background
background
Thursday, 6 February 2025 Artikel

15 Inspirasi Label Kemasan dari Brand Ternama Dunia

Label kemasan bisa memberikan daya tarik untuk suatu produk. Apakah produknya hendak dijual di toko fisik maupun toko online. Jika labelnya unik, sudah pasti produknya akan tampak lebih menonjol daripada milik kompetitor.

Pernyataan ini bukan sebuah omong kosong belaka. Sudah banyak brand ternama dunia yang menerapkan packaging unik untuk produk mereka. Hasilnya konsumen lebih mudah menemukan produknya dan berlangganan.

Lantas, bagaimana cara membuat packaging unik untuk produk? Mari simak inspirasi dari berbagai brand ternama dunia dalam artikel berikut.

Inspirasi Label Kemasan dari Brand Ternama

Membuat label produk memang bukan perkara mudah. Ini dia beberapa inspirasinya dari brand ternama dunia. Jadikan sebagai referensi pembuatan desain milik Anda.

1. Hershey’s

Anda pasti mengenal cokelat bermerek Hershey’s bukan? Hershey’s punya label kemasan ikonik yang terkesan unik dan sederhana. Kemasannya utamanya memuat gambar produk dan logo.

Membuat bungkus produk bukan berarti harus menggunakan desain rumit dan penuh gambar atau warna. Tidak harus menggunakan sampai 10 kombinasi warna dan puluhan gambar.

Melihat contoh dari Hershey’s, cukup mengutamakan logo dan gambar asli produknya. Cukup tambahkan beberapa warna jika ingin tampilannya tidak terlalu polos.

Hershey’s mempunyai keunikan dari segi konsep kemasannya. Bentuknya mirip bungkus kertas cokelat bergaris. Konsep ini terbilang unik dan spesial.

Walaupun desainnya terkesan sangat sederhana, Hershey’s berhasil membuat konsumen mengenali dan mengingatnya dengan mudah. Jika memperhatikan rak di toko, mungkin Anda juga mudah melihat Hershey’s yang tampak menonjol karena kesederhanaannya.

2. Love, Beauty and Planet

Love, Beauty and Planet adalah brand kecantikan yang menerapkan label kemasan unik dan menarik. Labelnya terkesan sederhana akan tetapi cukup efektif dalam menarik minat konsumen untuk membeli produknya.

Packaging Love, Beauty and Planet menampilkan logo yang tidak sulit untuk diingat konsumen. Kemasannya memuat suasana alam atau natural. Menunjukkan bahwa brand mempunyai minat tinggi pada keberlangsungan lingkungan.

3. Tony Moly

Tony Moly juga termasuk brand kecantikan yang cukup populer. Tony Moly lebih berfokus pada konsep lucu. Sebagian besar kemasannya menampilkan gambar hewan dan buah-buahan.

Tidak hanya gambarnya lucu, beberapa kemasannya bahkan berbentuk mirip hewan. Jadi, packaging Tony Moly terkesan lucu, imut, unik dan tentu saja menarik bagi konsumen.

Karena label kemasan Tony Moly begitu lucu dan unik, tentu konsumen lebih tertarik untuk membeli produknya. Mungkin ketika melihatnya sendiri di rak toko Anda juga penasaran untuk mencoba produknya.

4. RXBAR

Apakah membuat desain packaging harus menggunakan banyak gambar? RXBAR membuktikan bahwa desain sederhana sudah cukup untuk menarik minat konsumen.

Pada bagian depan packaging, RXBAR bahkan sama sekali tidak menampilkan foto produk. Hanya ada satu gambar sederhana di bagian pojok bawah. Desainnya memuat kandungan atau bahan produknya.

RXBAR menggunakan font berukuran besar dan mudah dibaca secara jelas. Konsumen bisa langsung tahu seluruh kandungan produknya. Ini adalah label kemasan minimalis, unik dan kreatif.

5. Jif Peanut Butter

Jika ingin membuat packaging berwarna cerah, Jif Peanut Butter adalah inspirasi yang cocok. Jif Peanut Butter termasuk produk makanan yang menggunakan label produk warna cerah pada kemasannya. Ditambah juga gaya tipografi unik yang terasa segar.

Menggunakan perpaduan warna merah, biru dan hijau. Desain label kemasan Jif Peanut Butter berhasil menarik minat konsumen untuk membeli produknya. Packagingnya sangat menonjol dibandingkan dengan merek lain.

6. Blue Apron

Blue Apron menampilkan foto dari produknya sendiri pada packaging. Karena berupa makanan, foto ini tentu dapat menarik minat konsumen. Konsumen dapat membayangkan seperti apa bentuk produknya sehingga menggugah selera makan.

7. Nike

Nike termasuk brand terkenal khususnya dalam industri perlengkapan olahraga. Boleh juga menganggapnya sebagai brand fashion populer di dunia. Banyak orang sudah menggunakan Nike, termasuk masyarakat Indonesia.

Nike memproduksi berbagai sepatu olahraga yang bukan sekedar berkualitas. Sepatu dan label kemasan Nike terbilang ikonis serta sangat terkenal di berbagai negara. Ada Amerika, Eropa, Asia sampai Afrika.

Packaging dari Nike mempunyai tema kesederhanaan, keberlanjutan dan kemudahan penggunaan. Bahan kemasannya dibuat dari kardus ulang dan bisa didaur ulang. Kemasan ikoniknya menampilkan tanda centang dengan latar belakang warna orange polos.

Nike bukan hanya menghadirkan label kemasan keren. Nike juga mencoba eksperimen memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologinya dimanfaatkan dalam aplikasi smaprtphone bernama Nike Fit.

Melalui Nike Fit, konsumen dapat memindai kaki sehingga mendapatkan informasi ukuran sepatu yang cocok. Jadi, konsumen tidak akan salah membeli ukuran sepatu lagi. Tentu terasa sangat rugi jika sudah membeli sepatu Nike namun ternyata ukurannya tidak cocok.

Fitur pada aplikasinya akan membantu mengukur ukuran kaki mengandalkan kamera smartphone. Kameranya berguna untuk memindai kaki, lantas akan muncul informasi ukuran sepatu Nike yang cocok.

Nike Fit tidak memerlukan waktu lama untuk bekerja, kira-kira 1 menit. Jika sudah mendapatkan informasi ukuran sepatunya, konsumen bisa membeli sepatu dengan lebih mudah.

8. Jack Daniel

Jack Daniel punya packaging ikonik berupa botol berbentuk kotak. Sementara label kemasannya berwarna hitam dengan logo Jack Daniel berukuran besar. Kemasannya tampak begitu elegan.

Jack Daniel termasuk brand paling ikonik dalam industri minuman beralkohol. Jack Daniel bukan sekedar fokus pada pembuatan desain label kemasan keren. Jack Daniel juga mulai mengaplikasikan teknologi Augmented Reality (AR) pada kemasannya.

Ketika membeli minuman beralkohol Jack Daniel, seorang konsumen bisa menyorot label pada botolnya dengan kamera ponsel menggunakan aplikasi bernama AR Jack Daniel. Nantinya bisa mendapatkan pengalaman menarik dari teknologi Augmented Reality (AR) ini.

Konsumen dapat menikmati berbagai pengalaman menarik. Yakni menonton cerita terkait sejarah awal nama Jack Daniel, bagaimana terjadinya penyulingan minuman beralkohol sampai tur ke markas brand ini di Lynchburg, Tennessee.

9. Coca Cola

Anda pasti sudah hapal dengan label kemasan Coca Cola, bukan? Coca-Cola identik dengan warna merah. Warna merahnya sudah ditentukan sejak pertama kali minuman soda ini diproduksi.

Di masa sekarang, cukup melihat warna merahnya saja sudah dapat diketahui jika itu produk Coca-Cola. Ditambah dengan logo besar pada kemasannya semakin memudahkan konsumen untuk menemukan produknya.

Coca Cola juga menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) pada label kemasan. Tersedia film animasi di kaleng minumannya. Konsumen bisa menghidupkan kaleng Coca Cola menjadi animasi 3D yang tampak menarik.

Setiap kaleng Coca Cola mempunyai kode unik khusus. Tersedia total 12 cerita yang dapat konsumen pindai mengandalkan kamera AR. Setiap ceritanya akan memuat konflik pada animasinya.

Adanya tawaran pengalaman hiburan visual ini bukan hanya menarik bagi orang dewasa. Anak-anak juga bisa menikmatinya. Jadi, muncul emosi positif terhadap merek Coca Cola.

10.Pepsi

Jika Coca Cola identik dengan warna merah, Pepsi punya packaging khas berwarna biru. Anda juga dapat menemukan logo besar Pepsi pada label kemasan.

Pepsi juga menawarkan pengalaman unik pada konsumennya. Mengandalkan teknologi Augmented Reality (AR), konsumen bisa menikmati tayangan cerita melalui Instagram di smartphone.

Pepsi menyematkan kode QR pada lebih dari 200 packaging produk. Termasuk varian Pepsi, Diet Pepsi dan Pepsi Zero Sugar. Konsumen cukup memindai kode QR menggunakan Instagram untuk menikmati fitur Augmented Reality dari Pepsi.

11. L’oreal

L’oreal mengusung label kemasan yang sederhana dan elegan. Menekankan logo mereka pada packaging tanpa menambahkan banyak elemen desain. Tampilan terkesan bersih dan bisa menarik minat konsumen untuk membelinya.

L’oreal juga tidak ketinggalan mengadopsi teknologi Augmented Reality (AR). Konsumen bisa menikmatinya dengan dukungan ModiFace pada platform Amazon.

Melalui katalog produk Amazon, konsumen dapat menguji beragam tipe lipstik di foto maupun video live. Mencoba lipstik cukup menggunakan kamera pada smartphone dengan mengarahkannya ke wajah.

12.Tiffany & Co.

Tiffany & Co. membuat perhiasan cantik dengan berlian. Berliannya diolah dengan sangat baik sehingga hasilnya sangat disukai oleh konsumen.

Ada banyak produk perhiasan mewah dari Tiffany & Co., mulai dari cincin, kalung hingga gelang. Perhiasan bukan sekedar dianggap produk untuk mempercantik penampilan. Konsumen juga menganggapnya sebagai investasi.

Bukan hanya menghadirkan perhiasan cantik dan berkualitas tinggi. Tiffany & Co. juga menyediakan label kemasan menarik untuk konsumennya. Packagingnya berupa kotak warna biru yang sangat ikonik.

Packaging berupa kotak berwarna biru Tiffany & Co. mungkin tampak sederhana. Namun, kesan elegannya mampu menarik minat konsumen untuk membeli perhiasan mewah Tiffany & Co..

Tiffany & Co. menunjukkan bahwa bisnis tidak membutuhkan label kemasan rumit. Cukup dengan desain sederhana sudah cukup efektif menarik minat konsumen.

Kotak biru kecil dengan pita dari Tiffany & Co. lebih dari sekedar wadah untuk menampung perhiasan mewah. Banyak orang bahkan membeli kemasan kosongnya sebagai koleksi.

13.Chanel

Chanel termasuk brand fashion mewah populer di dunia dan asalnya dari Prancis. Perintisnya adalah Gabrielle “Coco” Chanel ketika tahun 1909.

Awalnya, Chanel memproduksi setelan wol boucle, parfum dan tas kulit. Chanel menawarkan desain yang timeless dan bertahan menjadi tren hingga masa modern.

Chanel menawarkan keanggunan gaya Paris pada pakaiannya. Baju yang begitu cocok untuk perempuan modern. Mirip dengan gaun hitamnya, Chanel membuat label kemasan berwarna hitam dan putih.

Bukan hanya gaun hitam dari Chanel yang terkenal namun juga kemasannya. Chanel menciptakan tas kemasan produk dengan hiasan bunga Camelia putih. Ini adalah bunga kesukaan Coco Chanel.

Karena kemasannya cukup ikonik, banyak konsumen mengoleksinya. Jadi lebih dari sekedar mengoleksi produk fashion mewah Channel. Tentu sangat menarik karena konsumen sangat menyukai kemasannya.

14.Gucci

Gucci ialah brand fashion mewah terkenal dunia yang pendirinya bernama Guccio Gucci. Gucci dibuat ketika tahun 1920 di Italia dan masih bertahan hingga sekarang. Gucci dapat mengikuti perkembangan fashion di masa modern.

Sebagai brand fashion mewah, Gucci bukan hanya membuat desain produk yang memesona. Gucci juga memperhatikan desain label kemasan secara cermat.

Packagingnya yang tampak mewah dapat dinikmati oleh konsumen. Ada desain debossing dalam packaging Gucci. Disematkan logo dengan proses foil stamping metalik. Sehingga logonya tampak begitu menonjol.

Selain menawarkan kemewahan, Gucci juga mengutamakan keberlangsungan lingkungan. Gucci menggunakan packaging berbahan kertas yang diberi pewarna dari hutan bersertifikat FSC.

15.Burberry

Burberry juga termasuk brand fashion mewah dunia. Pendirinya bernama Thomas Burberry. Didirikan ketika tahun 1856 dan sampai sekarang sudah mendapat banyak konsumen, termasuk pada selebriti.

Jika Anda mengenal Rihanna, Carey Mulligan atau Madonna, mereka adalah pelanggan produk Burberry. Burberry menyediakan beragam produk mulai dari baju, kosmetik, aksesori hingga parfum.

Burberry punya motif ikonik berupa tartan Haymarket Check. Jika melihat motif ini, konsumen dapat langsung teringat dengan brand Burberry.

Brand fashion mewah Burberry juga menciptakan label kemasan yang tidak kalah mewah. Kemasannya memiliki lambang kerajaan, dicetak dengan foil panas berwarna emas. Hasil cetakannya terbilang detail dan halus.

Pada bagian bawah lambang kerajaan, ada huruf Burberry. Cahaya bisa terpantul pada lambang dan huruf tersebut menjadikannya tampak begitu mewah.

Kesimpulan

Label kemasan bermanfaat memberikan daya tarik untuk suatu produk baik itu produknya dijual di toko fisik maupun toko online. Jika labelnya unik, sudah pasti produknya akan tampak lebih menonjol daripada milik kompetitor.

Ada banyak inspirasi desain packaging dari berbagai brand ternama dunia. Ada Hershey’s yang punya packaging sederhana berisi gambar produk dan logo. Love, Beauty and Planet menampilkan packaging bernuansa alam atau natural.

Tony Moly lebih berfokus pada packaging dengan konsep lucu yang menampilkan gambar hewan dan buah-buahan. RXBAR hanya menampilkan satu gambar sederhana dan daftar kandungan atau bahan produknya.

Jif Peanut Butter menggunakan warna merah, biru dan hijau pada kemasannya ditambah dengan gaya tipografi unik. Blue Apron mengutamakan foto dari produknya sendiri pada packaging.

Nike menampilkan tanda centang dengan latar belakang warna orange polos pada kemasannya. Jack Daniel punya packaging ikonik berwarna hitam dengan logo Jack Daniel berukuran besar.

Coca-Cola identik dengan warna merah dan logo besar pada kemasannya. Sementara Pepsi punya packaging khas berwarna biru dan logo besar Pepsi.

L’oreal mengusung packaging sederhana dan elegan dengan menekankan logo tanpa menambahkan banyak elemen desain. Tiffany & Co. menggunakan packaging berupa kotak berwarna biru yang sangat ikonik.

Chanel membuat packaging berwarna hitam dan putih dengan hiasan bunga Camelia putih. Packagingnya Gucci menggunakan desain debossing dengan logo. Sementara Burberry menciptakan packaging mewah dengan lambang kerajaan berwarna emas.

Tidak harus repot jika ingin membuat packaging unik seperti 15 brand ternama dunia di atas. Cukup menyerahkan urusan desain sampai cetak kemasan di perusahaan percetakan dan printing label PT Kahar Duta Sarana. Anda bisa menghubungi kami di 021-8711-266. 

Berbisnis tidak boleh hanya memikirkan tampilan produk namun juga tampilan kemasannya. Jika bingung bagaimana cara membuat desainnya, cukup dapatkan inspirasi label kemasan dari berbagai brand ternama di dunia.

Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

1. Apa saja 15 inspirasi label kemasan dari brand ternama dunia?

Ada Hershey’s, Love, Beauty and Planet, Tony Moly, RXBAR, Jif Peanut Butter, Blue Apron, Nike, Jack Daniel, Coca Cola, Pepsi, L’oreal, Tiffany & Co., Chanel, Gucci dan Burberry.

2. 5 langkah dalam mendesain kemasan?

Ada beberapa langkah sederhana dalam hal ini, yakni memahami produk dan target pasar, mengenali produk dengan baik, menetapkan informasi penting, menentukan warna, font, dan gambar, terakhir merancang desain yang sederhana dan fungsional.

3. Bagaimana tips membuat kemasan yang menarik?

Tips merancang desain kemasan produk yang bagus dan menarik adalah menyesuaikan konsep dengan target konsumen dan menciptakan keunikan sesuai citra brand. Tidak lupa menambahkan elemen grafis agar menarik.

 

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.