Stiker label merupakan elemen penting pada sebuah produk agar bisa dipasarkan dengan baik dan menarik minat konsumen. Sebab stiker pada kemasan menjadi media branding yang sangat efektif.
Bahkan tidak hanya bisa ditempelkan pada produk untuk meningkatkan nilai brandingnya, tapi juga bisa digunakan pada tempat lain dan menjadi media promosi efektif dengan biaya tidak terlalu mahal.
Agar bisa menjadi media branding yang baik, maka desain dari label ini harus dibuat sebaik mungkin sehingga dapat menarik minat konsumen. Selain itu, pemanfaatannya harus tepat sasaran agar dapat menjadi media branding efektif.
Sebagai elemen penting dalam pemasaran, tentu saja stiker perlu dibuat dengan desain saksama. Terutama mengutamakan jenis produknya dan menyesuaikan dengan kemasan dari produk tersebut, apabila digunakan langsung pada produk.
Apabila stiker dijadikan elemen tambahan yang dapat berdiri sendiri alias tidak harus ditempelkan pada produk, maka desainnya harus disesuaikan dengan tujuan utama dari penggunaannya.
Agar bisa membuat desain label dengan tepat dan memikat hati konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa ditawarkan, beberapa trik ini dapat membantu:
Dalam pembuatan stiker label pemilihan warna menjadi hal pertama harus ditentukan. Karena ini akan jadi pemikat utama bagi konsumen. Biasanya konsumen lebih cenderung menyukai warna-warna cerah memikat mata.
Akan tetapi, pemilihan warna tetap harus mengacu pada tujuan pembuatan dari stiker tersebut. Misalnya, diperuntukkan sebagai label kemasan, maka harus kontras dengan kemasannya agar menarik perhatian.
Apabila dipergunakan sebagai sarana promosi yang ditempelkan pada item di toko, etalase, dan lainnya, maka warna cerah memikat mata akan sangat bagus digunakan.
Sebab warna memiliki kekuatan untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan. Jadi, tidak hanya harus menarik mata, tapi juga relevan dengan produk atau tujuan penggunaannya.
Kemudian Anda juga harus memperhatikan penggunaan font pada label tersebut. Pastikan teks mudah dibaca, sederhana, dan ukuran huruf cukup besar sehingga informasi bisa dibaca jelas oleh konsumen.
Jika isinya merupakan informasi mengenai produk, maka hindari font yang terlalu dekoratif. Sebab akan sangat mempengaruhi keterbacaan, bisa saja konsumen malah tidak dapat membaca isi dari label tersebut. Kuncinya adalah harus bisa jelas terbaca sehingga informasi tersampaikan dengan baik kepada konsumen.
Stiker label yang dibuat harus bisa mencerminkan identitas produk atau merek dagang Anda. Oleh sebab itu, buatlah desain konsisten, terutama apabila diperuntukkan sebagai media promosi brand Anda.
Gunakan warna, font, dan desain konsisten, agar mudah dikenali oleh konsumen. Apalagi jika ingin menggunakannya pada beberapa jenis produk. Jika desainnya konsisten maka bisa jadi ciri khas bagi brand Anda.
Konsistensi dalam desain membantu memperkuat identitas merek dan membangun kepercayaan public terhadap brand maupun produk.
Penambahan elemen visual seperti gambar maupun ilustrasi bisa menjadi nilai tambah pada label sehingga terlihat makin menarik. Akan tetapi, pastikan penambahan gambar tersebut relevan dengan produknya.
Sebagai contoh sebuah produk minuman kesehatan berbahan jahe, maka dapat masukkan ilustrasi gambar jahe pada labelnya. Dengan demikian, konsumen bisa memiliki gambaran mengenai produk tersebut.
Pastikan juga peletakan gambar dan ilustrasi ini tidak mengganggu keterbacaan informasi. Konsumen tetap harus bisa membaca dengan jelas informasi dalam label tersebut.
Dalam mendesain stiker label agar bisa menarik perhatian konsumen, pastikan membuat ukuran dan bentuk yang sesuai. Sesuaikan dengan ukuran kemasan, tidak terlalu kecil agar menonjol dan tidak terlalu besar sehingga mengganggu tampilan.
Ukurannya harus ideal, jadi dapat memberikan nilai tambah tanpa terlihat berlebihan. Sebagai contoh, apabila dipasang pada kemasan botol bisa dibuat bentuk persegi panjang yang dapat mengelilingi diameter botol setidaknya 70-90%.
Dalam membuat desain label memang harus memperhatikan segala aspek dengan baik, salah satunya adalah area kosong atau ruang putih (white space) yang ada di sekitar elemen desain.
Dengan memanfaatkan ruang putih secara bijak dapat membuat stiker terlihat lebih rapi dan profesional. Ruang putih ini membantu memisahkan elemen desain sehingga informasi dapat diserap lebih mudah oleh konsumen.
Saat membuat desain stiker label harus disesuaikan dengan bahan material yang akan digunakan untuk mencetaknya. Desain yang bagus berbanding lurus dengan material, apabila materialnya berkualitas, maka mendukung pencetakan desain terbaik.
Bahan-bahan tertentu tidak dapat merefleksikan desain stiker seperti tampilannya pada layar. Oleh sebab itu, ketika membuat desain pastikan sudah tahu dulu material apa akan digunakan atau menyesuaikan bahan materialnya dengan desain tersebut.
Memilih bahan berkualitas akan memberikan kesan profesional sekaligus menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap detail produk atau brand tersebut.
Selanjutnya, menentukan isi yang akan dimasukkan pada label. Informasi pada label harus sesuai dengan peruntukannya, misalnya menuliskan mengenai komposisi, cara pemakaian, maupun informasi lainnya.
Dalam stiker kemasan tersebut harus dimasukkan informasi seputar produk maupun perusahaan pembuatnya. Sebab akan digunakan sebagai media promosi.
Akan tetapi, porsi informasinya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya memuat informasi penting yang benar-benar sesuai tujuan pembuatan stiker tersebut.
Pastikan juga dalam membuat stiker label produk menyesuaikan dengan jenis produk. Baik bentuk, ukuran, maupun material, harus menyesuaikan produknya. Sebagai contoh produk elektronik menggunakan label yang berbeda dengan produk makanan.
Jadi, desainnya juga tidak akan sama. Oleh sebab itu, ketika membuat desain sebaiknya benar-benar menyesuaikan produknya agar bisa memberi informasi yang tepat sekali menjadi media promosi efektif.
Trik terakhir dan paling penting untuk diperhatikan, yaitu memilih vendor percetakan stiker terpercaya. Terutama yang menyediakan tim desain untuk mendukung kegiatan mendesain sesuai produk Anda.
Pilih vendor yang menyediakan layanan desain, bisa mencetak dalam jumlah banyak, mudah dihubungi, dan memiliki variasi bahan material. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kualitas terbaik untuk kebutuhan label kemasan.
Dengan membuat desain stiker sesuai kebutuhan produk maupun brand, berarti Anda sudah memiliki alat untuk melakukan promosi. Alat promosi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga mendapatkan hasil maksimal.
Pemanfaatan label kemasan atau stiker sebagai alat promosi harus digunakan secara tepat agar bisa menarik konsumen untuk membeli. Berikut beberapa cara agar penggunaan stiker bisa membuat konsumen tertarik melakukan pembelian:
Membagikan stiker label kepada banyak orang saat pameran merupakan salah satu cara ampuh agar bisa menarik perhatian konsumen. Saat pameran menjadi waktu terbaik membagikan stiker bermerek karena ada banyak pengunjung yang datang.
Apalagi jika stiker tersebut berdesain keren dengan kata-kata unik dan lucu membuat orang jadi makin tertarik. Buatlah stiker yang memperkenalkan produk atau brand Anda dengan tampilan menarik.
Karena tampilan menarik tersebut akan membuat orang yang mendapatkannya tertarik untuk menggunakannya sehingga bisa menjadi media promosi efektif.
Selain menjadikan stiker promosi secara gratis saat pameran, dapat juga memberikannya sebagai hadiah saat pembelian online maupun offline. Misalnya, setiap pembeli diberikan setelah melakukan pembelian dalam jumlah berapapun.
Hadiah seperti ini bisa langsung dimasukkan dalam packing barang sebelum pengiriman atau tas belanja. Bisa digunakan untuk mempromosikan barang maupun brand, tergantung dari tujuan perusahaan.
Stiker label juga dapat menjadi produk tersendiri yang dijual sebagai merchandise. Apalagi jika penempatannya tepat, misalnya di lorong dekat kasir sehingga bisa memacu pembeli melakukan pembelian impulsif.
Akan tetapi, agar bisa menjadi produk terpisah yang menarik minat pembeli. Pastikan desainnya benar-benar menarik, tapi tetap mewakilkan brand atau produk yang ingin dipromosikan.
Anda juga dapat membagikan stiker secara khusus ketika melakukan acara grand opening, peringatan ulang tahun, pembukaan toko baru, dan lain sebagainya. Tambahkan juga contoh produk sehingga bisa mengarahkan konsumen.
Sampel ditambah stiker pendukung bisa membuat konsumen terhubung secara emosional dengan merek Anda sehingga tertarik melakukan pembelian. Sebab mereka sudah menguji produk dari sampel tersebut.
Stiker label memang alat promosi yang sangat bermanfaat, karena bukan hanya dapat ditempelkan langsung di produk, tapi juga dapat ditempelkan di berbagai item pada toko, terutama apabila ada toko offline khusus.
Peletakan di berbagai item toko dapat membuat konsumen selalu melihat informasi tersebut sehingga jadi ingat dan ketika memerlukan produknya bisa langsung membeli.
Cara ini sangat efektif memberikan sugesti kepada konsumen agar kenal dan mengingat produk maupun brand Anda. Peletakannya bisa di kasir, rak penjualan, kotak saran, dan lain sebagainya.
Bukan hanya item toko bisa juga diberikan pada keluarga, teman, dan rekanan kemudian meminta mereka menggunakannya pada benda-benda yang sering digunakan.
Agar lebih memudahkan penggunaan stiker label sebagai alat promosi, maka perlu juga membagikannya kepada karyawan dan meminta karyawan untuk menggunakannya.
Sebagai media promosi, label kemasan juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan lain, misalnya dipakai pada bemper khusus mobil. Ini merupakan cara berpromosi yang murah dan efektif.
Sebab mobil akan dibawa berkeliling sehingga bisa menjangkau banyak tempat dan dilihat banyak orang. Agar lebih eksklusif bagikan khusus untuk pelanggan setia sehingga memberikan kesan VIP bagi orang yang mendapatkannya. Selain pada mobil juga bisa ditempelkan pada kulkas, laptop, dan benda lain yang digunakan sehari-hari.
Stiker label dengan desain unik dan menarik dapat menarik perhatian di mana saja diletakkan, misalnya pada lantai maupun pintu toko atau kantor. Penempatan seperti ini selain mudah dilihat juga akan selalu terlihat sehingga membuat orang akan selalu teringat pada produk atau brand yang dipromosikan.
Selain menempatkan pada lantai dan pintu, Anda juga bisa meletakkannya di jendela etalase toko sehingga bisa dilihat oleh orang yang berlalu lalang. Terutama apabila toko berlokasi dekat dengan area pejalan kaki, misalnya di area pertokoan maupun pusat perbelanjaan.
Menggunakan stiker pada kemasan maupun digunakan sebagai fungsi lainnya merupakan cara mempromosikan brand dan produk yang efisien. Bisa menjangkau banyak calon pelanggan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Oleh sebab itu, desainnya harus dibuat semenarik mungkin sehingga membuat konsumen tertarik kemudian berkeinginan membeli. Agar bisa membuat desain menarik perlu menggunakan desainer berpengalaman dan profesional.
Sebenarnya, Anda tidak perlu langsung menyewa desainer, sebab pengerjaan stiker label dapat diserahkan langsung ke vendor alias percetakan. Salah satunya adalah PT. Kahar Duta Sarana atau KDS.
KDS merupakan penyedia jasa cetak label kemasan yang juga menyediakan layanan desainer berpengalaman dan profesional. Dengan demikian, dapat mewujudkan desain label kemasan yang sesuai kebutuhan dari setiap konsumen.
Dengan pengalaman sejak tahun 1979 dalam bisnis percetakan di Indonesia, KDS mampu menyediakan kebutuhan berbagai jenis label kemasan sesuai kebutuhan Anda. KDS mampu menyediakan label kemasan untuk berbagai jenis bidang usaha, seperti:
Tersedia berbagai jenis material stiker label, mulai dari bahan paper hingga non-paper. Contohnya bahan semicoated, high gloss/cromo, synthetic, yupo, film (PE, PP, PET), dan berbagai material lainnya.
Dengan demikian, dapat mendukung berbagai desain stiker yang ingin Anda buat. Untuk kebutuhan mendesain sesuai keinginan pemesan, tersedia layanan diskusi sehingga bisa memberikan hasil terbaik sesuai kebutuhan dari setiap pelaku bisnis.
Stiker label bukan hanya berfungsi sebagai media informasi kepada konsumen, tapi juga merupakan media promosi efektif dengan budget murah. Bisa digunakan sebagai tambahan pada kemasan maupun dijadikan produk tersendiri sebagai merchandise dari perusahaan.
Karena fungsinya sebagai media promosi, maka pembuatan desainnya harus dilakukan saksama. Mulai dari pemilihan warna, bentuk, penggunaan font hingga material yang dipergunakan sebagai bahan dasarnya.
Oleh sebab itu, ketika membuat label kemasan untuk produk maupun fungsi promosi lainnya, harus memilih vendor terpercaya dan berpengalaman. Gunakan layanan dari PT Kahar Duta Sarana yang telah memiliki pengalaman dalam bisnis percetakan tanah air.
Perusahaan yang didirikan pada tanggal 16 Februari 1979 oleh Bapak H. Koendjono Harjadi ini berfokus pada kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, mengutamakan kepuasan pelanggan dalam menghasilkan produk label kemasan maupun stiker produk.
Selain menawarkan layanan prima mulai dari tim marketing berpengalaman dan desainer profesional. KDS juga didukung kualitas sumber daya terbaik untuk mencetak stiker label sehingga hasilnya benar-benar berkualitas.
Selain menawarkan kualitas, juga menawarkan harga bersahabat sehingga dapat menyesuaikan budget konsumen. Bisa melakukan pemesanan skala besar dan perjanjian kontrak kerjasama.
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi 021-8711-266 atau whatsapp: +62 811-1766-900. Kunjungi website www.kdslabel.co.id atau datang langsung ke alamat Jalan Raya Poncol No 10 Susukan Ciracas, Jakarta 13750.
Kahar Duta Sarana
Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750
Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900
Email: e-sales@kahar.co.id
Website : https://kdslabel.co.id/
Dalam mendesain label kemasan maupun stiker untuk memikat perhatian konsumen, Anda dapat menggunakan 10 trik berikut:
Sebab label kemasan yang didesain sedemikian rupa dengan tampilan menarik dan memikat mata dapat meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk atau brand sehingga bersedia membeli atau menggunakan jasa dari brand tersebut.
Tidak hanya dapat ditempelkan sebagai bagian dari kemasan, label kemasan juga bisa digunakan sebagai media promosi sebagai produk terpisah yang dibagikan saat pameran, grand opening, dan berbagai acara khusus lainnya.
Bisa juga dibagikan kepada pelanggan bersamaan dengan sampel produk, dipasang pada pintu, lantai etalase, komputer kasir, dan berbagai item di toko. Selain itu, juga bisa dicustom khusus untuk ditempelkan pada mobil.
One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.