background
background
Monday, 13 January 2025 Artikel

15 Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Label

Keberadaan label adalah penting bagi setiap perusahaan maupun produk. Apalagi menjadi bagian untuk branding atau periklanan pada produk Anda. Jika sudah memakainya menjadi kelihatan lebih profesional dan mampu menarik perhatian.

Sebenarnya banyak orang memahami jika fungsinya membantu memberi informasi mengenai produk. Bedanya dengan kemasan yakni bukan menjadi penyampai pesan dari perusahaan. Sebaliknya memberi informasi mengenai produk tersebut.

Label adalah bagian yang berisi daftar komposisi, ingredients dan sejenisnya. Selain itu terdapat informasi khusus di mana mungkin dibutuhkan. Misalnya di Indonesia disediakan informasi barang dari kategori halal atau haram.

Apabila terdapat informasi yang mungkin membahayakan kesehatan juga perlu ditambahkan. Dalam era bisnis masa kini, keberadaannya tetap diwajibkan. Terutama karena banyak standar atau aturan akan meminta detail pada kemasan.

Hal Penting Tentang Label yang Wajib Anda Ketahui

Untuk Anda yang belum terlalu umum menggunakan label, tentu harus mengenali lebih banyak mengenainya. Terutama untuk mendapatkan informasi lengkap sebelum memakainya. Berikut hal penting dan perlu dipahami mengenai label:

 

1. Mengenal Apa Itu Label

 

Label adalah komponen dalam kemasan dengan isi detail keterangan lengkap. Bentuknya dapat berupa gambaran maupun kata-kata tergantung desainnya. Untuk keberadaannya penting agar informasi atau penjualan barang dapat diberikan.

Karena keberadaan informasi inilah Anda mampu menyampaikan berbagai informasi dengan baik. Calon konsumen maupun konsumen lama akan memahami barang lebih teliti. Bahkan merasa senang dan tenang karena informasi tersebut.

Anda dapat memberi penjelasan detail soal brand, logo, legalitas, kode kemasan maupun kualitas. Label pada makanan, minuman, makeup hingga kerajinan tangan. Kehadirannya dapat membantu penjual maupun pembeli.

Kegunaannya krusial karena menjadi penanda untuk memberi detail tanpa harus menjelaskan. Penyusunannya berbeda-beda tergantung perusahaan maupun jenis barangnya. Tapi harus tersaji padat, singkat, detail sekaligus lengkap.

 

2. Pengertian Label Menurut Ahli

 

Selain pengertian secara umum, terdapat beberapa pengertian menurut ahli. Pastinya dapat menjadi perhatian karena terdapat beberapa poin unik dan berbeda. Untuk pengertian berdasarkan ahli soal label adalah:

  • Marinus (2002:192), akan menjadi bagian yang tidak terlepaskan untuk kemasan produk. Informasi yang dimuat di dalamnya berkaitan dengan data verbal soal produk atau produsen. Informasi verbal perlu dijelaskan dengan tepat.
  • Kotler (2000:477), desainnya menggunakan tampilan sederhana pada produk maupun gambar. Tapi rancangannya rumit karena menjadi kesatuan informasi secara keseluruhan. Umumnya hanya tercantum merek atau informasi saja.
  • Tjiptono (1997:107), yaitu sebagai bagian kemasan yang memberikan beragam informasi soal produk atau penjualnya. Dikatakan sebagai bagian penting untuk kemasan. Kemudian menjadi tanda pengenal yang perlu dicantumkan.
  • Swasta (1984:141), label adalah komponen kemasan dengan gambaran maupun kata-kata detail mengenai produk. Bisa menjadi bagian pembungkus tersebut secara langsung. Tapi bisa juga hanya menempel sebagai suatu etiket.

Sebenarnya masih banyak beberapa pendapat lainnya dari ahli terpercaya dalam bidang pelabelan. Meski begitu keempat pengertian tersebut menjadi terbilang paling banyak dipakai. Terutama karena makna dan nilainya sangat baik.

Berdasarkan pengertian setiap ahli, bisa disimpulkan fungsinya bisa dipakai sebagai klasifikasi kepemilikan pada perdagangan. Tidak heran jika produsen jangan sampai melupakan untuk membuatnya sebelum mendistribusikan produk.

 

3. Fungsi Label

 

Saat ini penggunaan umum label adalah sebagai informasi terpenting pada setiap kemasan. Tapi sebenarnya banyak yang dipakai juga untuk branding atau iklan. Berikut beberapa fungsi terpenting label yang bisa dimanfaatkan:

  • Informasi dapat digunakan untuk menunjukkan kelas atau grade suatu produk. Nantinya kualitas dapat dibedakan menjadi kelas atas, menengah sampai bawah. Tentu memastikan konsumen dapat meraih produk dari kebutuhannya.
  • Informasi dapat dimanfaatkan sebagai penggambar informasi sekaligus nilai suatu barang. Wajar terdapat nama produsen, tempat produksi, komposisi hingga cara pemakaian. Semakin banyak informasinya, lebih baik bagi konsumen.
  • Label adalah petunjuk untuk mengidentifikasi brand, merek atau pabrikan tertentu. Setiap kemasan memiliki desainnya sendiri sehingga berbeda-beda. Bahkan banyak brand bersaing membuat desain terbaik agar menonjol.
  • Anda dapat membuat desain dengan menambahkan gambar atau logo. Tentu memiliki tujuan menambahkan visual keren sehingga menarik. Penambahan gambar dapat disesuaikan dengan tema atau nilai barang Anda sendiri.

 

4. Tujuan Label

 

Kemasan diwajibkan memiliki detail bukannya tanpa sebab. Melainkan membantu perusahaan maupun konsumen mendapatkan apa target diinginkan. Sebenarnya tujuan penggunaan label adalah untuk membantu beberapa hal seperti:

  • Berguna sebagai sarana berkomunikasi produsen bersama para konsumennya. Terutama berkaitan dengan informasi yang harus konsumen pahami. Misalnya mengenai bahan pembuatan produk atau bagaimana cara memakainya.
  • Dapat digunakan sebagai sarana periklanan terbaik untuk bisnis Anda. Apalagi dapat dibuat menggunakan desain menarik, warna cantik serta logo unik. Tentu membuat pelanggan tertarik sehingga membeli atau menjadi pelanggan loyal.
  • Label adalah bagian penting pada kemasan karena memberi petunjuk dengan tepat. Tujuannya mendorong konsumen meraih benefit maksimal dari produk. Terutama karena berhasil menggunakannya sesuai dengan saran.
  • Tujuan selanjutnya yaitu dapat memberikan rasa aman untuk konsumen sebelum memakai produk. Apalagi disertai informasi yang dibutuhkan masing-masing konsumen. Artinya tidak berisiko karena diinformasikan secara detail.
  • Dapat menerima informasi tanpa membuka atau membeli kemasan produk. Banyak produk memiliki kemasan sekunder sebagai tambahan pada bagian luar. Bagian inilah yang dapat ditempelkan detail sebagai tempat informasi.

    5. Jenis-jenis Label

 

 

Faktanya label adalah informasi yang dibutuhkan oleh konsumen sebelum mulai menggunakan produk. Tapi sebenarnya jenisnya bukan hanya ada satu. Melainkan bisa diklasifikasikan sebagai beberapa jenis berbeda antara lain:

  • Label merek, biasanya berbentuk merek atau logo sebagai wajah utamanya. Manfaatnya memberikan identitas dan pembeda pada produk tersebut. Artinya harus disertai dengan ciri khas atau desain original sehingga berbeda.
  • Label produk, sesuai dengan namanya berisi tentang informasi selengkap mungkin dari produk. Misalnya pada makanan dilengkapi komposisi, bahan, gizi dan sebagainya. Tentu disertai juga legalitas sampai tanggal kedaluwarsa.
  • Label deskripsi, sebenarnya termasuk jenis yang paling banyak ditemukan pada semua produk. Descriptive label adalah informasi petunjuk mengenai produk. Mulai dari ciri-ciri, tata cara penggunaan sampai tata cara penyimpanan.
  • Label tingkat, memberi informasi berkaitan dengan mutu produk. Manfaatnya penting karena memudahkan konsumen melihat apa grade dan tingkatan produk. Biasanya dapat menemukannya dipakai industri perangkat wearable.

Setiap jenis tersebut memiliki fungsi berbeda-beda sehingga harus tepat. Anda perlu menyesuaikan penggunaannya agar dapat memberikan dampak paling signifikan pada bisnis. Selain itu tidak menyalahi ketentuan atau aturan produksi.

 

6. Hal Wajib Dalam Label Produk

 

Pemerintah telah mengatur ketentuan informasi yang perlu dimasukkan dalam suatu produk. Tentu melewati registrasi sehingga resmi dan terjamin asli. Untuk beberapa informasi terpenting yang ditambahkan pada label adalah:

  • Nama produk, setiap produk harus dilengkapi dengan nama untuk membedakan. Tentu dapat menjadi keterangan identitas serta menunjukkan sifat atau keadaan produknya. Pastinya nama harus terdaftar secara resmi dan menjadi kewajiban.
  • Nama dan alamat pabrik, keterangan ini tidak boleh dilupakan pada produk. Apalagi menjadi informasi pihak yang memproduksi maupun memasukkan dalam kemasan. Termasuk menginformasikan pihak pengedarnya ke pasaran.
  • Komposisi dan nilai gizi, keduanya menjadi bagian terpenting yang pasti diminta konsumen. Komposisi berupa daftar bahan yang dipakai dan diurutkan dari material terbanyak. Sedangkan nilai gizi ditambahkan dengan registrasi.
  • Kode produksi, menjadi informasi terjamin selalu ada sebagai identifikasi atau data penting. Kode produksi menjadi identifikasi batch produk yang dibuat sehingga ada tanggal, bulan atau tahunnya.
  • Penyajian dan penyimpanan pangan, berkaitan dengan bagaimana cara penggunaan hingga penyimpanan. Label adalah bagian di mana harus bisa membantu edukasi konsumen sehingga memanfaatkan produk dengan optimal.
  • Berat bersih, memasukkannya sebagai informasi wajib dibutuhkan sebagai data paling dibutuhkan pelanggan. Untuk produk cair, semi cair atau padat akan dibedakan satuannya. Tentu petunjuknya harus benar dan tidak kurang.
  • Nomor pendaftaran produk pangan, sebenarnya dapat dibedakan untuk produk dari dalam atau luar negeri. Tergantung dengan pemasarannya harus disesuaikan sehingga benar menurut aturan negara terkait.
  • Masa berlaku, menjadi informasi penting yang perlu dimasukkan sebagai tanda produknya masih bermutu. Tentu disebut juga tanggal kadaluarsa pada suatu produk. Apabila tidak memasukkannya, bisa membahayakan bagi sang konsumen.

    7. Manfaat Label Untuk Produk dan Bisnis

 

 

Hadirnya detail akan memberikan perbedaan keuntungan untuk produsen maupun konsumen. Apalagi sama-sama membantu mengambil keputusan dengan bijak dan tepat. Label adalah memberi perubahan untuk produk atau bisnis seperti:

  • Berisi informasi agar memudahkan pelanggan memahami produk. Bukan hanya berbentuk kalimat melainkan disertai dengan desain grafis agar mudah mengingatnya. Kelengkapannya harus baik dan disertai keterbacaan optimal.
  • Desainnya membantu konsumen mempertahankan keselamatan atau kesehatan selama menggunakan produk. Informasinya menghindarkan resiko atau masalah lainnya. Misalnya informasi mengandung alergen atau tidak cocok bagi anak.
  • Mendukung branding atau pemasaran karena berisi informasi yang sangat lengkap. Konsumen mudah mengenali produk karena berbeda dari kemasan lain. Tingkat kepuasan pasar juga meningkat dan membuat produk lebih diingat.
  • Saat ini label adalah bagian untuk naik kelas karena bukan sekedar informasi atau data. Manfaatnya lebih bagus dalam menarik perhatian calon pembeli. Tampilannya selalu eye-catching sehingga membuat konsumen penasaran.
  • Desainnya bisa membantu melakukan pelacakan karena dapat disertai barcode. Konsumen lebih mudah memahami originalitas produk yang akan dibeli. Selain itu alur distribusi, banyak penjualan atau perhitungan stok lebih baik.
  • Dapat membantu memberi informasi jika produk telah sesuai dengan regulasi khusus. Tentu berkaitan erat dengan produk atau jenis yang Anda buat. Misalnya regulasi mengenai produk halal, lingkungan dan sejenisnya.

Bisnis maupun konsumen sama-sama diuntungkan karena berkomunikasi lancar walaupun tidak secara langsung. Kemudahan memastikan kesesuaian produk bagi konsumen menjadi lebih mudah dengan dukungan informasi mendetail.

Upgrade bisnis tidak hanya dilakukan dengan meningkatkan kualitas bahan material atau alat produksinya. Melainkan hubungan bersama konsumen perlu dijalin dengan baik. Memberi informasi merupakan suatu kunci yang mendatangkan sukses.

 

8. Aspek Penting Saat Membuat Label

 

Seperti yang Anda ketahui jika label adalah komponen penting untuk kemasan. Tidak heran jika pembuatannya harus diperhatikan dengan baik. Anda harus memperhatikan beberapa aspek termasuk dalam pemilihan perangkat lunaknya.

Anda bisa mengandalkan CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan sejenisnya. Jika ingin membuatnya sendiri harus memilih yang paling dikuasai. Tujuannya supaya lebih nyaman dan bisa menghasilkan desain berkualitas.

Dalam proses desain, harus memperhatikan aspek pemilihan warna yang diinginkan. Perannya besar karena mempengaruhi ketertarikan audiens maupun konsumen. Pemilihannya harus mempertimbangkan makna atau nilai perusahaan.

Saat ini label adalah juga dapat digunakan sebagai wajah bagi bisnis Anda. Apabila merasa kesulitan menentukannya, dapat mencari secara online. Tentu dapat memanfaatkan sebagai ide inspirasi sebelum memilih yang terbaik.

Selain warna, bahan pembuatan juga dapat dijadikan sebagai perhatian besar. Orang mempertimbangkan warna emas, perak atau putih karena cukup eye-catching. Saat membandingkannya bersama kemasan produk lain juga lebih menonjol.

Aspek lainnya yang perlu dipahami yaitu mengenai nama produk atau perusahaan. Pastikan selalu menggunakan desain konsisten supaya pelanggan tidak merasa bingung. Kalau ingin mengubah desain lama usahakan tidak terlalu berbeda.

 

9. Tips Membuat Label Agar Sesuai Standar

 

Manfaat label adalah sebagai pemberi informasi sampai melindungi konsumen membuatnya punya peran luar biasa. Anda yang ingin memakainya dapat membuat dengan mudah. Berikut beberapa tips pembuatan produk yang perlu diikuti:

  • Tentukan jenis desain yang ingin dipakai karena jenisnya banyak. Berbagai jenis tersebut memiliki fungsi serta manfaatnya masing-masing. Ketahui dulu tentang produk Anda agar mampu memilih jenis desainnya dengan bijak.
  • Mulailah memilih ukuran atau bentuk desain yang diinginkan. Ukuran atau bentuk desain perlu disesuaikan kembali dengan kemasan dan produknya. Panjang atau lebarnya dapat diperhitungkan melalui perangkat lunak desain.
  • Membuat desain yang akan digunakan untuk informasi tersebut. Jangan lupa menambahkan informasi relevan berkaitan dengan produk jualan. Nantinya perlu disusun dengan sempurna sehingga setiap informasi bisa dicantumkan.
  • Manfaatkan software desain untuk membuat desain grafis impian Anda. Pada dasarnya label adalah produk percetakan yang mudah membuatnya. Apalagi dibantu dengan software yang bahkan memiliki contoh atau template melimpah.
  • Apabila sudah memutuskan desain yang akan dipakai, proses mencetaknya dapat segera berlangsung. Pastikan agar memilih printer dan bahan material terbaik. Sebelumnya dapat membuat satu dulu sebagai sample agar sempurna.
  • Anda dapat melanjutkan mencetak semua bahan sesuai kebutuhan. Kemudian dapat memasangnya segera pada kemasan produk yang dimiliki. Jangan lupa untuk memasangnya serapi mungkin dan memastikan keterbacaannya baik.
  • Berbagai langkah umum tersebut sebenarnya sangat mudah dipahami dan dipelajari. Anda yang masih asing bahkan dapat membuat tanpa kesulitan. Tapi kalau tidak ingin repot bisa memanfaatkan layanan cetak dari kami.

10. Setiap Informasi Label Belum Tentu Benar Adanya

Hal yang perlu Anda ketahui pada suatu label adalah tidak semuanya merupakan data benar. Artinya tidak boleh langsung percaya dengan embel-embel yang diberikan. Terutama karena seringkali berlebihan atau tidak seharusnya.

Mungkin hanya berupa perkataan yang dipakai untuk promosi agar menarik perhatian. Misalnya produk kornet segar yang berasal dari bahan alami. Padahal merupakan produk olahan di mana yang segar seharusnya dagingnya.

Contoh lainnya yaitu produk minuman seperti jus jeruk atau jus jambu. Pada promosinya tentu disebutkan sebagai produk segar seperti baru memeras. Padahal belum diketahui apakah memang segar dan asli buah.

Artinya harus melakukan penelitian terlebih dahulu untuk memastikan keaslian setiap produk. Misalnya dengan mengetahui adakah kandungan buah atau hanya sekedar perasa. Kalau sekedar perasa, tentu tidak bisa disebut jus.

Kemampuan utama label adalah memang menarik perhatian dan meningkatkan nilai jual. Meski begitu sebagai pebisnis juga didorong supaya bersifat jujur. Terutama karena meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan para konsumen.

Selain itu, bisa menghindari dari tuduhan karena memberikan informasi yang sesuai. Bahkan lebih percaya diri untuk mengenalkan produk pada calon konsumen. Tentu tidak berpura-pura bagus karena aslinya memang baik.

Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pelanggan loyal dan pelanggan baru kedepannya. Jika memiliki rencana ekspansi hingga ekspor sekalipun dapat terwujud dengan baik. Jadi, kejujuran dampaknya istimewa dalam produk Anda.

 

11. Penulisan Zat Gizi Dalam Label Tidak Selalu Sesuai Dengan yang Tertera

 

Penulisan zat gizi dibutuhkan dan dapat ditambahkan pada bagian informasi nilai gizi. Fakta yang mengejutkan yaitu ternyata tidak selalu sesuai dengan penulisannya. Artinya dapat terdapat perbedaan pada kolom tersebut.

Dalam label adalah pembulatan sehingga tidak menambahkan seperti aslinya. Tapi hal ini tidak menipu karena sebenarnya setiap zat gizi dilengkapi dengan pembulatan. Meski begitu metodenya berbeda-beda tergantung jenis zat gizinya.

Misalnya energi 0 kkal bukan menandakan kalau produk tersebut tidak memiliki kandungan energi. Sebaliknya mungkin kandungannya kurang dari 5 kkal setiap sajiannya. Hal ini sebenarnya sesuai dengan standar dan ketentuan.

Contoh lainnya yaitu bagian lemak total di mana tertulis 0. Tapi bukan menandakan kalau pangan tanpa memiliki kandungan lemak. Sebaliknya mungkin hanya mengandung kurang dari 0.5 gram sehingga ditulis 0.

Supaya tidak salah saat menambahkannya, disarankan mempelajari tergantung dengan distribusinya. Misalnya untuk produk Indonesia mengikuti BPOM sebagai arahannya. Nantinya akan disesuaikan kembali nilai gizi atau produknya.

Zat gizi pada label adalah komponen penting yang harus diperoleh sebagai informasi wajib untuk konsumen. Apalagi merupakan senyawa makanan yang dapat dipakai tubuh dalam fungsi fisiologis normal sehingga harus dituliskan.

 

12. Aturan Penulisan Daftar Komposisi Bahan Makanan Label

 

Daftar komposisi atau ingredients merupakan bagian yang pasti Anda temukan pada detail. Pada dasarnya menjadi komponen yang sering dibaca oleh konsumen. Walaupun hadir istilah yang sulit dimengerti, keberadaannya masih penting.

Sebagai komponen krusial, kewajiban menambahkannya telah terbukti. Meski begitu untuk mencantumkannya membutuhkan panduan atau tata cara yang benar. Hal ini membantu memastikan informasi yang diperoleh menjadi tepat.

Sebenarnya label adalah komponen yang memberikan informasi mendetail. Untuk bagian komposisi juga perlu ditambahkan semua bagiannya. Jika Anda melihat dari kumpulan komposisi ternyata tidak dituliskan urut berdasarkan hurufnya.

Melainkan penulisan yang dilakukan yaitu dari kandungan terbesar pada produk. Kemudian akan diikuti bahan pembuatannya ke material kedua dan seterusnya. Artinya harus terdapat informasi material pembuatan yang lengkap.

Penempatannya harus tepat agar konsumen mengetahui kandungan terbanyak produk. Kemudian tidak merasa dibohongi karena diberikan detail. Pada bagian bawahnya, dapat menambah informasi produk atau pemrosesan berisiko alergen.

 

13. Produk yang Diwajibkan Mencantumkan Tanggal Kadaluarsa Pada Label

 

Informasi dalam label adalah meliputi hal berkaitan dengan masa pemakaian suatu produk. Hal ini berlaku untuk makanan, minuman, obat-obatan, makeup, skincare dan sebagainya. Masa berlaku atau expired date harus akurat.

Khusus produk makanan, dipakai jika daya tahan simpannya 3 bulan. Nantinya menambahkan tanggal, bulan maupun tahun pada detailnya. Kalau daya tahannya lebih dari 3 bulan, hanya menambah bulan dan tahun.

Mencantumkan tanggal kadaluarsa akan memberikan dampak besar terhadap produk. Terutama karena memberikan keamanan untuk konsumen atau pelanggan. Apalagi dapat menerima kepastian kualitas produk dalam kondisi terbaiknya.

Pelanggan dapat menghindari pembelian produk yang sudah selesai masa berlakunya. Kemudian anti boros karena setelah membeli tidak bisa memakainya. Kepercayaan konsumen terjamin meningkat drastis karena diberi detail.

Perlu Anda ketahui jika label adalah komponen untuk mematuhi regulasi begitu juga dengan tanggal kedaluwarsa. Pemerintah mewajibkan produsen memberi informasi expired date. Kalau tidak memenuhinya dapat menerima hukuman.

Untuk perusahaan, keuntungan yang diperoleh yakni untuk manajemen stok. Anda bisa mengatur produksi, distribusi atau penyimpanan dengan optimal. Nantinya rotasi stok menjadi lebih mudah dan memastikan produknya tetap segar.

Mencantumkan expired date menjadi langkah yang pantang diabaikan pelaku bisnis. Artinya harus terus kritis terhadap informasi tersebut demi kebaikan bersama. Anda dapat menghindarkan resiko kesehatan bagi pelanggan.

Label adalah suatu usaha memegang teguh ingin membuat produk berkualitas tinggi dan layak konsumsi. Keamanan, keselamatan hingga penghematan bisa dihindari. Khususnya karena sudah melihat tanggal sudah atau hampir kedaluwarsa.

 

14. Label Menjadi Tanggung Jawab Produsen Sekaligus Mengedukasi Konsumen

 

Menambahkan label merupakan tanggung jawab produsen yang harus selalu diberikan untuk kemasan produknya. Informasi yang diberikan bisa dipakai untuk sarana komunikasi. Anda lebih mudah menginformasikan setiap kandungan di dalamnya.

Selain itu, bisa menciptakan perdagangan jujur, adil sekaligus penuh dengan tanggung jawab. Terutama karena selalu memberikan informasi dengan benar. Anda sekaligus mampu terlindunginya setiap konsumen karena tanggung jawabnya dijaga.

Keberadaannya sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai edukasi mendalam untuk calon konsumen. Caranya dengan memberikan informasi kandungan zat dalam suatu produk. Ternyata mengurangi prevalensi penyakit tidak menular pada konsumen.

Informasinya bisa termasuk jumlah gula atau lemak di dalamnya. Konsumen yang sedang berusaha mengurangi pangan dengan gula atau lemak berlebih dapat memastikan kebutuhannya. Artinya tidak membahayakan untuk kesehatan pribadi.

Memahami pentingnya label adalah hal yang sangat dirasakan sebagian besar pengusaha. Terutama karena membantu kemajuan perusahaan untuk mendapatkan banyak nilai signifikan. Nilai penjualannya meningkat karena branding lebih kuat.

Terlebih dapat dibuat kaya dengan identitas sehingga ciri khasnya mudah diketahui. Pelanggan mampu membedakannya bersama produk kompetitor tanpa kesulitan. Tentu dapat menarik keuntungan nilai profit yang lebih tinggi.

Pengaruhnya untuk pembeli juga banyak karena perilaku pembeliannya lebih jelas. Keputusan membeli atau tidak membeli akan terdorong jelas. Karena Anda memakai detail informasi, keputusan pembelian cenderung menjadi lebih tinggi.

 

15. Solusi Canggih Hadir untuk Percetakan Label

 

Pengusaha sering menyebutkan jika label adalah kebutuhan penting bagi produk kemasannya. Tidak heran selalu membuatnya dengan kualitas ekstra. Tentu masa sekarang cukup beruntung karena dilengkapi dengan berbagai solusi canggih.

Anda tidak kesulitan menemukan tempat percetakan atau produksi cetak dengan kualitas terbaik. Bahkan menawarkan inovasi terbaru dan mutakhir bagi setiap pelanggannya. Tentu mendukung kebutuhan Anda untuk upgrade bisnis kedepannya.

Kehadiran solusi canggih membuat hasil cetaknya memiliki akurasi tinggi. Mulai dari warna, desain maupun informasi di dalamnya tergambarkan dengan sempurna. Masalah kecacatan atau kekurangan produk dapat Anda hindari.

Selain itu dapat membantu efisiensi atau kecepatan karena bisa dibuat dengan hitungan detik. Kecepatannya terdukung oleh kualitas yang tetap konsisten. Belum lagi biayanya lebih terjangkau sehingga keuntungannya lebih banyak.

Sebenarnya label adalah bagian yang harus mampu menarik perhatian. Hadirnya teknologi terbaru membuat Anda lebih mudah mendapatkan desain tercantik. Bahkan ditambah dengan tenaga desainer berpengalaman sehingga lebih baik.

Kemampuan customisasinya baik dan dapat dibuat dengan presisi. Anda bisa membuat ukuran panjang atau lebar hingga pilihan warna dengan lebih bebas. Pastinya dapat menyempurnakan gambaran label yang sudah Anda harapkan.

Tidak ketinggalan disertai dengan kualitas cutting sempurna yang terjamin mumpuni. Label adalah tanda penting, hindari ada informasi terpotong atau menghilang di dalamnya. Tentu akan merepotkan karena harus memproduksinya kembali.

Solusi berkualitas mendukung bisnis Anda meraih akurasi, kualitas serta efisiensi kelas dunia. Memanfaatkan teknologi mutakhir untuk solusi label sangat berkelas. Bisnis Anda bahkan mampu melewati regulasi internasional.

Kesimpulan

Tujuan membuat label adalah untuk memastikan kelancaran operasional bisnis semakin terdukung. Artinya tidak hanya mengedepankan tampilan cantiknya saja. Melainkan produk menjadi lebih meyakinkan sehingga dipastikan mudah laku.

Kewajiban membuat label berkualitas semakin diutamakan karena mampu bersaing dengan kompetitor kuat. Kemudian akan mendatangkan profit penjualan lebih tinggi. Bahkan setiap bulannya dapat menemukan peningkatan yang signifikan.

Dalam merancang desainnya, Anda bisa belajar dengan mengambil inspirasi dari kompetitor. Tapi harus mengembangkan serta meningkatkan tampilan maupun nilainya. Lalu, efektivitas hingga efisiensi bisnis Anda dapat terbantu.

Untuk Anda yang membutuhkan label produk, pastikan membuatnya hanya di PT. Kahar Duta Sarana (KDS). Kami adalah ahlinya industri Label dan Auto ID. Tentu memiliki fokus bisnis beragam, antara lain Industrial Solutions, Enterprise Solutions, Retail Solutions, dan Property Development.

Kami memahami jika label adalah kebutuhan krusial dalam bisnis Anda. Tidak heran jika KDS memastikan kompetensi dan profesionalitasnya terjaga. Hal ini juga dibuktikan karena memiliki standar resmi sertifikasi ISO 9001.

KDS hadir sejak 1979 dan saat ini dipimpin Seno Prabowo K selaku owner. Perusahaan kami bertahan karena terdukung 400 lebih karyawan ahli. Tentu menawarkan pengalaman menciptakan nilai melebihi ekspektasi Anda.

Tingkat kepuasan tinggi setiap pelanggan KDS terbukti karena selalu sukses meraih bintang 5. Anda yang tertarik, bisa menghubungi nomor 021-8711-266. Solusi dan kebutuhan Anda pasti segera diberikan langsung dari ahlinya.

Kahar Duta Sarana menciptakan label inovatif menggunakan teknologi terkini. Kami memastikan kualitasnya mumpuni dan pengirimannya tepat waktu. Jadi, dapat merasakan jika label adalah pemberi dampak positif pada bisnis.

Kahar Duta Sarana

Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750

Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900

Email: e-sales@kahar.co.id

Website : https://kdslabel.co.id/

 

FAQ

 

  • 15 Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Label

 

  • Mengenal Apa Itu Label.
  • Pengertian Label Menurut Ahli.
  • Fungsi Label.
  • Tujuan Label.
  • Jenis-jenis Label.
  • Hal Wajib Dalam Label Produk.
  • Manfaat Label Untuk Produk dan Bisnis.
  • Aspek Penting Saat Membuat Label.
  • Tips Membuat Label Agar Sesuai Standar.
  • Setiap Informasi Label Belum Tentu Benar Adanya.
  • Penulisan Zat Gizi Dalam Label Tidak Selalu Sesuai Dengan yang Tertera.
  • Aturan Penulisan Daftar Komposisi Bahan Makanan Label.
  • Produk yang Diwajibkan Mencantumkan Tanggal Kadaluarsa Pada Label.
  • Label Menjadi Tanggung Jawab Produsen Sekaligus Mengedukasi Konsumen.
  • Solusi Canggih Hadir untuk Percetakan Label.

 

  • Bagaimana proses pembuatan label di PT. Kahar Duta Sarana?

 

Proses pembuatan label adalah hal termudah yang dapat dinikmati di KDS. Anda bisa datang langsung atau menghubungi secara online untuk memilih layanannya. Anda dapat menyerahkan desain yang dimiliki jika ada.

Kalau belum memilikinya, kami akan membantu dengan membuatkan desain baru. Pastinya dilengkapi dengan rekomendasi pilihan bahan hingga finishing. Jika semuanya telah disetujui akan diproduksi dan diserahkan pada pemesannya.

 

  • Bagaimana cara menghitung kebutuhan bahan label di PT. Kahar Duta Sarana?

 

Untuk memperhitungkan kebutuhan bahan label, Anda tidak perlu khawatir. Kami akan menghitungkan estimasinya dengan akurat dan presisi. Bahkan melakukan perhitungan langsung dengan bahan yang dipilih sehingga lebih transparan.

Perhitungan mengenai kebutuhan label di KDS berkaitan dengan berapa banyak label ingin dibuat. Kami memastikan kebutuhan Anda terpenuhi tapi tidak berlebihi. Pastinya pengeluaran atau anggaran operasionalnya lebih terencana.

 

  • Apakah bisa dibuatkan sampel label lebih dulu di PT. Kahar Duta Sarana?

 

Salah satu keunggulan kami yaitu tersedia sample untuk pelanggan. Inilah bentuk mendukung desain atau informasi di dalamnya terjaga ketepatannya. Selain itu Anda dapat memeriksa performa bahan hingga hasil akhir lainnya.

Jumlah sample hanya satu tapi dapat memastikan kualitas hasil produksinya lebih terjamin. Waktu pembuatan sample sendiri tidak termasuk waktu produksi. Jadi, dapat memastikan merasakan jika label adalah produk yang berkualitas.

 

show-images-about-6

Meningkatkan level kehidupan - inilah KDS sebenarnya dan tujuan yang kami lakukan selama ini. Kami menempatkan diri kami untuk selalu meningkatkan kemampuan kami. Secara bersama-sama, keseluruh bisnis Label, dengan antusiasme untuk melahirkan ide baru.

show-images-about-6
banner

Kahar Duta Sarana Group

Selengkapnya

One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.