasan, banner, kartu nama, brosur dan media promosi lain. Untuk mendapatkan jasa digital printing terbaik, perlu memperhatikan standar kualitasnya.
Kahar Duta Sarana
Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750
Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900
Email: e-sales@kahar.co.id
Website : https://kdslabel.co.id/
Standar kualitasnya adalah desain, mesin, hasil cetak, pelayanan prima, garansi dan layanan online.
Resolusi paling rendah yang sebaiknya digunakan untuk pencetakan ialah 300 DPI. Sementara monitor komputer biasanya mempunyai pengaturan tampilan 72 DPI atau 96 DPI.
Percetakan digital hanya membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan proses cetak. Sehingga prosesnya lebih cepat dan efisien.
One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.