Label kemasan dapat menjadi bagian terpenting pada produk Anda. Sejatinya kemasan bukan sekedar menjadi pelindung fisik barang atau produk. Melainkan menjadi wajah pertama yang dilihat serta diingat oleh setiap konsumen.
Pertarungan bisnis pada zaman globalisasi meningkat sehingga persaingan bisnis terasa ketat. Anda tidak hanya ditekankan untuk meningkatkan kualitas produk. Tapi perlu memastikan strategi keamanan serta informasinya menjadi lebih detail.
Label memiliki peran penting karena dipakai sebagai identifikasi produk. Belum lagi dapat berisi informasi produk lengkap dan mampu mencegah tindak pemalsuan. Keamanan hingga perlindungan merek juga menjadi lebih terjamin.
Dalam label tersebut juga akan berisi nama, logo, kode produksi dan sebagainya. Penting untuk melengkapinya sehingga mendapatkan nilai positif. Jika Anda belum memahaminya, penting mempelajari sekaligus melengkapinya.
Bagi Anda yang berusaha membuat label berkualitas, tidak perlu panik karena terbilang mudah. Tentu menjadi bagian perancangan desain yang perlu dipahami sejak awal. Berikut adalah rahasia utama membuat label pada kemasan:
Untuk rahasia pemilihan label kemasan pertama yaitu berusaha memilih warna dengan tepat. Apalagi warna selalu mempengaruhi desain secara keseluruhan. Wajah produk juga akan ditampilkan sehingga warnanya tidak boleh salah.
Terlebih kesalahan warna bisa menyebabkan produk menjadi tenggelam dari pesaing. Usaha untuk menonjol perlu ditingkatkan agar dapat bersaing. Tidak ada salahnya melakukan riset mendalam supaya menemukan warna terbaik.
Penentuan warna mungkin membutuhkan waktu cukup banyak. Terutama karena pilihannya banyak sekaligus masing-masing memiliki makna tersendiri. Anda disarankan lebih teliti karena akan digunakan dalam waktu yang lama.
Biasanya warna yang banyak dipakai dalam produk adalah kuning atau merah. Walaupun tidak selalu sukses, tapi sering menjadi prioritas bagi pebisnis. Terutama karena kedua warna tersebut membantu mendorong pelanggan membeli.
Pertimbangkan juga tentang warna spot atau warna proses pada desain tersebut. Warna spot yakni warna tunggal/solid sedangkan warna proses adalah kombinasi. Karena ingin menarik perhatian, artinya disarankan warna proses.
Jenis huruf saat pemilihan label kemasan meraih peran tidak kalah besar. Faktanya termasuk sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam produk. Saat ini tersedia jutaan jenis huruf atau font dalam internet.
Meski begitu kalau ingin membuat kreasi sendiri tidak masalah. Apalagi terdapat alat atau teknologi khusus untuk membuat jenis huruf. Tentu lebih mudah untuk kustomisasi berdasarkan makna atau nilai dalam produk.
Walaupun ingin memakai yang sudah ada, tapi disarankan tidak sembarangan dalam memilih. Melainkan penting mempertimbangkan keterkaitan bersama bidang usaha atau industri. Kemudian dapat bersatu dengan desain atau produk.
Contohnya dalam bidang masakan khas Jepang, bisa memakai font khas tulisan Jepang. Pastinya melambangkan langsung budaya khas Jepang. Meski begitu perhatikan juga agar teks atau font yang dipakai mudah dibaca.
Pemilihan gambar atau grafis terbilang penting dalam suatu label kemasan. Anda perlu mengimplementasikan makna terdalam pada setiap desainnya. Tentu dapat meningkatkan efek menarik, istimewa sekaligus spesial pada label.
Apabila ingin memenuhi kebutuhan gambar dan grafis, sebenarnya tidak perlu keluar banyak biaya. Terutama karena tersedia website penyedia desain yang gratis. Anda bebas mengkreasikan, memodifikasi maupun membeli karena harganya terjangkau.
Keputusan untuk menggunakan gambar atau grafis sendiri disarankan tidak melanggar aturan. Hindari penggunaan grafis dengan lisensi yang belum Anda bayar. Kalau tidak membeli lisensi, disarankan untuk membuat sendiri.
Pemilihan gambar atau grafis mungkin membuat Anda merasa bingung karena harus tepat. Tidak ada salahnya membuat beberapa sekaligus sebagai opsi. Tentu dapat membantu menentukan yang terbaik karena melakukan perbandingan.
Pemilihan bahan label kemasan memiliki peran yang tidak kalah besarnya. Sebenarnya untuk pemilihan bahan bisa disesuaikan kembali pada kebutuhan. Misalnya bagi kemasan makanan boleh memilih plastik karena anti minyak.
Meski begitu tinta yang dipakai tidak boleh mudah terkontaminasi minyak. Sementara itu dari sisi harganya mungkin keluar lebih banyak jika kualitasnya tinggi. Tapi akan memuaskan setiap kali dipakai labelnya.
Untuk kebutuhan tekstil sendiri kebanyakan memanfaatkan dari material kertas atau kain. Apalagi memiliki harga lebih terjangkau dan mudah dirancang. Tapi lebih disarankan untuk pemakaian pada tempat kering dan mudah menempel.
Dalam tahap pemilihan bahan sendiri perlu memperhatikan desain atau proses mencetaknya. Apabila memakai bahan bertekstur, hindari font terlalu kecil. Begitu juga apabila memakai bayangan, efek yang diberikan harus sesuai.
Penting Anda ketahui jika implementasi desain tidak harus dipaksakan. Tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan ahli sehingga hasilnya tepat. Tenaga desainer ahli akan merekomendasikan bahan hingga desain terbaik.
Bentuk dan ukuran label dapat membantu Anda mendapatkan desain berkualitas pada kemasan. Sebagian besar produk sebenarnya akan menentukan bentuk atau ukuran dari kemasannya. Artinya harus mengetahui bentuk kemasan produknya.
Anda harus mempertimbangkan ingin memakai persegi, persegi panjang, bulat, persegi, hati dan sebagainya. Kemudian perlu merancang desain tunggal atau dua sisi. Keunggulannya akan menampilkan baik sisi depan maupun belakang.
Kelebihannya sebagai label kemasan yaitu memberikan keleluasaan lebih banyak. Khususnya dalam usaha menonjolkan produk, brand atau merek Anda pada bagian dalamnya. Kemudian untuk bagian belakangnya bisa dipakai sebagai informasi.
Sebenarnya apapun bentuk maupun ukurannya, fokus utama Anda harus pada brand atau mereknya. Perhatian utama harus memakainya untuk menarik perhatian. Artinya antara kemasan dengan bentuk hingga ukurannya menyatu dengan baik.
Rahasia yang tidak boleh Anda lupakan yaitu pemilihan software atau perangkat lunak terbaik. Terutama karena banyak pilihannya saat ini. Tentu memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri saat dipakai membuat desain.
Sebenarnya Anda memiliki kebebasan tersendiri untuk membuatnya berdasarkan kebutuhan. Kenyamanan dan pemahaman terhadap fitur memegang peran penting. Berikut beberapa perangkat lunak yang biasa dipakai membuat desain label:
Berbagai perangkat lunak pembuatan label kemasan tersebut memang menjadi andalan. Pastikan agar menyimpan setiap file menggunakan bentuk PDF atau EPS. Tujuannya untuk mempermudahnya saat diolah atau dicetak dengan mesin.
Salah satu software paling sering diandalkan sebenarnya Adobe Illustrator. Untuk kemampuan paling menonjol yaitu meminimalisir gambar pecah atau buram. Belum lagi mampu mengurangi masalah missing font yang biasanya dapat terjadi.
Proses pemindahan desain antara satu komputer ke komputer lainnya terjamin tanpa masalah. Kemudian memberikan kemudahan desainer untuk mengolahnya. Apabila belum menguasai salah satu software, bisa mengandalkan profesional.
Jangan lupa untuk menambahkan berbagai informasi lengkap dalam produk. Misalnya mengenai nama produk atau perusahaan milik Anda. Bahkan termasuk porsi paling penting yang perlu Anda tonjolkan maupun utamakan untuk klien.
Tujuan pembuatan label kemasan salah satunya agar branding lebih kuat untuk dikenali. Pastikan agar cukup mudah terlihat menurut pandangan konsumen. Artinya dapat mempermudah calon pelanggan menemukan produk Anda di rak.
Tidak ketinggalan dapat menambahkan informasi kontak karena meningkatkan nilai jual. Saat ini banyak bisnis memanfaatkan media sosial maupun platform online lain. Inilah alasannya penting mencantumkan nomor hingga media sosial.
Informasi penting lainnya yang ditambahkan yakni komposisi, jenis hingga cara konsumsi. Tentu tidak boleh memberikan informasi bertele-tele atau berlebihan. Melainkan harus diinformasikan dengan jelas sekaligus singkat.
Menambahkan barcode terbilang penting untuk memenuhi kebutuhan desain label masa kini. Barcode memiliki bentuk rangkaian bar hitam dilengkapi spasi putih. Setiap kemasan produk yang dijual saat ini pasti dilengkapi barcode.
Penggunaan barcode pada label kemasan sendiri berguna agar lebih efisien untuk pendataan jumlah belanja. Nantinya memberi informasi pada scanner elektronik. Kemudian dapat menampilkan data informasi mengenai produk.
Apabila ingin memakai barcode, bisa menggunakan suatu aplikasi atau perangkat lunak. Nantinya akan membentuk angka unik untuk setiap produk. Pastinya dapat ditambahkan juga dengan berbagai informasi di dalamnya.
Manfaat penting lainnya yaitu untuk membuat pencatatan atau pengambilan keputusan. Bahkan bisa mempercepat check-out, menyederhanakan inventaris atau memudahkan pengiriman. Kemudian membuat setiap kesalahan bisa berkurang.
Membuat label kemasan merupakan pekerjaan yang menyenangkan walaupun butuh banyak detail. Salah satu perhatian khususnya adalah bagian finishing. Pertimbangannya memakai finishing glossy atau matte karena keunikannya berbeda.
Finishing sebenarnya dilakukan setelah proses percetakan selesai. Tujuan utamanya yaitu sebagai pelindung agar tidak mudah luntur atau terdampak lingkungan. Selain itu dapat memastikan tampilan label menjadi lebih bagus.
Untuk finishing glossy sendiri adalah tampilan yang mengkilap. Apabila terkena cahaya atau sinar, memberikan kilauan yang menarik perhatian. Cocok untuk memastikan produk lebih dikenali serta bersinar dari yang lain.
Tapi jika Anda memilih matte, artinya mengedepankan tampilan tidak mengkilap. Sebenarnya tidak buruk karena memiliki keunikan tersendiri. Khususnya karena menampilkan visual lebih tenang dan elegan pada kemasan.
Perbedaan jenis finishing pada label kemasan memengaruhi harganya. Jika ingin menginvestasikan lebih banyak dana, disarankan memakai glossy. Tentu akan membuat produk menjadi naik kelas serta menguntungkan kedepannya.
Penggunaan bleed atau tanpa bleed menjadi bagian terpenting yang harus Anda ketahui. Sebenarnya untuk pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan desain masa kini. Apabila produk kemasan Anda mempertimbangkannya tentu lebih relevan.
Untuk label kemasan dengan bleed sendiri artinya disertai dengan daerah pada bagian pinggirnya. Sebenarnya berguna agar hasilnya lebih akurat dan tepat. Kemudian saat melakukan pemotongan menjadi lebih mudah tanpa kesalahan.
Meski begitu jika tanpa bleed bukannya akan membuat desainnya menjadi buruk. Hal ini dapat ditentukan berdasarkan kebutuhan atau preferensi masing-masing. Tergantung hasil apa yang diinginkan mempengaruhi penggunaan bleed.
Rahasia terpenting yang perlu Anda ingat adalah tidak membuat desain dengan sembarangan. Banyak pebisnis merasa harus membuat desain terlalu cepat. Kemudian tidak membuatnya dengan istimewa karena keunikannya minim.
Inilah alasannya disarankan agar mampu membuat label kemasan banyak banyak keunikan. Tidak ada salahnya menambahkan inovasi berbeda dibandingkan para pesaing. Tujuannya agar mampu menarik perhatian dari setiap pelanggan.
Kalau perlu disarankan untuk membuatnya yang original atau tidak pernah dipakai sebelumnya. Anda dapat melihat contoh tapi dibuat dengan sentuhan pribadi. Kemudian cek di internet supaya tidak pernah dipakai sebelumnya.
Walaupun ingin membuat desain berkualitas dan unik, tapi harus sesuai target pasar. Dalam pembuatan label tentu telah memiliki market atau pasar sendiri. Artinya harus mengenalinya sebelum mulai membuat desain label.
Misalnya pembuatan label kemasan digunakan untuk kategori usia 5-10 tahun. Nantinya dapat menambahkan kemasan dengan visual kartun. Tentu dapat ditambah dengan berbagai warna cantik dan menarik agar lebih unik.
Tapi kalau targetnya orang dewasa, disarankan untuk memilih yang sederhana. Tujuannya agar kelihatan premium, berkelas sekaligus elegan menurut mata pelanggan. Penyesuaian target pasar mempengaruhi kesuksesan produk Anda.
Sejatinya dalam pemilihan label kemasan tidak dilengkapi dengan aturan baku. Meski begitu tetap disarankan untuk melakukan eksplorasi lebih dalam. Khususnya untuk memastikan kualitas dapat terpenuhi bagi keperluan bisnis.
Tujuannya bagus karena dapat memastikan Anda siap untuk bersaing dengan para kompetitor. Memenangkan hati pelanggan dapat dimulai dengan label yang baik. Apalagi bukan hanya sebagai informasi produk melainkan menjadi branding.
Artinya perlu direncanakan dengan baik dengan bantuan profesional. Berusaha mempelajari bagaimana cara membuat yang benar dapat menjadi bekal luar biasa. Tentu tidak akan lagi kesulitan menyempurnakan label produk Anda.
Jika berencana membuat produk label kemasan berkualitas, wajib memilih dari PT. Kahar Duta Sarana (KDS). Apalagi tergolong perusahaan terpercaya untuk bidang Label dan Auto ID. Tentu terjamin profesional dan kompeten.
KDS saat ini dipimpin Seno Prabowo K dan hadir sejak 1979. Kehadiran hingga sekarang begitu konsisten memberikan produk berkualitas tinggi. Belum lagi dikelola oleh swasta sehingga memastikan setiap layanannya premium.
Saat ini terdukung lebih dari 400 karyawan yang bekerja cukup lama. Pastinya sudah terlatih dan mampu bekerja sesuai dengan SOP. Wajar jika tingkat kepuasan pelanggan begitu tinggi karena kinerjanya istimewa.
Sebenarnya KDS memiliki fokus agar perkembangan budaya perusahaan meningkat dengan baik. Tidak heran berusaha menyempurnakan pesanan pelanggan. Saat ini masih memfokuskan diri dalam bidang bisnis terbaik, antara lain:
Berdomisili di Jakarta Selatan, tapi PT. Kahar Duta Sarana menyediakan layanan seluruh negeri. Anda boleh menghubungi atau pesan ke 021-8711-266. Dapatkanlah label kemasan terbaik sesuai dengan standar dan syarat bisnis.
Kahar Duta Sarana
Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750
Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900
Email: e-sales@kahar.co.id
Website : https://kdslabel.co.id/
Pelanggan KDS memiliki kebebasan dalam pembuatan label untuk produknya. Disediakan layanan custom sebagai fitur yang mempermudah ide Anda terwujud. Tentu jaminannya mudah dan praktis karena dibantu langsung seorang profesional.
Dalam pembuatan label kemasan, telah tersedia juga ribuan template. Jika belum memiliki gambaran bisa memakainya dan memodifikasi sehingga menjadi desain baru. Pastinya terjamin cocok dengan bisnis atau perusahaan Anda.
Salah satu keunikan KDS yaitu memiliki fitur edit desain profesional. Layanan yang diberikan mudah, praktis dan tidak keluar banyak dana. Tentu tidak menemukan kemudahan lain karena lebih baik dibanding kompetitor.
Dalam fitur editnya disertai fitur text, clip art, upload image hingga element. Fitur ini akan menyempurnakan desain Anda sebelum mencetak. Pastinya dapat menghemat waktu, tenaga maupun uang untuk membuat desain.
Keuntungan terbaik menggunakan layanan KDS yaitu telah melayani pelanggan seluruh Indonesia. Tidak perlu takut kalau alamatnya di luar pulau. Tentu akan tetap dilayani karena terdapat pengiriman ke berbagai wilayah negeri.
Hal ini memudahkan pelaku usaha untuk mengenalkan produknya dari berbagai industri. Kualitas internasional akan memastikannya lolos standar tertinggi. Jadi, bisa menggunakan label kemasan untuk memajukan usaha dan bisnis Anda.
One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.