Label kemasan menjadi salah satu media promosi efektif di era global. Di tengah persaingan pasar yang tajam, sebuah produk harus bisa bertarung dengan produk lainnya mengandalkan sisi unik dari produk tersebut.
Label digunakan pada kemasan bisa menjadi salah satu sisi unik sebuah produk. Sebab bukan hanya dapat menambah nilai estetik sehingga kemasan produk jadi lebih menarik, tapi juga memiliki fungsi informatif yang berguna bagi pembeli.
Oleh sebab itu, penambahan stiker pada kemasan harus dilakukan para pelaku bisnis, baik usaha kecil, menengah, maupun besar. Serta dilakukan dalam berbagai bidang bisnis, bisa usaha kuliner, elektronik, kendaraan bermotor, hingga usaha bidang jasa.
Penambahan label produk akan menambah nilai estetik pada kemasan. Tidak hanya membuat tampilan lebih menarik, tapi juga memiliki fungsi informatif. Dengan label yang baik, konsumen bisa mengidentifikasi, memahami, dan memilih produk sesuai kebutuhannya.
Karena memiliki beragam fungsi, pembuatan label kemasan tidak bisa dilakukan sembarangan. Di dalamnya harus terkandung elemen-elemen penting sehingga fungsinya sebagai media promosi berjalan dengan baik. Elemen-elemen penting tersebut adalah:
Kemasan yang menarik dan informatif merupakan elemen penting dalam pemasaran produk. Pembuatan desainnya harus atraktif dengan menambahkan gambar dan pemilihan font yang tepat agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli.
Kuncinya adalah bagaimana dapat menciptakan desain stiker label yang membuat tampilan kemasan jadi lebih menarik di mata konsumen. Umumnya desain yang baik adalah sederhana, fungsional, dan dapat menciptakan respon emosional positif ketika melihatnya.
Secara tidak langsung desain label kemasan harus bisa membujuk konsumen untuk melakukan pembelian. Jadi, harus bisa menarik secara visual, emosional, dan rasional. Dengan demikian, bisa menjadi nilai tambah pada sebuah produk.
Sebab 80% manusia mengutamakan penginderaan penglihatan ketika menilai sesuai. Oleh sebab itu, unsur-unsur grafis dalam stiker label, seperti warna, bentuk, ilustrasi, huruf, ukuran, dan tata letak menjadi unsur visual dengan peranan besar dalam pembuatan desain. Intinya stiker label dibuat harus memiliki fungsi:
Stiker kemasan yang baik akan dapat melakukan fungsinya sebagai media promosi. Oleh sebab itu, pembuatan desainnya harus dibuat saksama sehingga bisa memenuhi fungsi tersebut. Dalam mendesain stiker produk ada beberapa faktor yang harus menjadi perhatian, yaitu:
Dengan memerhatikan faktor-faktor tersebut, bukan hanya dapat membuat stiker label yang menjadi media pemasaran efektif, tapi juga bisa menghemat biaya serta ramah lingkungan.
Ketika hendak membuat desain label produk yang sesuai kebutuhan, Anda harus bisa menyesuaikan antara kebutuhan, fungsi, serta budget dimiliki. Kebanyakan pelaku usaha belum bisa melakukan tugas menantang ini sehingga hasil desainnya kurang atraktif.
Untuk bisa membuat desain stiker produk yang benar-benar memenuhi kebutuhan serta selaras dengan barang dalam kemasan tersebut, Anda perlu memperhatikan langkah pembuatannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba ketika ingin membuat desain stiker produk bisnis:
Dalam menciptakan label kemasan yang mampu menjadi media promosi sangat penting untuk memahami tujuan utama dari pembuatannya. Ada 5 poin penting harus dipertimbangkan, yaitu:
Pastikan untuk menggunakan tipografi jelas serta mudah dibaca oleh konsumen. Tipografi meliputi jenis huruf yang digunakan, ukuran, dan keterbacaan. Selain itu, juga memastikan informasi mudah dimengerti.
Gunakan bahasa yang tepat, kalimat mudah dimengerti, dan istilah mudah dipahami secara umum, terutama jika produk dijual untuk masyarakat umum bukan kalangan tertentu.
Pembuatan label kemasan harus memperhatikan ukuran serta bentuknya. Penentuannya berdasarkan ukuran, jenis, serta bentuk kemasan digunakan.
Sebagai contoh untuk kemasan botol, maka dapat menggunakan stiker berbentuk bulat atau persegi panjang. Ukurannya menyesuaikan dengan besar ukuran kemasan.
Buatlah label yang lebih besar apabila diperuntukkan bagi kemasan berukuran besar, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, ukurannya akan tepat saat ditempelkan pada kemasan serta enak dipandang mata.
Untuk stiker yang berbentuk unik sesuaikan dengan jenis kemasannya, terutama ukurannya agar bisa sesuai tidak terlihat terlalu kecil atau terlalu besar.
Pewarnaan dalam pembuatan desain label kemasan menjadi hal penting dalam menarik perhatian konsumen. Kebanyakan pelaku usaha memilih warna-warna cerah, karena akan langsung masuk ke pandangan mata konsumen.
Akan tetapi, sesuaikan juga warna dengan jenis barang yang dikemas. Anda bisa memilih warna kontras dengan kemasan agar label terlihat menonjol sehingga mempengaruhi persepsi konsumen untuk membeli.
Apabila sudah memiliki logo brand dengan warna tertentu, maka bisa menyesuaikan dengan warna tersebut. Pemilihan warna serupa atau sama merupakan bentuk konsistensi terhadap brand perusahaan yang sudah diperkenalkan.
Selanjutnya, pastikan mencantumkan informasi penting mengenai produk. Hal ini sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, yaitu mencakup nama, komposisi, cara pemakaian, juga informasi penting lainnya.
Tambahkan juga informasi mengenai perusahaan, mulai dari nama, alamat, kontak dapat dihubungi, hingga website serta akun media sosial. Dengan demikian, konsumen bisa langsung berkomunikasi dengan perusahaan Anda.
Jika sudah memiliki logo perusahaan atau merek, bisa ditambahkan sebagai identitas maupun pengenal bagi konsumen.
Label kemasan akan lebih menarik apabila ditambahkan gambar atau grafis berkaitan dengan produk tersebut. Sebagai contoh untuk produk keripik buah, bisa menambahkan gambar buah-buahan yang menjadi bahan utamanya.
Dapat juga menambahkan logo perusahaan, logo sertifikasi, ataupun grafik yang menjadi ikon brand maupun produk. Ini akan meningkatkan nilai estetika dari barang tersebut.
Jika menambahkan gambar atau grafis pastikan hasil cetakan dari vendor percetakan bisa mencetak gambar tersebut dengan baik dan jelas. Jadi, hasil akhirnya dapat benar-benar memikat mata.
Pemilihan warna akan menjadi kunci keberhasilan stiker produk sebagai media promosi. Pastikan memilih warna cerah sehingga bisa langsung menarik minat. Bisa menggunakan satu warna dasar atau gradasi.
Pemilihan warna cerah tidak boleh membuat tulisan di dalamnya tidak terbaca, jadi keduanya harus kontras. Misalnya dasar putih dengan font hitam. Kemudian warna juga harus beda dari kemasan, contohnya kemasan silver, maka menggunakan label warna hitam, merah, hijau, atau warna terang lainnya.
Tidak masalah jika Anda ingin menggunakan warna-warna kurang populer sebagai pembeda dari produk lain, tapi perhatikan keterbacaan informasi di dalamnya. Jangan sampai membuat konsumen tidak bisa mendapatkan informasi dari stiker tersebut.
Label kemasan dengan tambahan data legalitas lembaga pemerintah akan membuat kepercayaan konsumen meningkat. Misalnya tambahan logo halal, nomor BPOM, nomor PIRT, dan lain sebagainya.
Tambahan logo ini harus asli, bukan hanya ditambahkan saja, tapi memang barang tersebut sudah melalui sertifikasi sehingga mendapatkan logo atau nomor izin tersebut.
Meskipun disarankan memilih warna cerah agar dilirik konsumen, tapi untuk desainnya harus mengutamakan kesederhanaan. Utamakan membuat desain simpel serta efektif.
Tidak mengandung terlalu banyak informasi (sesuaikan dengan kebutuhan), memilih font yang mudah dibaca, dan menghindari bentuk-bentuk terlalu unik. Dengan demikian, bisa jadi media promosi dan informasi efektif bagi konsumen.
Tips terakhir dalam pembuatan label kemasan adalah pastikan untuk memilih vendor percetakan terpercaya dan telah berpengalaman, yaitu PT Kahar Duta Sarana atau KDS.
KDS merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang label dan auto ID profesional dan telah menghadirkan beragam produk berkualitas. Dengan pengalaman puluhan tahun sejak 1979, kualitas label produksi KDS terjamin keawetannya.
Anda bisa memilih berbagai jenis bahan, baik paper maupun non-paper, seperti semi coated, high gloss/cromo, synthetic, yupo, film (PE, PP, PET), dan berbagai material lainnya.
Tersedia layanan desain dari tim desainer profesional yang telah menangani banyak permintaan desain dari perusahaan-perusahaan di tanah air. Bisa juga mencetak label dari desain konsumen, sesuai permintaan.
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi 021-8711-266 atau whatsapp: +62 811-1766-900. Kunjungi website www.kdslabel.co.id atau datang langsung ke alamat Jalan Raya Poncol No 10 Susukan Ciracas, Jakarta 13750.
Label kemasan yang informatif dan menarik memang sangat penting bagi sebuah produk maupun brand. Karena mampu menarik perhatian konsumen untuk memilih produk tersebut.
Oleh sebab itu, pembuatannya harus diperhatikan dengan baik. Tim desainer yang membuat desainnya harus mengetahui informasi apa saja penting dicantumkan, dan mana informasi kurang penting sehingga label bisa benar-benar informatif bagi konsumen.
Perhatikan juga faktor-faktor penting dalam pembuatannya dan elemen apa saja harus ada serta menambah kesan atraktif dari kemasan produk. Perhatikan budget dan vendor agar mendapatkan stiker label berkualitas.
Percayakan pada vendor terbaik, PT Kahar Duta Sarana (KDS) yang kompeten dan profesional dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi di bidang label dan auto ID. Perusahaan swasta ini bergerak dalam bidang industrial solutions sehingga membantu banyak pelaku usaha.
Label kemasan berkualitas dan dibuat dengan material terbaik sesuai permintaan konsumen. Sudah memiliki sertifikasi ISO 9001 sehingga terjamin menyediakan produk yang memenuhi standar nasional.
Anda bisa mempercayakan desain pada tim desain KDS untuk menghasilkan stiker kemasan paling sesuai dengan produk yang ingin dijual. Pemesanan bisa dari berbagai wilayah Indonesia.
Informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan, bisa hubungi 021-8711-266 atau whatsapp: +62 811-1766-900. Kunjungi website www.kdslabel.co.id atau datang langsung ke alamat Jalan Raya Poncol No 10 Susukan Ciracas, Jakarta 13750.
Kahar Duta Sarana
Alamat : Jl. Raya Poncol Susukan No.10, RT.1/RW.7, Ciracas, Pasar Rebo, East Jakarta City, Jakarta 13750
Telephone / WhatsAPP : 021-8711-266 / +62 811-1766-900
Email: e-sales@kahar.co.id
Website : https://kdslabel.co.id/
Untuk membuat stiker kemasan yang informatif dan menarik, perlu memastikan semua informasi di dalamnya penting serta tidak berlebihan. Berikut 10 tips yang dapat digunakan:
Di dalam stiker kemasan harus terkandung elemen-elemen penting sehingga fungsinya sebagai media promosi berjalan dengan baik. Elemen-elemen penting tersebut adalah:
Stiker label pada kemasan memiliki fungsi sebagai brand awareness agar produk semakin dikenal luas dan menarik pembeli, serta memberikan informasi mengenai isi di dalam kemasan pada konsumen.
Selain itu, bisa membantu menjaga kualitas barang sehingga lebih awet, aman, dan terjamin mutunya saat digunakan, terutama jika stiker digunakan sebagai penyegel pada packing.
One Stop Solutions adalah kunci dari segalanya. KDS mampu memberikan dan mensupport bisnis anda dengan solusi terbaik dan dapat terkustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan agar bisnis anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat dari biasanya.